×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sebelum memodifikasi mobil, kenali dulu 7 jenis aliran keren ini

0

N/A

Sebelum memodifikasi mobil, kenali dulu 7 jenis aliran keren ini

Pilihlah sesuai keinginan kalian dengan bijak.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

05 / 03 / 2019 11:30

Memiliki sebuah mobil merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap orang. Namun terkadang kita tidak ingin memiliki mobil dengan penampilan yang biasa-biasa saja seperti produk dari pabrik. Nah, oleh karena itu dilakukan berbagai perubahan pada mobil yang kita miliki atau lebih disebut dengan modifikasi mobil.

Memodifikasi mobil tidak asal pasang ganti saja, namun juga harus memikirkan bagaimana tampilan mobil kalian kedepannya dan apakah mobilmu mampu untuk menerima modifikasi yang kalian lakukan.

Bagi para pemula yang masih belum memahami modifikasi mobil secara mendalam, pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa jenis aliran modifikasi mobil kece dan keren yang bisa kalian ikuti dan menjadi referensi bagi kalian para modifikator mobil pemula. Yuk, mari dilihat di bawah ini.

1. JDM (Japanese Domestic Market).

Modifikasi JDM

Loading...

Jenis aliran modifikasi mobil yang pertama yaitu JDM. JDM atau kepanjangan dari Japanese Domestic Market ini merupakan jenis modifikasi mobil dengan menggunakan komponen atau spare parts mobil yang langsung berasal dari Jepang dan tidak dijual di Indonesia.

Jenis aliran JDM ini dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu Pure JDM di mana semua komponen yang digunakan langsung didatangkan dari Jepang dan JDM style di mana masih ada komponen yang digunakan tidak berasal dari Jepang.

Bagi kalian yang ingin modifikasi mobil namun tetap dapat digunakan sehari-hari, jenis aliran modifikasi ini sangat cocok bagi kalian. Mengingat keunggulan dari jenis aliran modifikasi JDM ini yaitu simpel, enak dilihat, dan bisa dibawa harian.

 

2. Retro.

Modifikasi Retro

Bagi yang sangat menyukai gaya klasik, nampaknya jenis aliran modifikasi ini sangat cocok bagi kalian. Jenis aliran modifikasi retro merupakan modifikasi yang mengembalikan mobil seperti saat diproduksi di mana pada jenis aliran ini sangat mengutamakan orisinalitas dari mobil yang akan dimodifikasi.

Biasanya modifikasi ini dilakukan pada mobil-mobil klasik atau mobil era tua. Namun kalian harus siap-siap merogoh uang dalam-dalam mengingat biaya modifikasi mobil untuk tipe retro sangat tinggi dikarenakan kelangkaan komponen-komponen mobil tersebut.Tetapi bagi kalian yang sangat menyukai gaya modifikasi klasik dan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, pasti worth it deh.

 

3. DUB.

Modifikasi DUB

Bagi yang ingin menonjolkan kemewahan mobil, jenis aliran modifikasi ini sangat cocok bagi kalian. Ciri khas dari modifikasi jenis DUB ini yaitu velg krom dengan ukuran 20 hingga 26 inchi sehingga akan sangat kinclong ketika dilihat. Selain velg, cat mobil yang digunakan selalu berwarna terang dan wetlook, serta dapat ditambahkan sengan sapuan airbrush sehingga mobil akan terlihat mewah dan mengkilap.

Selain itu, ciri khas dari jenis modifikasi DUB yaitu interiornya yang elegan dan menggunakan sound system jenis SPL atau Sound Pressure Level, yaitu jenis sound system dengan dentuman bass yang sangat kuat.

Jadi ketika kalian berada di dekat mobil DUB yang menyalakan sound sytem-nya, maka kalian akan dibuat terpana oleh dentuman bass yang keluar.

 

4. VIP.

Modifikasi VIP

Sebenarnya jenis modifikasi mobil ini tidak jauh berbeda dengan DUB. Yang membedakan yaitu jika jenis DUB lebih menonjolkan kemewahan dari segi eksteriornya, maka jenis aliran VIP lebih menonjolkan kemewahan dari segi interiornya.

