Dalam kehidupan sehari hari mungkin anda tidak pernah menyadarinya bahwa anda mengalami depresi, hal yang kadang kala dianggap biasa tetapi sesungguhnya itu merupakan gangguan pada psikis anda. Seperti rasa sedih atau emosi berlebihan.

Depresiadalah suatu kondisiserius yangdapat mempengaruhisetiap bidang kehidupanAnda.Hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sosial,hubungan,karir,dan rasaharga diridan tujuan.

Perempuandua kalilebih mungkin dari laki-lakimenderita depresi.Perbedaan ras, etnis,danekonomi, perbedaangender berpengaruh dalamtingkat depresi Adasejumlah teoriyang menjelaskaninsiden yang lebih tinggidaridepresi pada wanita. Banyak faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan,termasukfaktor biologis, psikologis,dan sosial.

Hal hal dibawah ini adalah tanda tanda anda mengalami depresi.

1. Perasaan tertekan dan sedih yang berlebihan, jika keadaan normal orang akan bersedih dan menangis dalam beberapa waktu setelah menangis atau marah semua akan terasa lebih baik, tetapi pada kondisi depresi anda akan mengalami kesedihan yang berlarut larut seolah tidak bisa lepas dari suasana sedih.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

2. Kehilangan minat atau tidak tertarik pada kegiatan, rasa yang berlarut menjadikan anda mudah patah semangat sehingga ada rasa malas untuk melakukan kegiatan apapun bahkan malas mandi. Hal ini bisa terjadi selama dua minggu berturut turut.

3. Perubahan nafsu makan dan perubahan berat badan, keadaan anda yang kacau menyebabkan perubahan perilaku pola makan. Bisa jadi anda akan merasa lapar terus menerus atau bahkan kehilangan selera makan, jadi pada wanita yang depresi menyebabkan mereka bisa menjadi sangat kurus atau bahkan obesitas.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

4. Gangguan pola tidur (insomnia atau bahkan mudah mengantuk), seseorang yang menderita depresi memungkinkan tidak tidur berjam jam dalam berminggu minggu tetapi beberapa orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur berjam jam untuk menghindari keresahan dan kegelisahan.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

5. Kesulitan berkonsentrasi, depresi juga ditunjukkan dengan adanya tanda-tanda psikomotor, seperti gerakan-gerakan yang tidak perlu dilakukan atau lambatnya proses berpikir dan bereaksi. Tanda-tandanya bisa jadi berupa mondar-mandir, meremas tangan, memelintir rambut, dan lainnya. Jika hal ini dilakukan selama sekitar 2 minggu berturut-turut makan bisa jadi itu adalah tanda depresi.


6. Merasa kelelahan dan berkurangnya energi, jika kelelahan disebabkan karena aktifitas berat atau kegiatan yang rutin adalah hal yang wajar tetapi penderita depresi biasanya merasa lelah tanpa disertai kegiatan yang berarti atau bahkan saat tidak melakukan apapun.Jika seseorang merasa selalu lelah dan kekurangan energi setiap hari dalam waktu dua minggu, maka kemungkinan besar orang itu sedang depresi.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

7. Perasaan bersalah, tidak mampu, putus asa dan merasa tidak berharga. Pada orang yang depresi, perasaan ini terjadi selama hampir setiap hari. Saat depresi menjadi lebih parah, orang tersebut bahkan bisa mengalami delusi atau halusinasi.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

8. Keinginan untuk bunuh diri, seseorang yang mengalami depresi berkelanjutan biasanya akan timbul rasa ingin bunuh diri bahkan jika kondisi penderita semakin parah mereka akan benar benar melakukan bunuh diri. Hampir 60% orang yang depresi memikirkan tentang bunuh diri, dan sekitar 15%-nya benar-benar melakukan bunuh diri.

8 Tanda depresi dan penyebabnya ini biasanya dialami sama cewek

Dari semua tanda depresi ini sebenarnya apa sih yang menyebabkan sebagian wanita mengalami depresi, mari kita simak yang berikut ini. Beberapa faktor dibawah ini adalah penyebabnya.

1. Faktororganobiologiskarena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin

- MasalahPremenstrual,fluktuasihormonalselama siklus menstruasidapat menyebabkangejala akrabsindrom pramenstruasi(PMS),seperti kembung,lekas marah,kelelahan,danreaktivitas emosional.Bagi banyak wanita,PMSringan.Tapi untuk beberapawanita,gejalayang cukupparah mengganggukehidupan mereka dandiagnosis gangguandysphoricpremenstrual(PMDD).

- Kehamilandaninfertilitas.Banyakperubahan hormonalyang terjadi selama kehamilandapat berkontribusi untukdepresi,terutamapada wanitayang sudahberisiko tinggi.Isu-isu lainyang berkaitan dengankehamilan sepertikeguguran,kehamilan yang tidak diinginkan,daninfertilitasjuga dapat memainkanperan dalamdepresi.

- Postpartum depression.Banyak ibubarumengalami"baby blues." Ini adalahreaksi normalyang cenderungmeredadalam beberapa minggu.Namun,beberapa wanita mengalamiparah,depresiabadi.Kondisi ini dikenalsebagaidepresi postpartum.Postpartum depressiondiyakinidipengaruhi,setidaknya sebagian,oleh fluktuasihormonal.

- Perimenopausedanmenopause.Wanitamungkin pada peningkatanrisiko untukdepresi selama perimenopause,panggungmenyebabkanmenopauseketikahormon reproduksicepatberfluktuasi. Wanita dengansejarahmasa laludepresiberada padapeningkatan risikodepresiselama menopausejuga.

- Masalah kesehatan .Penyakit kronis,cedera, ataucacatdapat menyebabkan depresipada wanita,karenadapat menyebabkan crashdietatauberhenti merokok.


2. Faktor psikologis.

- Berfokus padadanmengulangiperasaan negatif

- Banyak stresdi tempat kerja,sekolah,atau rumah

3.Faktor sosio-lingkungan

- misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari,diskriminasi ditempat kerja dll.

Cara menanggulangi depresi berbeda-beda sesuai dengan keadaan pasien, namun biasanya merupakan gabungan dari farmakoterapi dan psikoterapi atau konseling. Dukungan dari orang-orang terdekat serta dukungan spiritual juga sangat membantu dalam penyembuhan.