Berawal dari kebiasaan keluarga yang suka makan roti goreng, penulistertarik untuk membuat roti goreng homemade yang resepnya dilansir dari tabloid kuliner dwi mingguan, Saji dengan sedikit modifikasi yang sesuai selera.

Resep asli yang digunakan adalah 800 gram tepung terigu, tapi untuk kali ini hanya dengan 400 gram tepung terigu. Setelah dicoba, ternyata roti goreng homemade ini tak kalah dengan roti pabrikan. Selain bebas bahan pengawet, higienis, teksturnya terasa empuk, tidak bantat, dan tentu saja masih enak dimakan walaupun sudah 4 hari. Kenapa 4 hari? Karena rotinya tak bersisa setelah 4 hari. Agar rotinya tetap lembut dan tahan lama, kamu bisa tambahkan bread improver 2 - 4 gram tiap 1 kg tepung terigu.

Untuk isiannya, kamu bebas berkreasi. Mau isian yang manis atau asin, resep bahan dasar rotinya tetap sama. Resep kali ini menggunakan selai kacang dan selai cokelat kiloan yang harganya sangat terjangkau. Nah, berikut ini bahan dan cara pembuatannya.

Bahan dasar roti:

1. 300 gram tepung terigu protein tinggi

2. 100 gram tepung terigu protein sedang

3. 1.5 sdt ragi instant

4. 75 gram gula pasir

5. 15 gram susu bubuk

6. 1 butir telur

7. 200 ml air es

8. 50 gram margarine

9. 1 sdt garam

Bahan isi:

1. Selai cokelat

2. Selai kacang

3. Sosis, mayonais pedas, susu kental manis (semuanya dicampur dengan takaran sesuai selera)

Bahan pelapis:

1. Tepung terigu, air ( campur, aduk rata, kekentalannya seperti bikin rempeyek, encer)

2. Tepung pangko kasar

3. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata.

2. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.

3. Masukkan margarine dan garam, uleni sampai elastis. Tanda adonan sudah elastis adalah bila ditarik tidak putus. Tutup adonan dengan kain atau plastik dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

4. Setelah mengembang 2 kali lipat, kempiskan adonan, timbang masing - masing 30 gram atau sesuai selera, bentuk bulat, masukkan bahan isi. Lakukan sampai adonan habis.

5. Celupkan ke dalam bahan pelapis ( adonan tepung terigu dan tepung pangko). Lakukan berulang, kemudian diamkan sampai roti mengembang.

6. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan.

7. Roti goreng homemade mantap siap disajikan.