×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain koki Krusty Krab, 15 pekerjaan ini pernah dilakoni Spongebob

0

Film

Selain koki Krusty Krab, 15 pekerjaan ini pernah dilakoni Spongebob

Walaupun sering kali berpindah-pindah pekerjaan, Spongebob tetap dikenal sebagai koki legendaris se-Bikini Bottom.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Mahyudi

17 / 11 / 2019 10:23

Spongebob, karakter spons kuning yang lucu dan menggemaskan adalah tontonan favorit kita sejak kecil. Gaya ketawanya yang khas dan kemampuannya dalam bermain seruling lewat hidungnya adalah ciri khas Spongebob yang sulit untuk dilupakan sehingga kita secara tak sadar semakin mencintainya apa adanya. Walaupun begitu, Spongebob tetaplah mendapat tempat di hati penggemar akan tingkah lugunya sekaligus jenaka.

Berbicara tentang pekerjaan, Spongebob lebih dikenal sebagai koki Krusty Krab dengan prestasinya yang mentereng. Hal ini membuat para pelanggan Krusty Krab semakin menyukai Krabby Patty ala Spongebob sampai-sampai ada yang rela menambah Krabby Patty sepuasnya sehingga Krabby Patty seakan menjadi makanan favorit warga Bikini Bottom yang paling mengenyangkan.

Sama halnya dengan para pencari kerja, Spongebob pernah beberapa kali bekerja di tempat yang berbeda. Namun hasilnya di luar ekspetasi yaitu sering menemui kegagalan dalam setiap pekerjaan yang dilakoninya. Meskipun hanya sedikit keberhasilan dan nyaris berantakan, yang penting Spongebob sudah memiliki pengalaman kerja dalam hidupnya. 

Selain menjadi koki, inilah pekerjaan yang pernah dilakoni Spongebob seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Jurnalis (The Krabby Kronicle).

Loading...

Wartawan

Foto: www.dailymotion.com

Ceritanya Spongebob diminta oleh Tuan Krab untuk mencari berita yang menghebohkan demi meraup keuntungan. Ketika sedang bertugas, Spongebob sebenarnya sudah menemukan ide beritanya, yaitu perampokan bank oleh sekumpulan Ikan Salty Spitoon. Namun Spongebob malah memberitakan hal-hal di luar nalar seperti Patrick memerhatikan tiang, pemecahan rekor oleh Sandy saat memakan kenari, dan eksperimen baru Plankton.

Imbasnya, hasil tulisan Spongebob di media justru menuai kekecewaan sampai-sampai tidak ada yang mau membeli koran satu pun. Sadar merasa dirinya gagal, Spongebob mulai mencoba sekali lagi dan puncaknya adalah tulisan karya Spongebob berhasil dimuat di berbagai media dan menjadi trending topic. 

Namun, isi berita Spongebob yang berjudul Krabs Overworks Employee Reaps Rewards ternyata membongkar keboborokan Tuan Krab yang dituduh melakukan kerja paksa pada Spongebob sehingga warga Bikini Bottom menuding Tuan Krab telah mengeksploitasi anak di bawah umur. Padahal berita itu sebenarnya hanya berisi Tuan Krab memarahi Spongebob dengan sikap yang wajar. Mungkin saja Spongebob salah ketik dalam menulis judulnya yang berujung kesalahpahaman.

2. Penjaga Pantai (SpongeGuard on Duty).

penjaga pantai

Foto: www.voot.com

Mobil es krim yang menimpa Spongebob adalah salah satu faktor Spongebob menjadi penjaga pantai dadakan. Walaupun tidak memahami artinya, Spongebob tetap berperan layaknya penjaga pantai sungguhan. Setelah melihat Larry berhasil menyelamatkan orang yang tenggelam, Spongebob ingin seperti Larry dalam urusan menolong orang yang kesulitan. Caranya adalah mengeluarkan semua orang dari pantai sambil berteriak ada es krim gratis di pantai.

Tidak seperti penjaga pantai kebanyakan, Spongebob yang awalnya percaya diri saat berenang justru malah ikut tenggelam bersama Patrick. Hasilnya Spongebob dan Patrick berteriak minta tolong sambil mengayungkan tangan. Setelah teriakan mereka selesai, Larry langsung menyelamatkan mereka dan dia curiga bahwa Spongebob bukanlah penjaga pantai profesional. Sebagai hukumannya, Spongebob dan Patrick diajari berenang oleh Larry sembari menahan sakit.

