Tak disangka tinja dari Piero Manzoni, seniman asal Italia ini bisa begitu mahal. Semua itu lantaran ide gila dari seniman tersebut sendiri. Baginya, bahan untuk membuat karya seni itu tak terbatas., termasuk kotoran manusia. Alhasil dia menciptakan karya seni dari kotorannya sendiri.

Karya seni itu dinamakanArtist's Shit. Karya tersebut adalah tuangan 30 gram tinjanya sendiri dalam kaleng kecil. Total dia mengisi 90 kaleng kecil dengan tinjanya tersebut. Niat awal dari Piero adalah mengkritik dunia seni yang menurutnya dibangun atas dasar nilai yang tidak kuat. Dengan karyanya tersebut, ternyata publik dibuat tercengang. Satu kaleng dari karya seninya itu dijual seharga US$ 242.000 (Rp 3,18 miliar).

Kebanyakan orang yang mencari kaleng tinja milik Piero tersebut adalah para kolektor. Awal diluncurkan respon publik memang belum begitu bagus. Namun, beberapa tahun setelah itu menjadi buruan. Hal itu diketahui dari sebuah acara lelang diChristies, London, Inggris. Harga kaleng ke-51 dan 90 mencapai US$ 161.173 (Rp 2,1 miliar). Paling baru adalah ketika pembeli yang dirahasiakan identitasnya membeli karya seninya dengan harga lebih dari Rp 3 miliar.Sayangnya seniman ini meninggal dalam usia 29 tahun, tepatnya pada tahun1963.