×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya kerja kantor, 9 pekerjaan outdoor ini perlu kamu ketahui

0

N/A

Tak hanya kerja kantor, 9 pekerjaan outdoor ini perlu kamu ketahui

Bekerja itu tidak harus di Kantor dan bebas bekerja di mana saja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Mahyudi

14 / 08 / 2019 13:51

Suatu pekerjaan adalah hal yang diimpikan semua orang. Dari lulusan SMA sampai universitas pasti mengincar pekerjaan karena menawarkan fasilitas istimewa dan gaji yang dibilang sangat tebal di kantong sehingga mereka tergiur sekaligus berkeinginan tinggi untuk menikmati empuknya kursi kantor dan mengharapkan jabatan tinggi.

Selain itu, mereka rela menghabiskan kertas, map, dan unsur pendukung lainnya demi melamar suatu pekerjaan. Meskipun hasilnya belum tentu diterima, mereka setidaknya telah berusaha semaksimal mungkin dalam mengumpulkan berkas persyaratan dengan tenaga yang sangat terkuras dan waktu yang terbatas.

Berbicara tentang pekerjaan, kita hanya mengenal pekerjaan itu identik dengan menetap di kantor. Padahal di zaman sekarang, semua pekerjaan bisa dikerjakan di mana saja tanpa batas dan bisa menghasilkan uang setiap hari tanpa menunggu gaji ke-13.

Pekerjaan seperti pemandu wisata, supir, dan sebagainya adalah nama-nama pekerjaan yang sering kamu jumpai sekaligus membuat kamu melongo. Daripada penasaran, inilah 8 pekerjaan outdoor alias pekerjaan di luar kantor dengan segala keunikannya.

1. Ojek online.

Loading...

Ojek

sumber: merdeka.com

Bagi kalian yang sering merasakan kenikmatan dibonceng oleh tukang ojek online mungkin kamu adalah pelanggan setia mereka. Profesi ini menjadi idaman semua orang di tengah-tengah sulitnya mencari pekerjaan yang dikatakan sangat terbatas. 

Keunikan melamar di ojek online adalah kamu bebas mengantar penumpang ke mana saja sesuai permintaan penumpang lalu mendapatkan uang hanya dalam sehari, baik berupa cash maupun lewat ATM. Tidak hanya sebagai antar jemput, kamu bisa mengantarkan paket berupa makanan atau barang rumah tangga ke rumah pelanggan secara cepat sehingga memuaskan pelanggan yang sedang mager. Maka dari itu, bekerja di ojek online sangat menyenangkan sekaligus tidak ribet.

2. Pemandu wisata.

Wisata

sumber: www.greecetravel.com

Kata siapa pemandu wisata hanya memandu di dalam gedung saja? Ada juga kok yang memandu di luar ruangan. Mereka biasanya memandu tempat wisata dengan menggunakan kendaraan jeep ataupun bis. Seperti halnya karyawan kantoran, pemandu wisata harus dituntut mengenal seluk-beluk tempat bersejarah beserta kronologinya lalu menjelaskannya secara ringkas supaya dipahami wisatawan. 

Bagi kamu yang berminat menjadi pemandu wisata, kamu harus terbiasa dengan penguasaan bahasa asing dan belajar benda-benda bersejarah yang tidak ada referensinya di berbagai media sehingga kamu seolah-olah improvisasi mengenai fakta tempat wisata yang belum diketahui.

Istilahnya, kamu harus bersikap profesional serta tidak gugup apabila ditanya oleh wisatawan lokal ataupun asing. Anggap saja kamu berperan sebagai guru dan wisatawan sebagai murid supaya memahami makna pengajaran yang sesungguhnya, yaitu keakraban.

3. Pedagang.

Bazar

sumber: www.thefridaytimes.com

Pedagang adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Mereka lebih sering muncul pada saat acara bazar, sekolah, maupun event lainnya. Saat kita melangkah, pedagang akan selalu menyambut lalu menawarkan barang-barang untuk kita dengan ucapan yang sangat menggelegar meskipun kita sendiri hanya setengah hati dalam membeli barang tersebut.

Jika kamu memiliki jiwa entrepreneurship, pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang berpeluang untuk membuka usaha sendiri. Dengan mengandalkan semangat kreativitas, kamu bisa membuat barang-barang buatan rumah dengan bahan seadanya lalu kamu menjualnya sekaligus promosi ke semua pembeli melalui media sosial dan bertemu langsung. Sambil mencoba, tidak ada salahnya kok untuk memulai bisnis sejak dini dan belajar bertanggung jawab apabila usahanya turun drasits.

4. Supir transportasi publik.

Supir

sumber: www.belfastlive.co.uk

Kalau ojek online hanya digunakan secara personal maka transportasi publik dibutuhkan oleh semua orang. Ketika ingin bepergian ke luar kota atau luar negeri, transportasi publik adalah solusi alternatif di saat kita mengharapkan perjalanan yang nyaman.

Selain fasilitasnya, kita bisa menikmati suasana lingkungan yang indah serta mengenali perbedaan budaya di sekitarnya. Tanpa kehadiran transportasi publik, kita mungkin akan merasa was-was untuk pergi ke tempat tujuan.

Hal yang paling penting adalah menjadi supir memerlukan izin dari pemerintah. Soalnya izin pemerintah pertanda kamu telah memenuhi syarat dalam membawa penumpang dan terdaftar sebagai supir resmi sehingga tidak main "kucing-kucingan" alias kabur dari razia. Jadi, kamu diwajibkan menguji coba kendaraan supaya tidak mengalami kendala saat perjalanan.