3. Pelayan (Squilliam Returns).

pelayan

Foto: rebloggy.com

Inilah salah satu momen krusial yang Spongebob alami. Bermula dari permintaan Squidward, Spongebob mempelajari cara menjadi pelayan tanpa henti. Puncaknya adalah Spongebob berhasil melayani semua tamu Squilliam dengan tenang dan menyajikan hidangan terbaik ala restoran bintang lima.

Saat Squilliam menanyakan namanya, pikiran Spongebob mendadak menjadi kacau balau sampai-sampai Spongebob mencari namanya lewat file ingatannya dan hasilnya nihil. Akibatnya Spongebob menyerang semua tamu Squilliam seperti kerasukan makhluk halus. Pada akhirnya rencana Squidward menjadi berantakan dan kembali disindir oleh Squilliam lagi.

4. Penjaga tahanan (Jailbreak!).

penjaga tahanan

Foto: www.nick.co.uk

Secara tidak sengaja Spongebob diminta oleh Tuan Krab untuk menjadi penjaga tahanan supaya mengawasi Plankton selama 24 jam penuh. Saat bertugas, Spongebob memantau terus Plankton dari kejauhan lalu mencegah Plankton kabur lewat kaca telepon sampai memasang borgol di tangan Plankton.

Ketika Plankton kabur dari penjara demi mencuri resep rahasia Krabby Patty, Spongebob ikut memantaunya dan memperingatkan Tuan Krab agar menyimpan resep rahasia tersebut dengan hati-hati. Seakan tidak percaya pada Spongebob, Tuan Krab terpaksa menuruti perkataan Spongebob melalui rencana strategis. Dampaknya adalah Spongebob menyembunyikan polisi di Krusty Krab dan sukses meringkus Plankton tanpa pertumpahan darah. 

5. Intelijen (Spy Buddies).

intelijen

Foto: www.imdb.com

Siapa sangka Spongebob pernah menjalani pekerjaan sebagai Intelijen? Intelijen di sini bukan seperti Badan Intelijen Negara melainkan intelijen kecil-kecilan alias hanya bersandiwara saja. Bersama Patrick, Spongebob bertugas untuk mengawasi gerak-gerik Plankton agar tidak mengambil resep rahasia Krabby Patty lagi. Jauh dari ekspektasi, Plankton ternyata hanya berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti membeli prangko dan pakaian bayi. 

Dalam mendukung aksinya, Spongebob meminjam peralatan mata-mata dari Sandy secara patungan. Salah satu peralatannya yaitu kaca pembesar sukses membuat Plankton kalang kabut dan langsung melarikan diri sekaligus kehilangan jejak dalam kondisi terbakar.

Berkat celana Patrick dengan senjata laser, misi mata-mata mulai terungkap luas bahwa misi ini sebenarnya hanya rekayasa belaka sehingga Spongebob dan Patrick merasa dijebak. Untung saja misinya berakhir antiklimaks, yaitu Plankton ternyata sedang menyamar sebagai Tuan Krab dan sebaliknya Tuan Krab berperan sebagai Plankton. Duh, ada-ada saja ya!

6. Pesulap (Hocus Pocus).

pesulap

Foto: www.voot.com

Setelah tergiur dengan peralatan sulap Tuan Magic, Spongebob terobsesi menjadi pesulap profesional. Semua teknik sulap pun dia pelajari semuanya, dari bermain kartu sulap sambil menutup mata sampai memakai tongkat sihir untuk menyulap benda di sekitarnya.

Yang lebih lucu lagi adalah Spongebob mengira Squidward berubah menjadi es krim yang diklaim sebagai trik sulapnya dengan sempurna. Faktanya, es krim Squidward itu sesungguhnya adalah es krim rasa melon yang berasal dari insiden seorang anak kecil melemparkan es krim di udara hingga mendarat di kursi santai Squidward tanpa diketahui Spongebob.

Seolah tak percaya, Spongebob mengajukan komplain pada Tuan Magic mengenai peralatan sulapnya dan hasilnya sama saja, yaitu tidak bisa dikembalikan seperti semula. Setelah Squidward kembali, Spongebob belajar sulap lagi dan akhirnya Squidward kabur juga ke tempat jauh.

