×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

0

Kesehatan

Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

Perut sering merasa lapar bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, misalnya kurang tidur dan kurang dalam mengonsumsi protein.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

10 / 09 / 2019 11:51

 

 

Kenapa perut terasa lapar terus padahal sudah makan? Ini bukan masalah rakus atau tidaknya. Pastinya kamu pun pernah mengalami kejadian ini.

Lapar umumnya menyerang setiap 3-4 jam setelah kamu makan dan akan terus meningkat seiring bertambahnya waktu apabila kamu tidak mengonsumsi apapun.

Kalau kamu merasa lapar, pastinya harus makan dong. Nah, itu dia masalahnya. Ternyata lapar terjadi bukan hanya karena kamu belum makan saja, masih ada penyebab lain yang membuat perut terasa lapar. Mari kita cari tahu lebih lanjut.

1. Ternyata haus, bukan lapar.

Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

Loading...

Ini pastinya sering kamu alami ketika menjalani puasa. Misal kamu berniat ingin makan di siang hari karena lapar, gak taunya baru saja minum malah jadi tak nafsu makan.

Lapar dan haus terkadang memang sulit dibedakan, yang seharusnya tubuh perlu cairan malah kamu isi dengan makanan. Jadi ya anggapan kamu memang masih lapar, padahal itu hanya haus. Jika hari itu kamu memang belum banyak minum, usahakan minum segelas air dan tunggu saja sampai setengah jam apakah rasa laparmu hilang. Jika iya, berarti itu sama dengan contoh ketika menjalani puasa di atas.

2. Kurang tidur.

Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

Tidur merupakan kegiatan yang wajib dijalani oleh setiap orang. Karena tidur adalah proses di mana badan kamu akan memulihkan tenaga atau energi untuk dipakai kembali saat beraktivitas nanti. Jadi jika kamu kurang tidur, maka tubuh akan meminta energi yang lebih banyak untuk menjalani hari. Tidak aneh seluruh asupan yang sudah kamu konsumsi itu cepat habis sehingga tubuhmu meminta lagi dan lagi. Masuk akal, kan?

3. Makan terlalu cepat.

Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

Ini merupakan sugesti alami yang terjadi pada otak kamu. Cara untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama adalah dengan mengunyah makanan lebih lama. Nantinya otak akan merespon bahwa kamu sudah makan lebih banyak, padahal sebenarnya tidak. Sebaliknya jika kamu makan dengan cepat, maka sinyal ke otak adalah kamu makan baru sedikit.

4. Sedang stres.

Selalu merasa lapar? Bisa jadi ini 4 penyebabnya

Stres dapat meningkatkan adrenalin dan kortisol. Kadar hormon tersebut nantinya akan memengaruhi sistem tubuh yang akan beranggapan bahwa tubuh perlu energi sehingga nafsu makan menjadi besar. Selain itu stres juga mengakibatkan kadar serotonin menurun, yang mana itu akan membuat kamu merasa lapar saat tidak tidur.

Nah, itulah penyebab perut selalu lapar. Saya rasa jika kamu tidak menghindari penyebab di atas, maka kamu akan terus merasa lapar walaupun sudah makan dalam porsi yang banyak.

4 poin di atas merupakan penyebab yang paling mudah untuk kamu hindari. Namun kamu juga harus perhatikan bahwasanya jangan sampai tubuh kekurangan asupan protein, lemak baik, dan jangan melewatkan waktu makanmu.

Hindari juga mengonsumsi karbohidrat yang terlalu banyak, sebab itu akan menyebabkan peningkatan dan penurunan gula darah terlalu drastis sehingga perut gampang lapar.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red