×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal sleep texting, gangguan orang yang suka bawa HP saat tidur

0

Kesehatan

Mengenal sleep texting, gangguan orang yang suka bawa HP saat tidur

Hati-hati ya...

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Surya Siqata

31 / 01 / 2018 15:43

Handphone (HP) saat ini sudah menjadi gaya hidup hampir semua kalangan. Keberadaannya yang dianggap sangat penting membuat HP selalu di bawa oleh pemiliknya, bahkan saat tidur sekali pun. Membawa HP ke tempat tidur, terutama memainkannya di ranjang merupakan kebiasaan yang kebanyakan dilakukan orang terutama anak muda.

Mengenal sleep texting, gangguan orang yang suka bawa HP saat tidur

Meskipun terlihat sepele, nyatanya hal ini menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Semua ini tak lain disebabkan karena terganggunya kualitas tidur yang akan berdampak pada banyak masalah kesehatan. 

Beberapa orang yang membawa HP ketika tidur ternyata menjangkau HP tersebut dan mengirimkan pesan teks yang tidak masuk akal ke kontaknya. Kejadian ini merupakan gangguan tidur yang disebut 'sleep texting' atau 'mengetik pesan ketika tidur'.

Sebuah studi oleh profesor perawat di Philadelphia's Villanova University, Elizabeth Dowdell menemukan bahwa sekitar 25 sampai 30 persen dari 300 siswa yang disurvei telah mengirim pesan teks saat mereka tidur. Beberapa dari mereka telah mengambil tindakan untuk mencegah diri mereka dari SMS dalam tidurnya.

Loading...

Dowdell mengatakan seorang siswa berprestasi telah mengambil sarung tangan untuk menjauhkan jari-jarinya agar tidak menekan tombolnya.

Studi lainnya seperti yang dilakukan Dr. Marcus Schmidt, seorang pakar kesehatan tidur di Amerika Serikat mengemukakan bahwa 4 dari 5 remaja membawa handphone mereka ketika tidur. Lalu, hanya 1 diantara 10 remaja yang mematikan HP nya ketika tidur. Hal ini menyebabkan terganggunya kualitas tidur mereka sehingga rentan mengalami sebuah gangguan tidur yaitu ‘berkirim pesan saat tidur’ atau sleep texting.

Menurut Dr. Shelby Harris, ahli perilaku tidur mengatakan bahwa ini merupakan sebuah perilaku otomatis yang tak disadari. Dengan demikian, gangguan ini sangat buruk yang memalukan karena bisa jadi orang yang terkena gangguan akan mengirimkan foto di Instagram yang menunjukkan pesan aneh dan kacau, atau omong kosong belaka namun tidak menyadarinya.

Ahli masalah tidur di AS, Dr Josh Werber memperingatkan teks tidur bisa menimbulkan konsekuensi yang memalukan sekaligus masalah kesehatan karena orang tidak cukup tidur nyenyak. Akibat tak tidur nyenyak, masalahnya berlanjut kepada masalah kesehatan. Berikut beberapa bahaya yang mengancam orang yang kualitas tidurnya terganggu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red