×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sulit tidur nyenyak? Coba dengarkan musik klasik ini

0

Musik

Sulit tidur nyenyak? Coba dengarkan musik klasik ini

Foto: PublicDomainArchive dari Pixabay

Manfaat musik memang untuk kejiwaan. Sebuah studi membuktikan kalau musik bahkan bisa membantu masalah sulit tidur nyenyak.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

24 / 11 / 2020 12:45

Apa kamu terkadang mengalami kesulitan tidur secara normal di malam hari dengan nyaman dan nyenyak? Sebelumnya saya pernah menuliskan beberapa tips untuk mencapai kondisi di mana kita dapat tidur beristirahat dengan nyenyak agar dapat bangun keesokan pagi dengan kondisi jiwa dan tubuh segar, yang tentunya akan berpengaruh ke produktivitas kita dalam keseharian. Tapi ada juga solusi lain yang sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang agar nyenyak dan ideal. Seperti yang dilaporkan sebuah situs yang memuat hasil studi tentang bagaimana cara agar dapat tidur nyenyak. Cara yang dimaksud adalah dengan mendengarkan suara musik piano klasik yang berasal dari maestro musik-musik klasik terkenal seperti Beethoven serta Chopin.

Sulit tidur nyenyak? Coba dengarkan musik klasik ini

Beethoven (kiri) dan Chopin (kanan). Foto: CMUSE

Ludwig van Beethoven dan Frederic Chopin adalah musisi/pianis berpengaruh sejak abad-18 hingga hari ini. Komposisi musik yang mereka hasilkan—yang secara teknis sudah berusia ratusan tahun—masih merupakan karya monumental dan klasik; dipakai dan dimainkan baik oleh anak kecil (tentunya dengan bakat musik/alat musik piano) hingga musisi profesional berusia dewasa. Dalam studi yang disebutkan sebelumnya, komposisi musik piano karya kedua maestro ini dikatakan terbukti membantu seseorang agar dapat tertidur pulas. Musik yang dimaksud adalah Moonlight Sonata dari Beethoven serta Nocturne No. 2 in E-flat Major karya Chopin.

Loading...

Sebanyak 20 persen responden dari 2.000 peserta studi menyatakan kalau mendengarkan Moonlight Sonata membantu mereka rileks dan tidur dengan nyenyak. Sementara 14 persen memilih Nocturne No.2 in E-flat Major untuk efek yang serupa. Sisanya memilih musik-musik berbeda namun memiliki kesamaan, yaitu musik yang kalem serta tenang untuk didengarkan.

Hal ini sejalan dengan kenyataan kalau musik klasik piano sering kali menimbulkan efek teduh buat jiwa yang mendengarkan. Musik klasik piano bahkan juga dipercaya dapat membuat bayi dalam kandungan memiliki kejiwaan dan kecerdasan lebih baik jika diperdengarkan sejak mereka belum lahir ke dunia. Tentu saja studi untuk bagian ini perlu ditelaah lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya, namun secara umum banyak orang meyakini manfaat musik-musik klasik untuk kejiwaan seseorang.

Dalam kultur pop modern, Moonlight Sonata banyak digunakan, baik dengan lisensi maupun tidak (alias dicuri tanpa izin keluarga pewaris Ludwig van Beethoven). Lihat saja di channel berbagi video YouTube misalnya. Ketik “Moonlight Sonata” dan akan terlihat banyak video menggunakan komposisi piano klasik ini.

Bagi saya, salah satu penggunaan Moonlight Sonata di pop kultur modern yang berkesan adalah di video game Resident Evil di mana karakter Jill Valentine (atau Rebecca Chambers) harus memainkan komposisi Moonlight Sonata di dalam game agar proses permainan berlanjut. Adegan ini klasik, terutama buat fans Resident Evil.

Sementara bukan (hanya) komposisi Nocturne No.2 in E-flat Major, namun Chopin juga terlibat dalam video game. Bahkan lebih keren lagi jika dibandingkan Moonlight Sonata karena dia digambarkan sebagai salah satu karakter video game Trusty Bell (versi internasional: Eternal Sonata) untuk Xbox 360 dan PlayStation 3. Game RPG ini keren banget dan suatu hari harus saya tamatkan.

Kesimpulannya, mendengarkan musik klasik seperti Moonlight Sonata ataupun Nocturne No.2 in E-flat Major dapat membantu seseorang tidur dengan lebih nyenyak. Tidur nyenyak akan menciptakan kondisi tubuh prima saat bangun sehingga akan menjaga performa dan membuat seseorang beraktivitas dengan lebih baik. Jadi, jika selama ini kamu mengalami kesulitan untuk dapat tertidur dengan nyenyak, mendengarkan musik piano klasik mungkin dapat membantu. Coba saja, ya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red