×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya Jakarta, 4 kota di dunia ini juga terancam tenggelam

0

Global

Tak hanya Jakarta, 4 kota di dunia ini juga terancam tenggelam

Jakarta bukan satu-satunya kota yang bermasalah. Empat kota lain di dunia ini juga terancam tenggelam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saiht Namron

16 / 12 / 2019 10:55

Indonesia berencana merelokasi ibu kotanya. Hal ini di antaranya disebakan karena sebagian wilayah Indonesia semakin tenggelam ke Laut Jawa.

Jakarta adalah salah satu kota yang paling cepat tenggelam di dunia yang menurut World Economic Forum akibat dari naiknya permukaan laut dan pengambilan air tanah yang berlebihan. Tapi Jakarta bukan satu-satunya kota yang bermasalah. Inilah empat kota lain di dunia yang juga berisiko tenggelam.

1. Houston.

Houston telah semakin tenggelam selama beberapa dasawarsa. Seperti Jakarta, ekstraksi air tanah yang berlebihan menjadi penyebabnya. Houston Chronicle melaporkan, menurut data dari US Geological Survey, bagian dari Harris County di mana terdapat Houston di dalamnya telah tenggelam sekitar tiga meter sejak 1920-an. Banyak wilayah yang terus tenggelam sebanyak dua inci per tahun yang mana jumlah ini dapat dengan cepat bertambah.

Pemerintah telah mencoba mengatasi masalah ini dengan menciptakan sebuah distrik tujuan khusus yang dimaksudkan untuk mengatur penarikan air tanah pada tahun 1975. Tetapi masalahnya tetap ada dengan sumur-sumur pribadi dan para pemasok air terus mengambil air dari sumber-sumber air.

Loading...

2. Lagos.

Kota Lagos terletak di Pantai Nigeria, dibangun sebagian di daratan dan sebagian di beberapa pulau terdekat. Kota ini juga menjadi kota terpadat di Afrika. Secara geografis Lagos rawan banjir dan garis pantainya juga sudah mulai terkikis. Seiring naiknya permukaan laut akibat pemanasan global, kota ini semakin berisiko tenggelam.

Sebuah studi dari 2012 mengungkapkan bahwa dikarenakan garis pantai Nigeria sangat rendah, kenaikan permukaan laut yang hanya sekitar satu hingga tiga meter akan menyebabkan bencana pada aktivitas manusia di wilayah ini. Sebuah studi lain tahun ini menemukan bahwa permukaan laut global bisa naik lebih dari dua meter pada akhir abad ini.

3. New Orleans.

Pada tahun 1930-an, sepertiga dari New Orleans berada di bawah permukaan laut. Ketika Badai Katrina menyerang pada tahun 2005, jumlah itu naik menjadi setengahnya. Kota ini rentan terhadap kenaikan permukaan laut karena dibangun di atas tanah yang lepas dan diposisikan sangat dekat dengan pantai. Para ilmuwan memperkirakan New Orleans menurun satu sentimeter per tahun.

4. Beijing.

Sebuah studi dari 2016 menunjukkan bahwa Beijing tenggelam sebanyak 10 sentimeter di beberapa daerah per tahun. Para peneliti mengatakan penyebab tenggelamnya adalah menipisnya air tanah, mirip dengan situasi di Jakarta dan Houston.

Beijing yang bukan kota pesisir sangat bergantung pada air tanah sebagai sumber air utamanya. Air telah terakumulasi selama bertahun-tahun, tetapi penyedotan air tanah telah mengeringkan tanah dan membuatnya padat sehingga menyebabkannya semakin tenggelam.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red