Modifikasi jenis VIP sangat cocok bagi kalian yang menginginkan kenyamanan dan kemewahan di dalam mobil. Jenis modifikasi VIP memiliki ciri-ciri perubahan eksterior seperti DUB, namun interiornya dibuat sangat mewah dan berkelas seperti dengan penambahan sofa bahkan minibar di dalam mobil, kursi yang dibalut dengan lapisan kulit berkualitas tinggi, dan tidak banyak aksesori yang ditambahkan sehingga menambah kesan elegan.

Oh iya, jenis sound system yang digunakan dalam jenis modifikasi VIP yaitu SQ atau Sound Quality yang artinya suara yang dikeluarkan dari sound system mobil akan memanjakan telingamu.

 

5. Hellaflush.

Modifikasi Hellaflush

Bagi kalian yang beraliran agresif, jenis modifikasi ini sangat cocok untuk diterapkan. Pada modifikasi mobil jenis Hellaflush ini sangat menonjolkan perubahan pada kaki-kaki, khususnya velg yang sangat lebar yang membuat jarak antara body mobil dengan kaki-kaki akan sangat rendah dan offset yang sangat lebar sehingga membuat ban miring seperti hendak lepas.

Prinsip dari jenis modifikasi Hellflush yaitu mobil dibuat serendah-rendahnya dengan tanah. Semakin rendah mobilmu, maka akan terlihat semakin keren.

Namun di balik modifikasi yang sangat agresif ini dapat menimbulkan berbagai masalah. Masalah yang dapat ditimbulkan yaitu mobil akan susah untuk melewati jalur tanjakan atau bahkan polisi tidur sekalipun dikarenakan jarak antara mobil dengan tanah yang sangat rendah, bahkan hampir menyentuh tanah.

 

6. Street Racing.

Modifikasi Street Racing

Jenis modifikasi ini cocok bagi kalian yang sangat suka dengan mobil balap, namun tetap dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Pada bagian eksterior modifikasi ini digunakan body kit ala balap yang ditambahkan dengan sayap di bagian belakang mobil.

Selain itu, jenis modifikasi ini menggunakan tambahan stiker-stiker bernuansa racing pada body mobil dan velg serta cakram rem yang diganti dengan model racing. Sedangkan pada bagian interior modifikasi mobil dilakukan dengan mengganti jok biasa dengan jok racing yang dipadukan dengan setir dan tampilan dashbor bernuansa racing.

Pada jenis modifikasi ini bagian mesin juga dapat diubah dengan penambahan pernak-pernik komponen mesin atau mengupgrade mesinnya agar mobil kalian semakin kental dengan nuansa racing.

 

7. Sleeper.

Modifikasi Sleeper

Jenis modifikasi mobil ini dikatakan sangat gila di mana pada modifikasi ini hanya bagian mesin saja yang diubah, sedangkan bagian lainnya akan tetap terlihat seperti mobil biasa. Biasanya mesin yang digunakan memiliki spesifikasi teknis sangat besar, bahkan mobil tersebut hampir tidak mampu untuk memenuhi kemampuan yang diberikan oleh mesin tersebut.

Ada dua perbedaan dalam penerimaan jenis modifikasi sleeper di mana ada negara yang menerima dan ada juga yang menolak. Salah satu negara yang menolak yaitu Amerika Serikat karena menganggap bahwa kinerja mobil melebihi batas dari produsen dan dianggap sebagai modifikasi ilegal.

Namun ada saja orang yang tetap nekat untuk melakukan modifikasi ini yang biasanya sering dijumpai pada drag race ilegal di malam hari.

 

Nah, itu tadi beberapa jenis modifikasi mobil yang dapat kalian jadikan sebagai referensi dalam memodifikasi mobil kalian. Kalian mau pilih yang mana? Itu terserah kalian, namun kalian juga harus mempertimbangkan biaya yang akan kalian keluarkan dan penggunaan mobil kalian. Jadi, pilihlah sesuai keinginanmu secara bijak.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red