×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

0

Kesehatan

Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

Beras mentah masih kotor, bisa menjadi sarang bakteri, virus, dan juga telur cacing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

02 / 05 / 2019 13:27

Beras  tentunya sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia. Ini karena beras adalah bahan yang diolah menjadi nasi yang merupakan makanan pokok masayarakat Indonesia. Secara singkat, nasi berawal dari padi, menjadi beras, dan kemudian dari beras yang dimasak akan tercipta nasi.

Namun, pernahkah kamu melihat orang yang suka makan beras mentah? Ternyata memang ada segolongan masyarakat yang suka mengonsumsi beras mentah tanpa dimasak terlebih dahulu yang bisa saja karena kebiasaan turun-temurun atau dianggap punya khasiat tertentu.

Terlepas dari kebiasaan tersebut, sebenarnya kita tidak boleh mengonsumsi beras mentah secara berlebihan atau terlalu sering. Sebab hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tubuh, di antaranya.

1. Menyebabkan sakit maag.

sakit maag

Loading...

Sumber: https://kapsulmetama.com/bahaya-maag-akut/

Beras memiliki lapian selusa pada bagian luarnya. Lapisan itu memiliki tekstur yang sangat keras. Tentunya jika dikonsumsi, hal ini akan sulit dicerna oleh tubuh dan akan memperlambat proses pencernaan. Nantinya dinding lambung kamu bisa terluka dan timbullah rasa sakit pada lambung. Inilah yang dinamakan sakit maag.

 

2. Memicu timbulnya mual muntah.

Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

Sumber: https://rheumapas.com/

Jika kamu hendak mengomnsumsi beras mentah, maka tubuh akan rentan untuk terkena bakteri seperti Bacillus cereus. Selain itu beras mentah juga mengandung lektin, sejenis protein yang bisa menyebabkan mual dan muntah ketika dikonsumsi secara berlebihan.

 

3. Sakit perut dan diare.

Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

Sumber: https://rheumapas.com/

Beras yang tidak dimasak dulu dan langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah, jelas akan berdampak buruk bagi tubuh. Telah disebukan sebelumnya, selain bakteri, beras mentah juga bisa terkontaminasi oleh virus yang berasal dari lingkungan sekitar. Jika virus sampai tertelan ke dalam tubuh, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa terkena penyakit seperti diare.

 

4. Penyakit cacingan.

Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

Sumber: https://rheumapas.com/

Penyakit cacingan bisa muncul akibat adanya perkembangbiakan cacing di perut ini. Jika kamu yang hobi memakan beras mentah lalu terkena cacingan, hal ini memang masuk akal. Sebab, telur cacing bisa dapat berkembang biak dengan baik di dalam tumpukan beras (bentuk telur sangat kecil, susah dilihat dengan kasat mata). Bisa jadi beras yang kamu makan sudah terkonaminasi oleh telur caing itu, dan kemudian telur cacing pun masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di sana.

 

5. Kerusakan pada gigi.

Suka makan beras mentah? Waspada terhadap 5 bahaya ini

Sumber: https://rheumapas.com/

Ketika kamu mengunyah beras, maka dengan bentuk struktur yang dimilikinya beras akan menggumpal dan mudah tersembunyi pada sela-sela gigi. Hal ini akan menpercepat proses pembusukan yang bisa memicu munculnya bakteri. Jika iya, maka gigi kamu akan mengalami kerusakan, seperti munculnya karang gigi.

Nah, itu tadi bahaya jika kita terlalu sering mengonsumsi beras mentah. Usahakan kamu menyimpan beras dari tempat yang benar-benar bersih, dan ketika akan dimasak, pastikan sudah tercuci dengan bersih.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red