×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Suasana hati sering berubah mendadak, bisa jadi pertanda gangguan jiwa

0

Kesehatan

Suasana hati sering berubah mendadak, bisa jadi pertanda gangguan jiwa

Dalam istilah psikologi, hal ini disebut rapid mood swings.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

kumisrider

12 / 12 / 2018 11:44

Pada dasarnya, suasana hati adalah kondisi psikologis dasar sebagai reaksi tubuh terhadap lingkungan atau situasi tertentu. Terkadang, perubahan suasana hati berubah tanpa alasan atau rangsangan yang jelas. Dihinggapi oleh perasaan marah, tersinggung, atau depresi, dalam waktu yang relatif singkat.

Suasana hati sering berubah mendadak, bisa jadi pertanda gangguan jiwa

sumber : exploringyourmind.com

Hal ini mungkin wajar bagi sebagian besar orang. Namun perlu diperhatikan, perubahan suasana hati secara mendadak dapat menjadi pertanda awal gangguan jiwa, seperti yang dilansir dari healthline.com (12/2018).

1. Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Loading...

ADHD lebih sering dikenal dengan istilah hiperaktif. ADHD adalah gangguan jangka panjang yang menyerang jutaan anak dengan gejala-gejala yang dapat berlangsung hingga dewasa.

Perasaan ketidakmampuan dan kekurangan untuk beradaptasi sering berujung pada depresi. Hal itu yang mengakibatkan mood swing tak menentu.

 

2. Gangguan Bipolar.

Gangguan bipolar adalah gangguan kondisi kejiwaan seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya sangat sedih, atau sebaliknya.

Dari sebelumnya tertawa bahagia, lalu tiba-tiba menangis sedih, atau sebaliknya. Nama lain dari gangguan bipolar adalah manik depresif.

 

3. Depresi.

Depresi dapat membuat kita mengisolasi diri dari teman, keluarga, dan orang-orang yang kita cintai. Kita mungkin tak merasa sanggup untuk bangkit dari tempat tidur, apalagi bekerja.

Kita mungkin akan berlaku sembrono, histeris, dan merasa sangat bahagia. Hingga akhirnya diselimuti kembali oleh kesedihan dan ketidakberdayaan.

 

4. Penyebab lain.

Selain dari kondisi di atas, mood swing juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang secara langsung mempengaruhi sistem saraf pusat. Seperti demensia, tumor otak, meningitis, stroke, dan penyalahgunaan narkotika.

Jika kamu merasakan suasana hati yang cepat berubah, maka segera minta bantuan kepada psikolog profesional.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red