Dunia hiburan Tanah Air kembali dikejutkan dengan keterlibatan artis dalam penyalahgunaan narkotika. Sepanjang tahun 2017 nampaknya menjadi tahun paling buruk dalam industri hiburan Tanah Air. Beberapa artis atau pesohor tersandung kasus narkotika, sebut saja yang paling mengejutkan adalah tersandungnya artis dangdut Ridho Rhoma sekaligus putra Raja Dangdut Rhoma Irama dalam kasus penyalahgunaan narkotika.

Kali ini dipenghujung taghun 2017, kembali artis senior yang sudah malang melintang dalam dunia perfilman Tanah Air, Tio Pakusadewo, harus berurusan dengan pihak yang berwajib karena tertangkap saat selesai mengkonsumsi barang haram jenis sabu.

Dikutip dari tribunnews.com (23/12), hasil tes urine menyatakan Tio positif mengonsumsi methamphetamine. Barang bukti sabu 1,06 gram, alat isap, dan ponsel genggam turut diamankan dari tangan Tio.

Namun dibalik kontroversi dan kasus yang menimpa Tio Pakusadewo, ia merupakan artis senior yang telah berkecimpung di dunia perfilman tanah air sejak era 80-an. Sejumlah prestasi pernah ia torehkan dan menjadikan namanya menjadi salah satu aktor terbaik film yang pernah dimiliki Indoenesia.

Berikut 5 penghargaan bergengsi yang pernah ia raih selama berkarir di dunia perfilman Tanah Air.

1. Piala Citra sebagai pemeran utama pria terbaik, pada Festival Film Indonesia 1991

Terjerat narkoba, ini 5 prestasi Tio Pakusadewo di perfilman Indonesia

Foto : www.falcon.co.id

Film nasional produksi 1991 yang disutradarai oleh Labbes Widar ini meraih beberapa penghargaan bergengsi pada festival film indonesia 1991. Tio yang sat itu dipasangkan dengan aktris cantik Nia Zulkarnaen, berhasil meraih penghargaan tertinggi sebagai pemeran utama pria terbaik.

2. Most favourite supporting actor, di MTV Indonesia movie awards 2006

Terjerat narkoba, ini 5 prestasi Tio Pakusadewo di perfilman Indonesia

Film berbagi suami (2006). foto : www.ayuwelirang.com

Dalam film ini, Tio Pakusadewo berperan sebagai pria beristri beretnis tionghoa, koh abun. Ia berhasil meraih gelar aktor pembantu terbaik dalam ajang bergengsi MTV Indonesian movie awards 2006.

3. Aktor pembantu terbaik, dalam ajang Indonesian movie awards 2008

Terjerat narkoba, ini 5 prestasi Tio Pakusadewo di perfilman Indonesia

film Quickie Express (2007). foto : filmbor.com

Ikut terlibat dalam film komedi yang dibintangi tora sudiro, aming dan lukman sardi dan disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat, Tio ikut menuai berkah dengan raihan aktor pembantu terbaik dalam ajang Indoensian movie awards 2008.

4. Piala citra untuk pemeran utama pria terbaik, pada festival film Indonesia 2009

Terjerat narkoba, ini 5 prestasi Tio Pakusadewo di perfilman Indonesia

Film Identitas (2009). Foto : theatermovie.blogspot.co.id

Film yang Tio Pakusadewo (berperan sebagai Adam) bersama nama-nama beken lainnya seperti Leony, Ray Sahetapi, turut menghantarkan namanya meraih penghargaan bergengsi pada festival film Indonesia 2009, sebagai pemeran utama pria terbaik.

5. Aktor pembantu terbaik dalam ajang indonesian movie awards 2011

Terjerat narkoba, ini 5 prestasi Tio Pakusadewo di perfilman Indonesia

Film alangkah lucunya (negeri ini), produksi 2010. foto : imdb.com

Berperan sebagai bos copet, Tio Pakusadewo kembali meraih penghargaan bergengsi sebagai aktor pembantu terbaik, pada ajang Indonesian movie awards 2011. Film yang disutradarai Deddy Mizwar ini juga turut melambungkan nama Reza Rahardian dalam industri film Tanah Air.