×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tebing Breksi, karya seni di bekas area tambang Yogyakarta

0

Jalan-Jalan

Tebing Breksi, karya seni di bekas area tambang Yogyakarta

Yogyakarta termasuk salah satu tempat wisata di Indonesia yang laris dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Puri Rosita Lucky Handayani

31 / 07 / 2019 10:55

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang identik dengan gudeg, batik, keseniannya yang kaya, serta julukannya sebagai kota pelajar. Salah satu yang menjadi primadona dari daerah ini adalah daerah wisatanya. Sebut saja Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Malioboro, Sendratari Ramayana, dan disertai puluhan wahana wisata lainnya berjejalan di wilayah ini yang mungkin sudah sering kita dengar maupun sudah pernah kita kunjungi. Lalu, bagaimana dengan wisata Tebing Breksi?

Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan Candi Ijo, hanya kira-kira berjarak satu kilometer saja. Sehingga wisatawan yang bermaksud ke tempat ini dapat sekaligus mengunjungi Candi Ijo.

Asal mula nama Tebing Breksi datang dari warga, mengikuti tren di mana nama bukit batu tempat wisata di Bali dan Bandung yang hasil potongannya mirip dengan tebing ini, dan disebut dengan breksi. Karena itulah, tebing ini dinamai Tebing Breksi. Tebing Breksi ini berasal dari endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul yang menjelma akibat terkikis aktivitas penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar selama bertahun-tahun lamanya sejak tahun 80-an dan menjadi sumber mata pencaharian warga. Tempat wisata yang satu ini memang terbilang unik karena mengedepankan tebing sebagai objeknya. Tebing yang tampak bagai mahakarya seni raksasa ini diresmikan oleh Gubernur D.I. Yogyakarta pada 30 Mei 2015.

Tebing Breksi ini mempunyai Tlatar Seneng, sebentuk area luas yang dilengkapi tempat duduk melingkar dengan panggung bulat berdiameter kira-kira 15 meter. Tlatar Seneng berada satu kawasan dengan Tebing Breksi dan difungsikan untuk tempat pertunjukan kesenian di sana.

Dari puncak tebingnya, kita dapat melihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong, dan kemegahan Gunung Merapi bahkan Kota Yogyakarta. Sebagai informasi, kendaraan yang kamu pergunakan menuju tempat ini sebaiknya dalam kondisi baik mengingat kondisi jalan yang menanjak dan tidak mulus. Untuk masalah biaya, kalian nggak usah mikir lagi deh karena tidak ada tarif khusus yang diberlakukan di lokasi ini, kalian cuma bayar Rp2.000,00 untuk biaya parkir.

Loading...

Nah, gimana guys? Udah ada planning buat liburan ke sana? Tebing Breksi ini cocok banget loh buat kalian penikmat wisata khusus yang bersifat petualangan seperti misalnya panjat tebing, sepeda gunung, atau fotografi. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai objek foto. Selamat berpetualang!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red