×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Setelah dipenjara 39 tahun, pemerintah beri pria ini uang $21 juta

0

Duh

Setelah dipenjara 39 tahun, pemerintah beri pria ini uang $21 juta

Terbukti tak bersalah, Coley dibebaskan setelah dipenjara 39 tahun.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sang Pembelajar

27 / 02 / 2019 15:50

Sebuah kejadian yang patut dijadikan pembelajaran terjadi di daerah Simi Valley, California, Amerika Serikat. Seorang pria bernama Craig Coley dijebloskan ke dalam penjara pada tahun 1978 karena dinyatakan bersalah oleh pengadilan setempat atas kasus pembunuhan terhadap kekasih dan putranya yang berusia 4 tahun.

Ilustrasi di Penjara

Coley pun mendekam di penjara selama 39 tahun. Tetapi setelah bebas, pemerintah setempat malah memberi Coley uang sebesar $21 juta (atau sekitar Rp294,3 miliar). Kasus kejahatan yang dituduhkan kepada Coley terjadi pada tanggal 11 Nopember 1978. Hari itu seorang wanita bernama Rhonda Wicht dan putranya, Donald yang masih berusia 4 tahun ditemukan tewas terbunuh di ranjang dalam apartemennya.

Polisi kemudian menetapkan Coley yang juga kekasih Wicht sebagai tersangka karena hanya dia yang memiliki kunci apartemen tersebut selain Wicht. Coley pun diputuskan bersalah oleh pengadilan setempat. Namun selama menjalani proses hukuman, Coley bersikukuh bahwa bukan ia pelaku pembunuhan tersebut.

Craig Coley 1978 & 2017

Loading...

Pada tahun 2017, Coley akhirnya dibebaskan dari penjara setelah mendekam selama 39 tahun. Los Angeles Times menyebutkan bahwa Coley diberi pengampunan oleh pemerintah Kota Simi Valley, California, Amerika Serikat karena terbukti tidak bersalah.

Kebebasan Coley tak lepas dari peran seorang detektif di kepolisian setempat bernama Mike Bender. Mike menjadi salah satu polisi yang mengusut kasus pembunuhan tersebut. Setelah Coley dijebloskan ke penjara, Mike menemukan berbagai kejanggalan atas tuduhan yang dialamatkan ke Coley. Selama berpuluh-puluh tahun, Mike berusaha meyakinkan pemerintah setempat dan pihak kepolisian bahwa Coley memang tidak bersalah.

Bukti DNA dan penyelidikan ulang selama berpuluh-puluh tahun yang dilakukan Mike membuktikan bahwa Coley memang tidak bersalah. Selain itu, Coley yang kini berusia 71 tahun diketahui memiliki alibi pada saat pebunuhan terjadi. Penyelidik kemudian membuktikannya melalui seorang saksi mata yang mengetahui keberadaan Coley saat itu.

Coley

Setelah mendapatkan pengampunan, pemerintah setempat akhirnya sepakat untuk memberikan kompensasi kepada Coley senilai 21 juta dollar AS atau sekitar Rp294,3 miliar sebagai ganti atas waktu yang telah dihabiskan Coley di penjara. Meski tidak ada jumlah uang yang dapat menebus apa yang telah terjadi pada Coley, tapi berkat pembuktian bahwa Coley tidak bersalah, hal itu dapat mengembalikan nama baik Coley di masyarakat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red