Indonesia tak hanya memiliki pesona keindahan alam, kelezatan makanannya pun sudah terkenal hingga mancanegara. Di zaman sekarang, restoran tak hanya menawarkan sepiring makanan,tetapi juga saling berlombauntuk menciptakan spot-spot restoran yang instagramable agar dicintai banyak pengunjung.

Nah, diantara ratusan bahkan ribuan restoran yang hanya fokus menciptakan spot kekinian di tempatnya, terdapat beberapa restoran yang lebih mementingkan misi sosial dalam visi mereka. Buat kamu yang sedang hunting makanan dan ingin berbuat baik sekaligus, kamu bisa mengunjungi restoran-restoran ini.

1. Deaf Cafe Fingertalk.

Restoran di Indonesia ini punya misi sosial yang keren abis

Restoran ini memiliki menu andalan tuna saus lemon yang lezat. Udang telur asin dan kweatiau kungfu juga nggak boleh kamu lewatkan ketika hendak berkunjung ke sini. Untuk minumnya, lemon tea bisa jadi pilihan yang tepat buatmu setelah menyantap beberapa hidangan utama.

Restoran Fingertalk ini mempekerjakan anak anak muda tuna rungu, dan didampingi oleh beberapa juru masak profesional. Terletakdi daerah Pamulang, restoran ini memiliki spot kecil di mana kamu bisa membeli kerajinan dan aksesoris buatan komunitas tunarungu, baik pemuda maupun lansia. Sedangkan kafe Fingertalk yang berada di Depok, memiliki tempat cuci mobil yang dijalankan oleh kru tuna rungu. Kalau biasanya kamu hanya melamun ketika mobilmu dicuci, di kafe ini kamu bisa mencuci mobil sambil menikmati kopi atau makan lho, keren kan.

2. Viavia Jogja.

Restoran di Indonesia ini punya misi sosial yang keren abis

Restoran Viavia di Yogyakarta ini menawarkan hidangan dari seluruh dunia, mulai dari ikan tuna dari Jepang hingga sup daging sapi Flemish dan rijsttafel lokal (hidangan nasi di zaman penjajahan Belanda). Untuk minumnya, Viavia memilikijus, milkshake danteh Jawa yang nikmat abis.

Restoran ini memiliki misi untuk menciptakan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak-anak. Mayoritas staf dan manajer di restoran ini adalah perempuan. Selain itu, mereka berkomitmen untuk menciptakan keadilan dengan mengembangkan masyarakat lokal agar bisa mendapat manfaat dari kegiatan wisata. Meskipun dulu mengalami kesulitan dalam berkembang, kini Viavia dapat melebarkan sayap ke bidang lain setelah kuliner.

Selain restoran, Viavia memiliki guesthouse, tur, kelas yoga, dan toko yang menjual karya seni lokal seperti daur ulang dan organik, kerajinan tangan, produk kesehatan, rempah-rempah, dan minuman. Jika kamu datang kesini pada Jumat malam, kamu dapat melihat pameran seni dan penampilan band jazz lokal. Viavia adalah pilihan terbaik jika kamu ingin meluangkan waktu santai dan menikmati indahnya pertukaran budaya di Jogja.

3. Dapoer Bistik Solo.

Restoran di Indonesia ini punya misi sosial yang keren abis

Sama seperti namanya, hidangan utama dari restoran ini ialah bistik. Buat kamu yang belum tahu, bistik adalah potongan atau irisan daging sapi yang direndam dalam saus. Selain itu, nasi goreng di restoran ini bakal sukses bikin lidahmu bergoyang saat mencicipinya.

Dapoer Bistik adalah tempat yang menyambut mantan teroris yang telah menjalani hukuman penjara mereka. Restoran ini dikelola oleh Institut Perdamaian Internasional (IIPB), yang berfokus pada pengembangan dan pendalaman pemahaman tentang perdamaian dan konflik, kekerasan politik, terorisme dan kejahatan transnasional lainnya. Restoran ini memberi kesempatan kepada para mantan tahanan untukbekerja, dalam upaya mendorong mereka agar menjauh dari terorisme. Terletak di Solo, Jawa Tengah, restoran ini juga menyajikan makanan ringan seperti keripik yang dibuat oleh mantan tahanan.

Itu dia beberapa restoran di Indonesia yang nggak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga misi sosial yang mulia. Tertarik mengunjungi salah satunya?