Beberapa waktu lalu media dihebohkan dengan aksi seorang anggota TNI yang menggunakan tenaga dalam untuk melacak keberadaan korban yang tertimbun tanah.

Seperti dilansirTRIBUNNEWS.COM "Anggota TNI dari Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, Praka Pujiono, berhasil menemukan dua mayat korban tanah longsor di Kabupaten Bogor, Jawa Barat".

Tenaga dalam sendiri lebih dikenal publik sebagai kekuatan supranatural yang dimiliki seseorang hingga membuat orang tersebut mampu melakukan hal - hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Semua orang bisa menguasai tenaga dalam apabila mengetahui teknik dan caranya.

Tenaga dalam adalah energi murni yang dimiliki manusia dan bukan kekuatan gaib yang berasal dari jin dll. Namun pada dasarnya manusia tidak bisa merasakan dan tidak menyadari adanya energi tersebut. Di internet banyak tutorial maupun tata cara pembangkitan tenaga dalam dan kebanyakan menggunakan teknik pengisian, latihan jurus,tahan nafas dll untuk memacu keluarnya tenaga dalam, namun sebetulnya ada cara yang lebih mudah untuk bisa merasakan tenaga dalam tersebut. Sebetulnya tenaga dalam itu bukan untuk dibangkitkan namun untuk dirasakan, oleh karena itu siapapun bisa menguasainya apabila mampu merasakan energi tersebut. Dibutuhkan kepekaan batin yang cukup untuk bisa merasakan tenaga dalam tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melatih kepekaan batin.

Kepekaan batin sendiri bisa dilatih dengan meditasi dan olah nafas, bukan menahan nafas namun mengatur nafas dengan tempo yang teratur, pelan dan rileks. Dengan mengatur nafas dan meditasi fikiran dan hati seseorang akan menjadi tenang, di saat tenang itulah seseorang akan lebih peka terhadap energi di sekitarnya. Bisa dicoba dengan duduk bersila, hadapkan kedua telapak tangan dengan jarak sekitar 15 cm, mulai konsentrasi kosongkan fikiran dan mengatur nafas. Lakukan minimal 30 menit dan pasti akan ada energi di antara kedua telapak tangan. Pada awalnya energi itu cuma terasa halus dan lembut, namun akan menjadi lebih kuat apabila sering dilatih. Jadi, hanya perlu latihan yang cukup untuk membuat seseorang dapat menguasai tenaga dalam.

Setelah bisa merasakan energi tersebut dengan sempurna, seseorang akan dapat merasakan energi dari berbagai benda, baik benda nyata maupun energi dari benda gaib. Energi dari setiap benda berbeda - beda, oleh karena itu seseorang bisa melacak keberadaan suatu benda apabila sudah bisa membedakan energi dari masing - masing benda. Energi itu mengikuti imajinasi, cukup dengan membayangkan suatu benda seseorang bisa merasakan energinya apabila sudah bisa merasakan energi yang disebut Tenaga Dalam.