Meniti jalan menjadi seorang artis bisa membuat siapa saja menjadi terkenal, dikejar fans, dan uang di tabungan makin banyak. Bertambahnya popularitas mereka terkadang mengorbankan banyak hal termasuk dunia pendidikan. Banyak di antara mereka yang karena saking sibuknya hingga melupakan sekolah, bahkan yang paling miris harus putus sekolah.

Apakah meninggalkan bangku pendidikan itu salah? Tentu saja orang bisa berbeda pendapat. Para artis tentu saja mempunyai prioritas yang mereka utamakan. Beberapa artis malah ada yang masih peduli dengan pendidikan sampai harus sekolah jarak jauh.

Nah, beberapa selebriti di bawah ini berhasil membuktikan bahwa mereka bisa mengejar ilmu di tengah-tengah kesibukan sebagai artis. Hebatnya lagi para artis yang menyabet gelar doktor alias lulusan S3 dari universitas ternama. Saya mencatat sedikitnya ada 6 nama artis yang sukses di dunia pendidikan. Berikut ulasannya.

1. Nurul Qomar

Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting H Nurul Qomar kini menjabat sebagai rektor/foto: kompas.com

Nurul Qomar atau yang lebih populer di TV bernama Qomar adalah seorang bintang komedian dan seni akting Indonesia. Bersama dengan Derry, Eman dan Ginanjar, mereka pernah membentuk grup lawak Empat Sekawan yang dikenal melalui komedi situasi Lika-Liku Laki-Laki.

Nurul Qomar yang juga terkenal dengan sebutan Haji Qomar ini lahir di Jakarta pada 11 Maret 1960. Ia adalah anak pertama dari tujuh bersaudara. Ia dan keluarga besar dari kakeknya merupakan penduduk yang tinggal di Cirebon. Ibu kandungnya adalah Hj. Siti Choridah yang lahir di Desa Sindang, Indramayu. Sedangkan ayahnya adalah KH. Achmad Yusri, seorang Alim Ulama yang berasal dari Desa Ciekek, Pandeglang,Banten.

Qomar menyelesaikan pendidikan sarjana di FISIP Universitas Islam Syekh Yusuf, lalu melanjutkan magisternya di jurusan management Universitas Krisnadwipayana. Tak cukup sampai disitu dia kini telah selesai menempuh program S3 (Doktoral) di Universitas Negeri Jakarta. Kini Qomar jarang terlihat di layar kaca, kesibukannya kali ini menjabat sebagai rektor sebuah universitas swasta di Brebes.

2. Rizal Edwin Manansang

Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting

Edwin Manansang/foto: kompas.com

Nama Rizal Edwin Manansang mungkin kurang dikenal oleh kalangan generasi muda zaman sekarang. Anggota grup Trio Libels ini mempunyai riwayat pendidikan yang sangat cemerlang. Ia tercatat pernah bersekolah di STAN dan melanjutkan kuliah melalui beasiswa S2 Ekonomi di Amerika Serikat serta pada tahun 2012. Sementara gelar S3 dia peroleh dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Butuh enam tahun lamanya bagi Edwin untuk meraih gelar doktor di UI. saat ini ia berstatus sebagai PNS di kantor Kementrian Koordinator Perekonomian

3. Alya Rohali

Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting Alya Rohali/foto: detik.com

Artis yang lahir pada 1 Desember 1976 ini dikenal sebagai presenter dan bintang sinetron. Namun sekarang Alya Rohali tidak lagi disibukkan dengan urusan dunia hiburan tanah air. Setelah menamatkan studi S2 nya di manajemen komunikasi Universitas Indonesia, mantan none Jakarta ini melanjutkan gelar S3 di bidang kenoktariatan Universitas Indonesia. Sebelumnya Alya meraih gelar sarjana di fakultas hukum Trisakti.

4. Marissa Haque

Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting

Marissa Haque/foto: Tribunnews.com

Istri dari Ikang Fawzi ini merupakan alumnnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti dalam bidang hukum perdata. Marissa Haque juga telah menyelesaikan studi S2 dalam bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atma Jaya.

Tak tanggung-tanggung artis yang juga berkarier di politik ini juga lulus sebagai magister administrasi bisnis (MBA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Hingga akhirnya dia mendapat gelar doktor pada Februari 2012 dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor IPB.

5. Chyntia Sari


Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting

Namanya lebih dikenal sebagai penyanyi dangdut padahal prestasinya dalam akademik tidak bisa dianggap sebelah mata. Chyntia Sari telah menyelesaikan studi S1 di Jurusan Manajemen dan S2 di Komunikasi. Dia kemudian melanjutkan S3 di Universitas Padjajaran dengan jurusan Psikologi.

6. Oki Setiana Dewi

Raih gelar doktor, 6 artis ini buktikan pendidikan itu penting

Oki Setiana/foto: okezone.com

Pemeran tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih ini saat ini tercatat sebagai mahasiswa S3 di Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta. Oki bisa dikatakan sebagai artis yang sangat berprestasi, tercatat ia pernah beberapa kali memperoleh short course antara lain ke Australia dan Jerman. Alumni SMA Negeri 1 Depok ini kemudian kuliah di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda pada tahun 2007 dan lulus pada 2012.

Jika kalian berpikir artis itu cuma pintar berakting dan tampil di layar kaca, mungkin setelah membaca ini kalian akan berpikir lain. Mereka adalah contoh nyata bahwa kesibukan bukanlah jadi penghalang dalam menuntut ilmu.endidikan tetap lah nomer satu. Saya sendiri sangat mengagumi mereka karena totalitas mereka dalam dunia pendidikan. Di dunia hiburan mereka berprestasi, apalagi di dunia pendidikan hal itu menjadi nilai tambah tersendiri. Meskipun sebagian dari mereka sudah tidak aktif di dunia hiburan tanah air, Tapi semangat mereka amat patut ditiru.