Hampir semua lembaga survey yang ada di Indonesia menyebut sosok Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai calon walkil presiden terkuat untuk mendampingi Joko Widodo maupun Prabowo Subianto. Sebut saja lembaga survey Indikator Politik Indonesia, Poltracking, Cyrus Network, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA hingga Alvara Research Center.

Selain menjadi cawapres yang paling diinginkan masyarakat berdasarkan hasil lembaga survey, setelah berlangsungnya pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Pratia Gerindra Prabowo subianto. AHY juga memuncaki poling tertinggi yang dilakukan berbagi media. Jejak pendapat dilakukan di dunia maya (Dumay).

Lewat platform resminya, Radio Elshinta melakukan poling jejak pendapat yang dilakukan pada Rabu, 25/07. Elshinta menyodorkan 3 nama bakal cawapres dengan catatan satu tokoh lainnya yang bakal mendampingi Prabowo jika Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS melakukan koalisi.

Berdarkan poling tersebut dari total 13.000 pemilih, AHY mendapat dukungan tertinggi dengan memperoleh 81 persen. Sementara dua nama lainnya yakni Ahmad Heryawan yang memperoleh 10 persen, Zulkifli Hasan dengan 1 persen dan tokoh lainnya yang melebihi perolehan Zulkifli Hasan dengan 8 persen.

Hal serupa juga dilakukan oleh Viva.co.id pada kamis 26/07. Lewat situs resminya, Viva.co.id melakukan poling dengan menyodorkan 4 nama besar untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

Hasilnya tidak jauh berbeda, dari total 26.000 pemilih lebih, AHY memuncaki perolehan dengan mendapat 58 persen. Jumlah tersebut berbeda jauh dengan nama besar seperti, Ahmad Heryawan (18 persen) Gubernur DKI Jakarta, Anie Baswedan (18 persen), dan Gatot Nurmantyo (11 %).