7. Entrepreneur (Patty Hype).

pengusaha

Foto: www.philo.com

Spongebob mendadak menjadi entrepreneur saat pertama kali mengusulkan gagasan Krabby Patty agar cepat laku. Salah satu idenya adalah menjajakan Pretty Patty di jalanan. Meskipun idenya ditertawakan oleh Tuan Krab dan Squidward, nyatanya Pretty Patty ala Spongebob mulai laku keras saat dijajakan di rumahnya sampai-sampai membuat Tuan Krab semakin iri atas usaha Spongebob. Rahasianya adalah Pretty Patty mewakili perasaan seseorang yang sesuai dengan warnanya serta ditambah sedikit bumbu cinta. Bisa dibilang Pretty Patty adalah Krabby Patty yang warna-warni. 

8. Pelawak tunggal (Squirrel Jokes).

stand up comedy

Foto: www.youtube.com

Kata siapa Spongebob melawak hanya sebagai kebiasaan rutinnya saja? Buktinya Spongebob mampu menunjukkan bakatnya di panggung dengan gaya stand up comedy. Pada awalnya gaya melawak Spongebob terasa garing dan cenderung membosankan. Berkat bantuan Sandy, Spongebob mulai mengubah gaya melawaknya yaitu berbicara tentang keburukan seorang Tupai yang sebenarnya bentuk rasisme pada Sandy. Akibatnya Spongebob merasa bersalah dan mulai memutar otak dalam menentukan tema lawakannya dengan hal-hal yang menarik.

Klimaksnya adalah Spongebob lebih menyukai pembahasan tentang ikan dan bintang laut ketimbang menyindir seseorang secara gamblang. Belajar dari Spongebob, kita boleh-boleh saja bercanda asalkan harus sesuai dengan konteksnya, di antaranya jangan bersikap rasis.

9. Karyawan hotel (Krusty Towers).

pegawai hotel

Foto: www.dailymotion.com

Pada umumnya karyawan di hotel mengalami kesibukan yang padat saat bekerja demi melayani tamu, tapi hal ini tidak berlaku untuk Spongebob. Pekerjaannya sebagai karyawan hotel dibawa dengan santai dan tidak mengeluh. Tugasnya sama seperti karyawan hotel lainnya, di antaranya mengantarkan barang dan melayani Krabby Patty ke tamu. Belum cukup sampai di situ, Spongebob juga bertugas sebagai pengawas kolam renang indoor. Demi merasakan kebersamaan, dia rela ikut menyelam juga sampai Krusty Hotel roboh.

10. Pedagang cokelat (Chocolate with Nuts).

cokelat

Foto: wegotthiscovered.com

Terinspirasi dari Majalah Pengusaha, Spongebob bersama Patrick mulai menjual cokelat dari pintu ke pintu. Meskipun perjuangan mereka kerap kali menemui kerugian, yaitu pernah ditipu oleh pelanggan yang sama, mereka setidaknya terus maju demi mendapat keuntungan atas penjualan cokelat. Saking semangatnya, ada pelanggan yang rela membeli sebuah cokelat sampai-sampai hati Spongebob meleleh. Sebagai imbalannya, Spongebob dan Patrick mengajak makan nenek-nenek di restoran mewah dengan uang penjualan cokelat sekaligus mengambil alih pesanan kursi Squidward. 

11. Asisten rumah tangga (Can You Spare a Dime?).

asisten rumah tangga

Foto: twitter.com/@mortalslut

Pekerjaan yang dilakoni Spongebob ini hanya untuk membantu Squidward saat dia mengundurkan diri dari Krusty Krab akibat tuduhan mencuri koin Tuan Krab. Sebagai bentuk solidaritas, Spongebob melayani Squidward di rumahnya dengan senang hati. Layaknya pelayanan ala hotel, Spongebob menyiapkan semuanya dimulai dari memijat tubuh Squidward sampai menyuapi Squidward dengan buah-buahan adalah hiburan Squidward di saat senggang.

Meskipun tugasnya sebagai asisten rumah tangga setelah Squidward marah-marah, setidaknya Spongebob sudah belajar arti dari asisten rumah tangga yaitu sabar, cekatan, dan percaya diri dalam menghadapi situasi.

