Pernahkah kamu melihat benda seperti di bawah ini?Dimanakah kalian biasa menjumpainya? Di jalan, di pusat perbelanjaan, tempat ibadah, atau di tempat-tempat lainnya seperti kantor instansi pemerintahan?

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Bagi yang belum mengetahuinya, alat tersebut dinamakan sebagai running text atau teks yang berjalan.Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa informasi perihal running text yang mungkin belum kalian ketahui. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Definisi.

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Running text atau terkadang disebut sebagai Running Text LED merupakan media elektronik yang dapat menampilkan tulisan berjalan dan animasi yang biasanya menggunakan lampu LED, maka dari itulah terkadang disebut sebagai Running Text LED.

Lampu LED yang digunakan juga memiliki warna yang berbeda, ada yang memiliki satu warna saja seperti merah, kuning, biru, hijau, dan putih atau juga bisa memiliki gabungan warna.

2. Fungsi.

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Fungsi dari running text yaitu dapat digunakan sebagai media informasi. Dengan tampilannya yang unik dan indah, Running Text akan sangat mencuri perhatian banyak orang untuk melihat dan membaca informasi di dalamnya. Dengan adanya Running Text ini, kamu tentunya akan lebih menghemat biaya untuk mencetak baliho ataupun spanduk jika ada informasi baru.

Fungsi yang kedua yaitu sebagai sarana iklan. Hal ini dikarenakan Running Text mempunyai daya visual yang sangat menarik sehingga mampu menarik perhatian orang yang melewatinya, sehingga membuat orang tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Fungsi yang ketiga yaitu sebagai sarana rambu peringatan. Running text dapat digunakan untuk memperingatkan orang di tempat-tempat yang memerlukan perhatian khusus, seperti jalan bebas hambatan.

Dan fungsi yang terakhir yaitu sebagai penunjuk waktu. Running text memiliki fasilitas khusus untuk mengatur waktu yang menggunakan sistem RTC (Real Time Clock).

Dengan adanya fasilitas tersebut, Running Text dapat digunakan untuk menampilkan detik, menit, jam, hari, tanggal, dan juga tahun. Running text juga dapat digunakan sebagai pengingat waktu. Biasanya running text tersebut sering dijumpai pada tempat-tempat ibadah.

3. Bagaimana running text bisa jalan sendiri?

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Mungkin ada beberapa dari kalian yang bingung perihal bagaimana cara tulisan-tulisan tersebut bisa berada di runnning text secara berulang-ulang dan terus menerus walaupun tidak ada yang mengaturnya.

Jadi running text dapat berjalan sendiri karena sebelumnya sudah diatur oleh penggunanya bagaimana tulisan yang akan ditampilkan dan seberapa cepat tulisan itu bergerak.

Biasanya, pelanggan akan meminta kepada operator penjual untuk mengaturnya dan pengaturan tersebut dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan pemilik running text tersebut.

4. Spesifikasi running text.

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Bagi teman-teman yang ingin membeli running text, kalian harus tahu bagaimana ukuran dari running text agar tidak kebingungan saat mencari running text yang sesuai. Biasanya spesifikasi running text yang berada di pasaran memiliki banyak parameter.

Parameter spesifikasi running text tersebut meliputi penggunaan running text (Indoor atau outdoor), warna teks, kecerahan lampu LED, jenis lampu LED, ukuran teks yang akan ditampilkan, ukuran dari running text, konsumsi baterai, daya tahan, alat yang terkoneksi dengan running text (seperti remote, bluetooth, pc, dan sebagainya), dan garansi yang diberikan.

5. Tips membeli running text.

Sebelum membeli running text, kenali cara kerja dan spesifikasinya

Sekedar tambahan info, bagi teman-teman yang ingin membeli running text, maka kalian harus memperhatikan tips dalam membeli running text agar tidak ditipu oleh penjual. Tips tersebut yaitu sebagai berikut:

- Kualitas dan merek LED Chip

- Kualitas dan garansi Power Supply

- Penggunaan kabel yang berkualitas baik

- Daya tahan rangka Frame, dan

- Purna jual alias garansi setelah pemakaian lama

Nah, itulah tadi serangkaian informasi yang berkaitan dengan running text atau teks yang berjalan. Semoga informasi ini dapat membantu kita agar tahu tentang tulisan yang berjalan sendiri tersebut.

Dan bagi kalian yang ingin membeli running text, saya sarankan untuk mengikuti tips-tips tersebut agar tidak mudah ditipu oleh penjual karena ketidakpahaman perihal spesifikasi running text.