×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

0

Serius

Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

Wabah Corona memengaruhi banyak sektor, fenomena tersebut pun membuat stigma dan dampak sosial dalam masyarakat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

12 / 03 / 2020 15:25

Seperti yang kita tahu, wabah Corona masih menjadi perbincangan hangat di banyak media baik nasional maupun internasional. Melihat dampak yang terjadi dari virus ini di negara asalnya yaitu Cina terbilang mengerikan. Dengan gejala yang mirip flu biasa, namun mudah menular dan mematikan membuat banyak masayarkat dunia panik.

Begitu pula di Indonesia, terlebih saat ada pemberitaan beberapa WNI positif mengidap Corona. Bahkan ironisnya data dan kronologis pasien tersebar luas di media. Lalu, kira-kira apa stigma dan dampak sosial dari wabah Corona terhadap masyarakat Indonesia? Berikut rangkumannya.

1. Terjadinya 'panic buying' di beberapa kota besar di Indonesia.

Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

Foto: bbc.com

Loading...

Setelah resmi diumumkan ada WNI postif Corona, banyak masyarakat yang panik. Bahkan sebelum diumumkan sudah terlihat panic buying masker dan handsanitizer. Karena banyak diborong, masker menjadi barang langka dan harganya pun jadi berkali-kali lipat. Selain apotek, pusat perbelanjaan juga ramai pengunjung yang memborong bahan pokok sebagai persediaan.

Seperti beberapa pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Selatan di mana banyak masyarakat berduyun-duyun memborong bahan pokok seperti mie instan, beras, dan minyak dengan alasan takut kalau tempat-tempat umum akan ditutup seperti di Cina. Jika terjadi terus menerus seperti itu akan membuat permasalahan baru yaitu langkanya barang tersebut dan harganya melambung tinggi seperti pada kasus masker.

2. Diskriminasi terhadapa WNI yang berkerja di luar negeri saat kembali ke Indonesia.

Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

Foto: banten.idntimes.com

Bisa dibilang WNI, khususnya tenaga kerja yang pernah bekerja di luar negeri yang terpapar virus Corona cenderung mengalami diskriminasi. Mereka yang baru tiba di Indonesia umumnya diharuskan menjalani karantina terlebih dahulu. Mereka direncanakan dikarantina di sana selama dua pekan. Hal ini membuat ratusan warga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, menggelar unjuk rasa di kantor DPRD setempat.

3. Bagi yang sedang masa isolasi cenderung mengalami depresi.

Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

Foto: businessinsider.com

Mereka yang positif Corona memang diharuskan dikarantina dan tidak diperbolehkan melakukan kontak langsung dengan orang lain di luar. Karena harus dikarantina atau berada di ruang isolasi, maka timbullah perasaan kesepian dan rasa bersalah di benak mereka. Bagaimanapun, seseorang yang sedang sakit tetap butuh pendampingan atau teman. Mereka perlu mengekspresikan pikiran dan mencurahkan isi hatinya agar merasa lega.

4. Karena terlalu khawatir terkadang membuat data pribadi pasien tersebar.

Stigma dan dampak sosial akibat Corona terhadap masyarakat Indonesia

Foto: Vivanews.com

Khawatir memang wajar, namun bukan berarti ditanggulangi dengan menyebarkan data pribadi suspect secara luas dengan tujuan "mencegah" penularan. Seperti yang sempat gempar terjadi di Depok yang mana sampai rumah si korban dipasangi garis polisi dan terus didatangi oleh para wartawan. Selain disebarluaskan dalam bentuk chat juga penyebutan alamat tinggal si pasien yang disebut jelas oleh Walikota Depok sangat disayangkan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red