Amygdala adalah bagian berbentuk almond dari jaringansarafyang terletak di temporal (sisi) lobus otak. Amygdala sendiri adalah bagian yang berfungsi merekam pengalaman emosional, seperti rasa takut, cinta, cemas, dan benci. Amygdalamerupakan bagian dari otak yang memiliki peran penting dan sangat menentukan dalam emosi, terutama emosi rasa takut. Amygdala berfungsi mengevaluasi informasi sensorik yang diterima, dan kemudian dengan cepat menentukan kepentingan emosionalnya, dan membuat keputusan untuk mendekati atau menjauhi suatu objek atau situasi (fight-or-flight). Tiap saluran membawa pesan tertentu. Bedanya, bukan ke telinga manusia tetapi ke amygdala.

Abigail Marsh dari Georgetown University mengatakan, rasa takut adalah sebuah ekspektasi atau antisipasi dari bahaya yang mungkin muncul.

Begini lho cara otak memproduksi rasa takut pada diri kita

Bayangkan di mana kita sedang melakukan kegiatan sehari-hari dan tiba-tiba mendengar suara keras di sekitar kita. Kita akan menebak-nebak, apakah itu monster, pencuri, atau alien.

Marsh menguraikan apa yang terjadi pada situasi itu. "Saraf di telinga yang mengirimkan suara itu adalah yang bagian pertama dari sistem saraf yang terlibat," katanya.

Begini lho cara otak memproduksi rasa takut pada diri kita

Sinyal kemudian akan dikirimkan ke bagian otak bernama thalamus dan kemudian ke bagian lain yang disebut amygdala. Amygdala akan melepaskan senyawa neurotransmitter, disebut glutamat. Senyawa ini adalah senyawa kimia di balik rasa takut. Pada bagian hipotalamus yang mengontrol respons perlawanan meningkatkan detak jantung dan seterusnya. Respons takut yang sampai ke kelenjar adrenalisn membuat tubuh melepaskan kortisol dan adrenalin. Selain itu, rasa takut juga membuat tubuh melepaskan glukosa ke aliran darah sebagai kekuatan bagi kita untuk melakukan perlakuan spontan apabila diperlukan. Tergantung tingkat rasa takut, tubuh merespons sinyal dengan cara berbeda.

Begini lho cara otak memproduksi rasa takut pada diri kita

Seseorang yang mengalami gangguan pada amygdala akan menyebabkan kehilanganya rasa takut pada dirinya, dan juga tidak mempunyai ekspresi rasa takut bahkan meskipun dirinya terancam dalam bahaya,jika kita masih merasa takut kehilangan harta, takut kehilangan orang yang kita sayangi, takut kehilangan pekerjaan dan jabatan atau takut membuat keputusan maka dipastikan amygdala kita masih berfungsi dengan baik.

Ketakutan sering membantu kita dengan pemeliharaan-diri. Kita memahami rasa takut, serta emosi yang terkait, dalam rangka untuk melindungi diri dari bahaya dan meningkatkan kesadaran kita. Kesadaran ini diduga dikendalikan oleh bagian otak yang dikenal sebagai amigdala. Mari kita membahas amigdala dan bagaimana fungsinya dalam kesejahteraan tubuh manusia.