Larangan begadang sering kali dilontarkan oleh orang yang tak biasa tidur larut malam. Namun bagi beberapa orang, waktu larut malam justru saat di mana mereka sedang sangat kreatif. Untungnya begadang tak selamanya buruk. Ada manfaat sehat di balik kebiasaan bergadang.

Namun, perlu diingat jika kamu tidur larut malam lalu bangun pagi pagi sekali, hal ini justru dapat menghilangkan manfaat sehat dari bergadang. Manfaat ini baru bisa kamu dapatkan dengan tidur larut malam lalu bangun di waktu yang lebih siang.

Ada beberapa manfaat dari bergadang, dan salah satunya tentu saja, membuat anda lebih produktif dan kreatif ujar Dr. Sharad Paul.

Kemampuan untuk bergadang dihubungkan dengan aktifitas adenosin di otak, dan ini adalah reseptor yang sama dengan yang ditargetkan kafein. Banyak studi telah menunjukkan, orang-orang dengan akfititas adenosin yang berlebih secara alami lebih nyaman bekerja di malam hari sambil begadang.

Berikut ini merupakan 5 manfaat yang dapat kamu peroleh dari begadang.

1. Lebih cerdas.

Begadang tak selamanya buruk, simak 5 manfaatnya berikut ini Orang yang lebih sering bergadang ada kemungkinan lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun lebih siang, baik di hari sekolah maupun akhir pekan.

Walaupun begadang tidak menjadikan kamu lebih pintar. Namun, jika jam tubuhmu lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini merupakan penjelasan di baliknya.

2. Meningkatkan kekuatan.

Memiliki kebiasaan bergadang secara alami bisa bermanfaat bagi performa fisikmu. Para peneliti dari University of Alberta menemukan, walaupun kekuatan orang-orang yang bangun di pagi hari itu konsisten sepanjang hari, namun orang-orang malam juga menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari.

Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis studi tersebut, hal ini bisa terjadi karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang di malam hari.

3. Kekuatan memberikan solusi kreatif. Begadang tak selamanya buruk, simak 5 manfaatnya berikut ini

Ada alasan kenapa orang dapat menikmati bekerja di malam hari. Alasannya karena dapat lebih banyak memancing kreatifitas mereka.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality dan Individual Differences menemukan, para pekerja malam ini lebih mungkin memberikan ide-ide yang kreatif dibanding orang-orang pagi.

4. Meningkatkan kewaspadaan. Begadang tak selamanya buruk, simak 5 manfaatnya berikut ini

Kamu mungkin berfikir bergadang akan membuatmu kesulitan fokus. Namun, selama kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan, para pekerja malam secara umum bisa melampaui para pekerja pagi dalam berapa lama mereka bisa terjaga. Mentalnya juga waspada sebelum mereka merasa lelah.

5. Pagi yang lebih tenang.

Begadang tak selamanya buruk, simak 5 manfaatnya berikut ini Bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun beberapa studi menunjukkan para pekerja malam cenderung memiliki kadar kortisol tinggi secara umum, kortisol mereka lebih rendah di pagi hari dibanding orang-orang yang memang hobi bangun pagi. Artinya, di pagi hari para pekerja malam ini merasa lebih santai dan tenang dibanding orang-orang pagi.