×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Studi ini tunjukkan perlu berapa lama seseorang bisa jadi teman sejati

0

Ilmiah

Studi ini tunjukkan perlu berapa lama seseorang bisa jadi teman sejati

Apakah perlu bertahun-tahun untuk menjadi mendapatkan teman sejati?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

asrizal

02 / 09 / 2018 17:28

Teman merupakan orang yang memiliki kedekatan dengan dirimu walaupun tidak memiliki hubungan darah. Mereka kadang kadang usil tapi mereka juga bisa membantu ketika kita dalam keaulitan. Setiap orang pasti memiliki teman bahkan pasti diantara kalian pasti memiliki teman yang kalian aggap sudah sepereti saudara sendiri karena sangking dekatnya dengan kamu.  Namun dibalik kedekatan kamu dengan teman - temanmu pasti didalam benak kita berapa lama sih waktu yang digunakan untuk menjadikan orang yang baru kamu kenal menjadi seorang teman ?

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan oleh jurnal of social and personal relationship, untuk mendapatkan teman dekat memerlukan waktu selama 200 jam, sedangkan untuk teman akrab 90 jam, dan 50 jam untuk menjadi teman biasa.

Studi ini tunjukkan perlu berapa lama seseorang bisa jadi teman sejati

Jeffrey Hall, seorang profesor kumunikasi dari Universty of Kansas. Menggunakan orang dewasa yang sangat membutuhkan teman. Dengan subjek tersebut Hall ingin melacak dan menilai tingkat kedekatan serta waktu yang dihabiskan dengan orang baru. Menurut Hall seperti yang dilansir dari buinessinsider.com kesempatan untuk mengubah dari teman biasa menjadi teman dekat memerlukan waktu setidaknya 80 - 100 jam. 

Menurut Jeffrey Hall, dosen ilmu komunikasi di University of Kansas sekaligus peneliti studi ini, selama 200 jam tersebut kamu harus menghabiskannya dengan bersenang-senang bersama. Jadi, waktu kebersamaan lainnya seperti waktu bekerja tidak dihitung.

Loading...


“Berteman membutuhkan waktu. Berteman dengan seseorang tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. Dan menjaga hubungan pertemanan adalah hal yang paling penting dalam hidup kita,” kata Hall, dilansir Futurity.

Untuk melakukan studi ini, peneliti menggunakan angket online. Melau angket tersebut, peneliti bisa memperkirakan kedekatan persahabatan seseorang.

Studi ini tunjukkan perlu berapa lama seseorang bisa jadi teman sejati

Dalam percobaan pertama ini Hall menganalisis 355 jawaban yang ia dapat dari angket online. Melalui angket tersebut, bisa diperkirakan kedekatan persahabatan seseorang.

Untuk studi yang kedua, Hall melakukan survei terjadap 112 mahasiswa baru di Universty of Kansas yang baru saja pindah ke kota tempaimt univeraitas tersebut berada. Langkah selanjutnya Hall mmeminta mereka untuk menywbutkan 2 orang yang baru saha mereka temui pada saat kuliah. Pada percobaan yang kedua ini mereka akan dipantau mengenai hubungan pertemaban mereka pada minggu ke 4 dan minggu ke 7.

"Hasil menunjukkan bahwa kesempatan untuk bertransisi dari teman biasa ke teman yang lebih spesial memiliki peluang besar lebih 50% setelah sekitar 80-100 jam," imbuh Hall.

Untuk teman sejati diperlukan waktu yang tidak sebentar yaitu 200 jam. Dalam waktu tersebut kita harus bersenang - senang bersama. "bereman membutuhkan waktu. Berteman dengan seseorang tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. Dan menjaga hubungan pertemanan adalah hal yang paling penting dalam hidup kita," kata Hall.

Image result for best friend kdrama gif

Namun dalam studi Hall hubungan pertemanan tidak bisa di lakukan ketika bekerja karena Hall menemukan bahwa seseorang yang mwnghabiskan waktu bersama di kantor tidak menjadikan faktor yang menjadikan anda dekat dengan teman kerja anda.

"Jika hubungan itu tetap di tempat kerja, mereka tidak mungkin menjadi teman," kata Hall kepada Ladders. "Untuk membuat hubungan sistem-dekat menjadi persahabatan, kamu harus memindahkan hubungan di luar sistem kelembagaan."






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red