Bagi banyak orang yang melamar kerja dan sudah menjalani baik tes maupun wawancara adalah besar harapan dapat diterima kerja segera, namun adakalanya bila bukan rejekinnya lamaran anda ditolak oleh HRD ataupun user.

Untuk proses tes masuk kerja dimana jumlah pelamar mencapai lebih dari 30 orang biasanya HRD secara blak - blakan akan mengatakan bahwa nama yang tidak dipanggil dinyatakan gugur, namun untuk proses tes dan inteview hanya kurang dari 10 orang, nggak semua HRD blak-blakan mengatakan bahwa lamaran kerja anda ditolak mungkin karena tidak enak hati melihat anda kecewa sehingga menggunakan kata-kata lain. Berikut kata-kata kiasan yang biasa dikatakan HRD untuk mengungkapkan lamaran kerja anda ditolak :

1. Tungguinformasi 2 minggulagi

Tanda-tanda kalau lamaran kerjamu sudah ditolak

Biasanya proses pemilihan pelamar kerja rata - rata tidak sampai butuh waktu lebih dari 1 minggu bahkan cuma butuh 3 hari keputusan sudah bisa dikeluarkan. Nah kalo kamu setelah proses interview dan disuruh menunggu info diterima atau tidak selama 2 minggu bisa jadi kamu nggak diterima.

2. Disuruh pulang dulu

Tanda-tanda kalau lamaran kerjamu sudah ditolak

Ketika proses tes selesai dan diinteview oleh HRD dan menunggu giliran diinterview oleh user tiba-tiba kamu dan beberapa orang disuruh pulang dengan alasan jadwal user terbatas untuk inteview dan akan dikabarkan lebih lanjut. Sementara beberapa pelamar dengan lamaran kerja sama masih disuruh menunggu. Ya kemungkinan kamu tereliminasi dari proses inteview alias tidak diterima kerja.

3. Lama waktu interview

Tanda-tanda kalau lamaran kerjamu sudah ditolak

Ketika kamu menunggu giliran inteview, orang lain yang diinterview menghabiskan waktu sampai 30 menit lebih namun giliran kamu malah cuma 15 menit selesai. Bisa jadi si pewawancara ini nggak terlalu tertarik sama resume kamu atau si pewawancara sudah menebak karakter kamu dan tidak tertarik melanjutkan proses inteview.

4. Rautmuka dan bahasa tubuh pewawancara

Tanda-tanda kalau lamaran kerjamu sudah ditolak

Ketika si pewawancara meninterview kamu, kamu melihat si pewawancara ini seperti tidak niat atau berasa seperti enggan atau asal-asalan. Ya bisa dibilang si pewawancara ketika melihat kamu sudah mengeliminasi kamu.

Poin-poin diatas tidaklah mutlak benar 100% karena yang namanya lamaran kerja adalah masalah rejeki masing-masing pribadi. Banyak-banyak berdoa dan berbuat amal agar rejeki dilancarkan dan diterima kerja diperusahaan yangkamu harapkan.