12. Pengawas sekolah (Hall Monitor).

pengawas sekolah

Foto: www.philo.com

Spongebob menjadi pengawas ruangan itu karena tidak ada siswa yang mau menjalankan tugasnya. Setelah dipilih, Spongebob menyangka bahwa pengawas ruangan bertugas di jalanan sampai-sampai terjadi kecelakaan massal akibat perintah Spongebob yang meniup peluit sembarangan.

Adegan yang paling mengejutkan adalah ketika Spongebob dituduh sebagai penjahat setelah berpura-pura menjadi maling di rumah orang lain. Saking paniknya, Spongebob berlari hingga ke kotak pos sambil menangis kegirangan. Uniknya bukan Spongebob yang ditahan, melainkan Mrs. Puff yang tak lain menyuruh Spongebob menjadi pengawas sekolah. Setelah melihat hasilnya, dunia serasa terbalik ya!

13. Pengacara (Krabs vs Plankton).

pengacara

Foto: www.pinterest.fr

Diminta untuk menggantikan pengacara langganan Tuan Krab, Spongebob mulai mempelajari tata cara menjadi pengacara dengan baik. Tugasnya adalah membela hak Tuan Krab yang merasa dibohongi oleh Plankton terkait kasus lantai basah. Fakta sesungguhnya adalah Plankton hanya berpura-pura terjatuh demi menjatuhkan nama baik Tuan Krab akibat enggan memberikan Krabby Patty. 

Berkat bantuan keahlian Spongebob usai membongkar kode rahasia yang ternyata isinya adalah Krabby Patty, kasus antara Tuan Krab versus Plankton resmi dibatalkan oleh pengadilan. Tuan Krab pun dinyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan Plankton. 

14. Atlet (Fry Cook Games).

atlet

Foto: www.myglasgow.org

Spongebob menjadi atlet? Mana mungkin? Pertanyaan ini seolah meyakini bahwa Spongebob itu lemah dan tidak berdaya. Padahal Spongebob mempunyai bakat terpendamnya, yaitu menjadi atlet kebanggaan Krusty Krab. Kehadiran Spongebob sebagai atlet justru membawa berkah di Fry Cook Games. Layaknya Olimpiade, Spongebob mencatatkan hasil sempurna di ajang tersebut dengan rekor fantastis dan seolah-olah tidak ada tandingannya.

Saat asyik-asyiknya menikmati Olimpiade, Spongebob mesti menghadapi Patrick seolah-olah persahabatan mereka terlupakan sejenak. Seakan tidak tahan, Spongebob memilih keluar dari pertandingan setelah melihat celana dalam Patrick berwarna kuning yang menandakan dia seakan lupa pada persahabatan. Tanpa menghiraukan teriakan penonton, Spongebob memilih jalan damai dengan Patrick ketimbang saling berhadapan satu sama lain. Di episode ini, kita belajar bahwa persahabatan itu lebih indah daripada permusuhan.

15. Seniman (Artist Unknown).

seniman

Foto: spongebob.fandom.com

"Tampan dan beriman." begitulah kata-kata mutiara dari Squidward tentang karya seninya yang diklaim lebih indah dari lukisan manapun. Seolah dirinya adalah seniman sejati, Squidward mendirikan sekolah seni dengan karya yang katanya lebih spektakuler. 

Salah satu peminat yang mengagumi karya Squidward adalah Spongebob. Dia mengajukan diri menjadi seniman dan rela tanpa dibayar. Membuat robekan kertas menjadi boneka tangan dan menggambar sketsa lingkaran adalah karya terhebat ala Spongebob yang membuat Squidward pangling. Tidak hanya itu, Spongebob membuat karya terindah, yaitu pembuatan patung Michelangelo dengan sekali pahat.

Akan tetapi, usaha Spongebob ini justru tidak diakui oleh Squidward sehingga Squidward menganggap karya Spongebob bukanlah bagian seni. Baginya, seni itu harus menggambarkan wajah Squidward dan bukannya menyalin karya orang lain.

Sembari sakit hati, Spongebob merasa depresi dan berlari ke tempat pembuangan sampah. Justru Saat diminta kembali bergabung, Spongebob membuat karya seni ala Squidward yang sebenarnya tidak bagus-bagus amat dan terkesan menyeramkan.

Dari berbagai pekerjaan yang ada, hanya koki yang membuat Spongebob bahagia dalam menjalaninya dengan sepenuh hati. Apa pun yang terjadi, Spongebob tetap dikenang sebagai koki terbaik sepanjang masa.

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red