Bagi yang menyukai petualangan di jalan raya secara bebas, sopir adalah pilihan terbaik untuk kamu dalam menaklukkan segala keluhan penumpang menjadi lebih efektif sekaligus berjasa dalam memberikan kenyamanan pada penumpang. 

5. Seniman jalanan.

Badut

sumber: www.wbur.org

Iwan Fals dan Charly "Setia Band" mengawali karirnya sebagai pengamen di usia muda. Walaupun dipandang sebelah mata, mereka sukses membungkam orang-orang dengan menghasilkan suatu karya lagu yang akan selalu dikenang untuk selamanya Sikap pantang menyerah dan kreativitas adalah kunci utama mereka dalam mempertahankan eksistensinya di Indonesia.

Mendengar kisah sukses mereka, kamu jangan ragu-ragu untuk bekerja sebagai seniman jalanan. Selain mengandalkan seni kreativitas, kamu bisa menciptakan suatu karya yang belum pernah didengar oleh orang lain sehingga kamu layak disebut sebagai seniman sejati. Kalau bisa, kamu mengajari orang-orang kurang mampu tentang artinya kesederhanaan.

Tidak hanya itu, kamu bisa menari dadakan di tengah jalan dengan kostum yang nyeleneh dapat membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal pada penampilan kamu dan kamu seolah-olah menampilkan aksi teatrikal yang tidak kalah bagus di Televisi. Jadi, kamu lebih baik membuat hiburan yang atraktif dan spektakuler supaya tidak terlihat membosankan saat kembali beraksi.

Meskipun profesi ini sering kali diremehkan, kamu harus bangga dan tidak perlu malu. Siapa tahu kamu diundang mendapat tawaran kontrak menjadi artis atau direkrut sebagai staf penting di kantor karena prestasinya.

6. Youtuber.

Youtube

sumber: www.lifewire.com

Profesi idaman ini sangat menarik perhatian bagi generasi milenial. Tanpa mengeluarkan banyak tenaga, kamu hanya mengandalkan kamera HP, visual efek, dan angle yang tepat dalam membuat video yang pas untuk ditonton banyak khalayak. Sebagai pendukung, kamu dibebaskan untuk memilih topik apa saja asalkan tidak menyinggung orang lain.

Sebagai inspirasi, kamu bisa meniru kesuksesan Atta Halilintar yang terkenal dengan video Gebreknya dan Video Gamer ala Jess No Limit. Mereka terkenal karena kontennya atraktif dan memiliki banyak subscribers. Meskipun sulit bersaing pada Youtuber profesional, setidaknya kamu berjuang untuk menampilkan video terbaik lalu mencari like sebanyak-banyaknya hingga mendapat sambutan positif dari netizen.

7. Penjaga Kebun Binatang.

Binatang

sumber: www.careertrend.com

Kalau profesi ini mungkin agak sedikit ekstrem karena kamu harus mempunyai jiwa pemberani dalam mendekati hewan. Soalnya tidak semua hewan ingin didekati oleh manusia satupun entah karena sensitif atau merasa geli.

Keahlian menjinakkan hewan dan memberi makan sesuai kebutuhannya adalah hal yang wajib dipelajari bagi kamu yang tertarik melamar sebagai Penjaga Kebun Binatang. Bukan hanya berteman dengan hewan, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan hewan supaya diketahui kondisinya lalu kamu mencatat segala kebutuhan apabila dibutuhkan sebagai bagian perawatan hewan.

Jadi, kamu tidak perlu takut dengan binatang dan sebaiknya melindungi mereka dari ancaman kepunahan. Satu lagi, binatang bisa bersikap ramah jika kamu memperlakukannya dengan baik.

8. Atlet.

Badminton

sumber: redbull.com

Menjadi seorang atlet terbilang gampang-gampang susah karena dituntut untuk mencapai target dari manajemen. Apabila tidak dipenuhi, maka bisa berujung pemecatan atau dikeluarkan dari pelatnas. kamu yang berkeinginan untuk menjadi atlet harus siap dengan segala kondisi saat pertandingan.

Kesehatan sangat penting bagi calon atlet karena memang diwajibkan tampil bugar sekaligus mengharumkan nama bangsa. Walaupun risiko menjadi atlet sangat berat, kamu harus rajin berolahraga secara rutin dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen. Kalau nekat memakai suplemen berarti kamu terkena doping dan tidak boleh aktif menjadi atlet seumur hidup jika terbukti.

Meskipun perjuangannya sangat panjang dan melelahkan, kamu harus siap memberikan banyak kontribusi yang tidak hanya bagi diri sendiri melainkan untuk tim nasional dan seluruh pendukung yang menyaksikan performa kamu di kompetisi.

9. Petani.

Petani

sumber: www.bloomberg.com

Di tengah  bekerja di perusahaan ternama adalah cita-cita terbesar bagi semua orang, petani adalah profesi yang nyaris dilupakan di zaman millenial ini. Alasannya adalah petani hanya bekerja memanen padi lalu memilah tanaman supaya subur. Fakta lainnya, pertanian identik dengan kumuh dan basah sehingga banyak orang yang enggan terjun ke area pertanian yang dikenal sebagai daerah kotor.

Supaya tidak meremehkan profesi ini, kamu lebih baik mempelajari terlebih dahulu tentang cara kerja petani lalu kamu membantu kinerja petani supaya proses pertanian lebih efektif. Jangan lupa kamu berlatih membajak sawah sehingga kamu sudah terbiasa dengan suasana pertanian yang sangat indah dan ramah lingkungan.

Bekerja di luar kantor memang seru dan tidak akan bosan karena kita bisa mengeksplorasi kondisi sekitar serta menghasilkan uang sendiri dengan mudah. Jadi, sudahkah kamu siap bekerja outdoor?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red