Hampir satu tahun lamanya Meghan Markle menyandang gelar Duchess of Sussex, sejak pernikahannya dengan Pangeran Harry pada bulan Mei 2018 lalu. Sejak saat itu Meghan menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia, mulai dari masa lalunya, kehidupan pribadi, hingga yang tak kalah penting yakni gaya berbusananya.

Meski gaya berbusananya sering dianggap melanggar protokol kerajaan Inggris, seperti menggunakan cat kuku berwarna dan pakaian yang mengekspos bahu, namun nyatanya banyak fashionista yang menyukai Meghan karena dianggap memberikan sentuhan kontemporer dalam gaya busana kerajaan.

Salah satu hal yang patut diacungi jempol dari mantan aktris Amerika ini yakni ia terlihat sering menggunakan pakaian, sepatu, maupun aksesori dari eco-friendly brand, seperti Outland Denim, Reformation, Rothys, dan masih banyak lagi. Jadi tak heran jika Bussiness Insider (6/12/2018) memprediksi bahwa gaya berbusana Meghan Marke yang simple, trendy dan ramah lingkungan ini menjadi salah satu inspirasi tren berbusana di tahun 2019.

Nah, berikut adalah 7 busana ramah lingkungan yang pernah dikenakan Meghan di tahun 2018 yang bisa jadi inspirasi busanamu di 2019.

1. Striped Maxi Dress denganbelahan samping.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Saat kunjungannya ke Fraser Island, Queensland, Australia, pada 22 Oktober 2018 lalu, Meghan Markle mengenakan maxi dress bergaris dengan belahan tinggi di bagian kirinya. Dress ini merupakan dress dari brand Reformation, yang terkenal sebagai brand pakaian ramah lingkungan. Gaun ini tampak cantik dipadukan dengan Grear Sandal warna cokelat dari brand Sarah Flint.

2. Flowy Maxi Dress.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Meghan Markle mengenakan flowy maxi dress warna hijau dengan garis-garis warna putih dan cokelat. Saat melakukan perteman dengan OneWave, komunitas surfing yang fokus dalam peningkatan kesadaran tentang masalah kesehatan mental di Pantai Bondy, Sydney pada 19 Oktober lalu. Gaun ini merupakan karya Martin Grant yang tampak nyaman dan stylish dipadukan dengan espadrilles wedges.

3. Blazerabu-abu.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Siapa bilang pakaian berkualitas tinggi itu harus mahal, buktinya adalah blazer abu-abu yang dikenakan Meghan Markle saat berkunjung ke Australia ini. Blazer ini merupakan karya mantan petenis hebat Serena Williams. Serena dan Meghan telah lama berteman sejak 2010 lalu. Serena kini telah mewujudkan mimpinya untuk memiliki bisnis clothing berkualitas tinggi dengan harga murah yang dikhususkan untuk para ibu-ibu muda. Setelah terlihat dikenakan Meghan,blazer abu-abu Serena Williams itu habis terjual di internet. Blazer ini tampak cantik dipadukan dengan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu boot hitam.

4. Jeans hitam.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Selama kunjungannya ke Australia pada bulan Oktober 2018 lalu, Meghan Markle tertangkap kamera menggunakan jeans hitam dari brand Outland Denim sebanyak dua kali. Outland Denim merupakan brand asal Australia yang didirikan oleh James Bartle. Outland Denim fokus dalam penyelamatan para wanita, khususnya dari Asia yang menjadi korban perdagangan seks dan perdagangan ini. Outland Denim melatih para wanita yang menjadi korban ini dan kemudian memberikan mereka pekerjaan, gaji, dan kehidupan yang layak. Selain itu, Outland Denim juga menggunakan bahan katun hasil daur ulang sehingga ramah lingkungan.

5. Sepatu daridaur ulang botol plastik.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Dalam salah satu kunjungannya di pantai di Melbourne, Australia bersama Pangeran Harry, Meghan Markle mengenakan sepasang point flat shoes warna hitam dari brand Rothys, startup brand asal San Fransisco. Menariknya, sepatu ini 100% terbuat dari hasil dari botol plastik.

6. Sneakers putih.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Sneakers putih dari brand Veja asal Prancis ini menjadi pilihan Meghan Markle untuk melengkapi koleksi fashion ramah lingkungannya. Eco-friendly brand ini membuat sneakres warna putih tersebut dari kulit ikan tilapia dan susu yang yang digumpalkan. Sepatu seharga $150 ini pun langsung habis terjual di internet setelah terlihat dikenakan oleh Meghan Markle.

7. Kalung handmade dari pasta.

Ramah lingkungan, gaya busana ala Meghan Markle ini bakal jadi tren

Bukan hanya pakaian dan sepatu, aksesori yang dikenakan Meghan Markle juga ramah lingkungan loh. Saat berkunjung di Government House Melbourne, Australia pada 10 Desember 2018 lalu, Meghan mengenakan kalung handmade yang terbuat dari pasta. Kalung ini merupakan pemberian dari salah satu penggemar Meghan bernama Gavin.