×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak pandang gender, ini 6 alasan penting kamu harus bisa memasak

0

N/A

Tak pandang gender, ini 6 alasan penting kamu harus bisa memasak

Memasak tidak hanya harus dikuasai oleh kaum wanita.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dian Nita Pangesty

19 / 03 / 2020 11:45

Bagi sebagian orang, kegiatan memasak hanya diwajibkan untuk salah satu gender saja yakni wanita. Begitu pula stigma masyarakat bahwa memasak tidak cocok dilakukan oleh laki-laki. Namun, anggapan itu salah total. Memasak tidak hanya harus dikuasai oleh kaum wanita. Enam alasan ini mengindikasikan bahwa siapa pun harus bisa masak.

1. Keahlian dasar bertahan hidup.

Source: https://unsplash.com/photos/yPBHXvN3HII

Di tengah gerakan #dirumahaja akibat wabah CoV-2 yang baru-baru ini terjadi membuat kita tersadar bahwa memasak adalah keterampilan dasar bertahan hidup. Jika suatu hari ada keadaan darurat setidaknya kamu memiliki keahlian mengolah makanan. Bayangkan jika kamu tidak pernah memasak atau hanya memiliki keahlian memasak mie instan saja. Kamu bisa-bisa menjadi orang pertama yang kelaparan.

2. Mengurangi pengeluaran.

Loading...

Source: https://unsplash.com/photos/APDMfLHZiRA

Anak kos pasti setuju dengan yang satu ini. Bagi kamu yang jauh dari orang tua karena menuntut ilmu atau bekerja, bisa memasak sendiri jelas memiliki kelebihan. Bayangkan jika kamu tidak bisa memasak sama sekali dan selalu jajan di luar, berapa uang yang harus kamu keluarkan? Bandingkan dengan kamu memasak sendiri, pasti gak akan bikin kantong kering.

3. Mengeratkan hubungan dengan pasangan.

Source: https://unsplash.com/photos/bG5rhvRH0JM

Dengan bisa memasak, pasanganmu akan semakin memandang kamu istimewa. Di hari spesial kamu bisa membuatkannya kue-kue dan hidangan tertentu hasil dari buah tanganmu sendiri. Akan romantis lagi jika kalian berdua memasak bersama. Hal ini akan membuat hubungan kalian semakin erat.

4. Bisa digunakan sebagai ladang bisnis.

Source: https://www.instagram.com/p/B8v0fXlFMX8/?igshid=1o7jhiso6urh6

Dalam hal masak memasak, kamu tidak perlu bisa menguasai semua hidangan. Jika kamu ahli dalam beberapa hidangan saja itu lebih dari cukup. Apalagi ditambah dengan rasanya yang enak, kamu bisa mengubahnya menjadi pundi-pundi rupiah. Misalnya saja kamu bisa bikin nasi goreng yang enak dan memanfaatkannya untuk berjualan nasi goreng. Atau jika bisa membuat kue kering, kamu bisa memproduksinya untuk dijual.

5. Menyelamatkanmu dari lapar tengah malam.

Source: https://twitter.com/ArnoldPoernomo/status/1239878313323053058?s=19

Pernahkah kamu tiba-tiba lapar di saat jam sudah menunjukkan tengah malam? Tidak ada makanan dan tidak bisa tidur. Eits, itu tidak akan terjadi kalau kamu bisa masak. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa hari ini untuk membuat sesuatu yang enak. Di sinilah kreativitasmu akan diuji untuk mengubah bahan-bahan seadanya menjadi hidangan yang bisa dimakan.

6. Memasak ternyata mampu mengurangi kecemasan dan depresi.

Source: https://carilionclinicliving.com/article/food/shopping-and-cooking-your-heart

Psikolog menyebutkan bahwa kegiatan memasak ternyata dapat menjadi alat terapi tersendiri bagi penderita gangguan kecemasan dan depresi. Ketika seseorang melakukan kegiatan memasak, ia hanya akan fokus pada apa yang dilakukannya. Mulai dari memilih bahan, mengiris, menakar bumbu, sampai memasaknya. Penelitian juga membuktikan bahwa melakukan kegiatan yang mengandung unsur kreativitas akan membuatmu lebih bahagia.

Jadi, apa lagi nih yang masih menghalangi kamu buat belajar memasak? Kalau kamu tertarik, bisa mulai dari mencari resep sederhana di Google dan mempraktikkannya di rumah. Tidak harus seenak buatan chef, yang penting kamu bisa menikmati proses dan hasilnya. Selamat mencoba!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red