Tubuh kita terdiri dari berbagai macam hormon yang memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya, setiap hormon tersebut harus dalam keadaan seimbang supaya tidak menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Beberapa dari hormon tersebut, ada yang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa baik, buruk, atau merasa berbunga-bunga ketika jatuh cinta.

Lalu, apa aja sih hormon yang kita maksud itu? Berikut penjelasannya.

1. Endorfin

Hormon Endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Endorfin memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Hormon endorfin terdiri dari neuropeptida opioid endogen. Hormon ini diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.

Dengan konsumsi coklat, akan membantu melepaskan endorfin yang akan memberikan rasa nyaman dan tenang pada tubuh. Selain itu makanan pedas juga dapat merangsang sereksi endorfin.

2. Oksitosin

Hormon yang juga dikenal sebagai hormon cinta ini dipercaya berperan penting dalam tingkah laku manusia. Hormon oksitosin berada dalam hipotolamus pada otak. Hormon tersebut dikeluarkan oleh kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak. Dampak oksitosin pada tingkah laku dan respon emosi juga terlihat dalam membangun ketenangan, kepercayaan, dan stabilitas psikologi. Oksitosin juga dianggap sebagai obat ajain yang daoat membantu meningkatkan perasaan positif serta kecakapan sosial.

Cara supaya hormon oksitosin dapat meningkat adalah melakukan kegiatan berpelukan, karena oksitosin dalam darah akan meningkat yang juga akan bermanfaat bagi seluruh kesehatan tubuh.

3. Serotonin

Hormon serotonin adalah hasil dari proses konversi biokimia kombinasi tritopan dengan tritopan hidroksilase. Serotonin dipercaya berperan sebagai pembawa sinyal antarjaringan saraf. Selain berdampak pada mood, sebagai neurotransmitter, hormon serotonin juga akan berdampak kepada fungsi organ-organ lainnya seperti saluran pencernaan, pembekuan darah, kepadatan tulang, mual, dan fungsi seksual.

Dengan makan makanan yang mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega 3 diduga mampu mempengaruhi fungsi serotonin di otak. Contoh makanan yang mengandung omega 3 adalah salmon, kacang, biji-bijian.

4. Dopamin

Hormon dopamin merupakan kimiawi organik yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan. Hormon ini berpengaruh pada rasa menyenangkan dari jatuh cinta, gembira, motivasi, dan rasa percaya diri. Pada pembuluh darah, hormon ini berfungsi sebagai vasodilator yaitu menjaga pembuluh darah tetap lebar.

Kandungan tirosin merupakan unsur utama yang membentuk dopamin. Kandungan tirosin ditemukan dalam buah pisang, blueberry, stroberi, dan plum. Selain itu, kandungan vitamin B6 yang cukup dapat meningkatkan hormon dopamin. Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah alpukat, ikan tuna, dan bayam.

Sekian penjelasan mengenai hormon yang mempengaruhi kebahagiaan kita. Selamat mencoba dan terimakasih!