Selain keindahan alamnya, Indonesia juga dikenal dengan negara yang memiliki seribu satu budaya dari berbagai jenis sukunya. Tak heran, banyak wisatawan asing maupun lokal yang menghabiskan liburan mereka untuk melihat keindahan budaya Indonesia.

Nah, tahun ini, Indonesia memiliki kurang lebih 100 event wisata nasional yang dapat dinikmati oleh warganya. Namun, taukah kalian ada 10 event nasional yang sangat ditunggu-tunggu? Yuk, simak selengkapnya berikut ini:


1. Java Jazz Festival
Bagi para pencinta musik Jazz, acara ini merupakan acara tahunan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Bertempat di JI Expo Kemayoran Jakarta, salah satu festival musik jazz ini akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Maret 2018. Selain dibanjiri oleh penyanyi lokal, acara ini juga akan dimeriahkan oleh artis jazz papan atas seperti Lauv dan Daniel Caesar yang pastinya akan mengguncang panggung dan hati bagi para pencinta musik jazz.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Jakarta International Java Jazz Festival



2. Pesta Kesenian Bali

Dalam pesta kebanggaan orang Bali ini, kamu akan menemukan ribuan seniman yang turun langsung memeriahkan pesta tahunan selama satu bulan penuh. Dimulai sejak 16 Juni 2018, nantinya akan ada banyak pagelaran seni budaya yang disajikan dan akan berakhir pada tanggal 14 Juli 2018.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : TripTrus

3. Jember Fashion Carnival
Nggak perlu jauh-jauh jika ingin melihat pagelaran fashion kelas dunia karena karnaval ini sudah masuk ke dalam peta kota karnaval dunia sejak beberapa tahun yang lalu. Acara ini akan digelar selama 4 hari (7-12 Agustus 2018) dengan menampilkan berbagai gelaran fashion mulai dari kategori anak hingga kategori dewasa yang membawakan kostum yang beratnya mencapai puluhan kilo!

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Pinterest


4. Iron Man 70.3 Bintan
Bagi kamu yang suka berolahraga, event ini menjadi salah satu event yang patut kamu coba. Bayangkan, kamu bisa berlari, berenang sekaligus bersepeda sambil menjelajah keindahan daerah Bintan. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2018. Tak ayal, nantinya akan banyak atlet lokal hingga mancanegara yang akan ikut serta dalam event keolahragaan ini.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Tribunnews


5. Festival Payung Indonesia
Seperti judulnya, festival ini akan dipenuhi dengan berbagai kegiatan dengan tema payung. Digelar pada 20 Agustus 2018, festival ini akan diisi dengan acara pameran lukisan, bazar seni hingga pertunjukkan para seniman payung. Tak hanya Indonesia saja, beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Jepang dan China juga ikut serta memeriahkan festival ini. Wah, bakal seru banget nih.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : KRjogja


6. Sanur Village Festival
Pesona Bali memang tidak ada habisnya ya. Setalah sebelumnya ada pesta kesenian Bali, masyarakat disana juga akan menggelar acara Sanur Village Festival. Kamu bisa datang ke Bali antara tanggal 24-28 Agustus 2018 dan rasakan sensasi berbagai acara seru mulai dari pesta kuliner hingga pertunjukkan seni budaya setempat yang akan diselenggarakan di Desa Sanur, Denpasar, Bali.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Wikipedia


7. Karnaval Kemerdekaan
Karnaval ini merupakan salah satu bentuk pesta tahunan warga Indonesia untuk merayakan hari kemerdekannya. Kamu bisa catat dulu tanggal acaranya, yakni 25 Agustus 2018, namun tempatnya masih dirahasiakan karena setiap tahun destinasinya berbeda-beda lho.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Tempo


8. Grand Karnaval Indonesia

Kamu akan menyaksikan salah satu pagelaran akbar nasional tiga tahunan ini pada 27 Agustus 2018. Pasalnya, karnaval ini akan digelar bersamaan dengan perayaan ASIAN GAMES 2018 yang akan diadakan di Jakarta.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Aktual


9. Banyuwangi Ethno Carnival
Karnaval ini menyajikan perayaan busana etnik dari beberapa suku di Indonesia diantaranya Jawa, Bali, Madura dan lainnya. Diadakan pada 10 November 2018, karnaval ini akan digelar di sepanjang jalan dan jika kamu berminat, kamu dapat mencari tahu lebih lanjut di info@disbudpar.jatimprov.go.id.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Jaringan Foto Pusaka Indonesia


10. Borobudur Marathon
Satu lagi event olahraga nasional tahun ini diadakan di daerah Magelang tepatnya disekitar daerah Borobudur. Kamu dapat berlari mengelilingi kawasan sekitar Borobudur yang asri sembari menikmati pemandangan yang tidak biasa. Jika kamu berminat untuk ikut Marathon, siapkan fisikmu untuk berlari pada 18 November 2018 ya.

Siapkan budget travelingmu, 10 event nasional 2018 ini wajib didatangi Foto : Tribun Travel