×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

0

Jalan-Jalan

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Indonesia punya banyak minuman tradisional yang nikmat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahmat Saputra

11 / 01 / 2018 21:45

Indonesia terkenal sebagai negara tropis dengan kelembapan tinggi yang sering membuat orang mudah haus dan berkeringat. Jadi tak heran, aneka minuman dingin banyak bermunculan. Bukan hanya bernuansa modern, ada juga aneka minuman dingin tradisional yang sudah jadi kekayaan kuliner dan hadir sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Meski jadul, aneka minuman ini masih jadi incaran untuk pelepas dahaga hingga saat ini lho. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Es Campur

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Es campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuat nya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalamsirup manis. Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis atau masam. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda. Oleh karena itu daerah asal dari es campur sulit ditentukan.

2. Es Cendol

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih.

Loading...

3. Es Slendang Mayang

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Es selendang mayang adalah salah satu minuman tradisional Indonesia asal Jakarta. Minuman ini sekarang jarang ditemukan karena dikalangan masyarakat Betawi sendiri minuman ini dianggap minuman kuno. ... Beberapa penjual di kota tua membuat minuman ini dengan bahan dasar tepung hunkwe dengan alasan lebih mudah dan efisien.

4. Es Telerrr

Es teler adalah koktail buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengansantan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk sirup rasa kelapa dan pandan), gula, dan sedikit garam. 

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

5. Es Pisang Ijo

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Minuman es asal Makassar ini memang cukup populer. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dilapisi kulit berwarna hijau dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan, dan air daun suji. Pisang ijo ini disajikan dengan bubur sumsum, es, sirup merah, dan susu kental manis. Karena banyaknya komponen yang disajikan, es pisang ijo ini cukup membuat kenyang, lho. Selain es pisang ijo, ada juga es palu butung dari daerah yang sama. Bedanya, es palu butung tidak dibungkus adonan kulit hijau.

6. Es Lontrong Slawi

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Eits, minuman es yang satu ini tak ada kaitannya dengan lontong, ya. Es lontrong slawi berasal dari Slawi (Tegal) dan disebut lontrong karena di daerah Slawi, minuman es ini dijual di sebuah gang kecil bernama gang Lontrong. Pada dasarnya, es lontrong adalah es serut yang diberi isian kacang hijau, cincau, sirup merah, es batu, dan santan. Bahkan, tak jarang ditambahkan kolang-kaling dan potongan roti tawar sebagai selera. Psst, konon es lontrong tak bisa ditemukan di lain tempat selain kota Slawi, lho. Wah, siap-siap berlibur ke sana ya!

7. Es Tambring

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Pulau Bali tak hanya terkenal dengan keindahan paronamanya saja, tapi juga wisata kulinernya. Salah satu minuman es yang tak boleh dilewatkan adalah es tambring. Minuman yang satu ini punya rasa yang unik karena dibuat dari campuran air kelapa, air gula jawa, putih telur ayam kampung, dan gula pasir secukupnya. Bahkan meskipun dicampur putih telur, es tambring sama sekali tidak terasa amis dan justru menyegarkan.

8. Es Kacang Merah

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Kacang merah memang sering dibuat sajian gurih seperti sup, tapi jadi minuman es pun tak kalah menarik untuk dicoba! Di Indonesia, ada dua versi es kacang merah, yakni es kacang merah Palembang dan es kacang merah Manado. Perbedaan antara dua daerah ini adalah pemakaian susu kental manis coklat di daerah Manado, sedangkan Palembang memakai sirup cocopandan berwarna merah sebagai pemanisnya. Namun pastinya, kacang merah yang empuk, legit, dan manis jadi kunci kelezatan sajian es ini. Kedua jenis es kacang merah sangat mudah ditemui di rumah makan Manado atau warung pempek khas Palembang.

9. Es Nona

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Dari namanya, kita bisa membayangkan betapa cantiknya minuman es ini. Es nona adalah minuman es legendaris dari kota Pontianak. Minuman yang juga sering dijadikan pencuci mulut ini berisi pepaya yang sudah direndam air kapur sehingga teksturnya renyah, tapai singkong, kacang merah, pacar cina, dan kadang ditambahkan nangka dan potongan roti tawar. Nantinya, bahan-bahan tersebut akan diberi es serut sirup dan susu kental manis sebagai topping

10. Es Lidah Buaya

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketikaLidah buaya adalah salah satu  tanaman berdaun hijau tebal berduri yang bagian dalamnya mirip sekali dengan jelly. Tanaman ini umumnya sering dijadikan bahan minuman yang cukup terkenal terutama di daerah Pontianak, Kalimantan Barat yaitu Es Lidah Buaya. Cara membuat Es lidah buaya ini sangat simpel, siapkan wadah isi dengan potongan lidah buaya dan air gula ke dalam wadah saji lalu tambahkan es batu secukupnya. Minuman segar sekaligus menyehatkan dari aloe vera telah selesai, cocok dinikmati di cuaca tropis Indonesia.

11. Es Timun Serut

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Jika kita berkunjung ke restauran Mie Aceh, rasanya tak lengkap jika tak memesan minuman khas Aceh yang satu ini. Di daerah Aceh, minuman es timun serut selasih selalu ada di daftar menu tempat makan yang menyajikan masakan Aceh. Untuk resep es timun serut selasih Aceh original biasanya disajikan dengan sirup gula atau sirup kemasan berwarna merah yang kental. Setelah itu es timun serut disiram dengan perasaan air jeruk nipis sehingga menciptakan rasa asam manis dengan aroma timun yang khas.

12. Es Serbat Kweni

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Es serbat kweni ini masih langka di restoran atau warung makan, justru seringnya disajikan saat acara makan bersama atau kumpul santai. Minuman es ini memakai mangga kweni, yakni mangga yang teksturnya lebih tebal dari mangga bisa dan memiliki rasa manis-asam yang segar. Bayangkan jika irisan mangga kweni dicampurkan dengan air gula (entah air gula pasir atau gula merah), diberi tambahan es batu, dan diminum selepas hidangan berat bersantan.

13. Es Tebak

13 Minuman khas nusantara ini bikin dahagamu hilang seketika

Es tebak merupakan minuman khas dari Sumatera Barat. Es tebak sendiri pada dasarnya merupakan minuman es campur. Seperti halnya es campur biasa, es tebak berisi campuran-campuran dari beberapa jenis panganan seperti, potongan nangka, kolang kaling, cincau, daging kelapa muda, alpukat, tape atau tapai dan tentu saja tebak itu sendiri. Yap, tebak merupakan sejenis makanan di Sumatera Barat. Tebak ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie setelah dimasak menyerupai cendol.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    67%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red