Apa yang terlintas di pikiran kamu mengenai kulit sehat cantik ala wanita Korea? Sebagian besar mungkin akan berpikir 10 langkah perawatan kulitdengan seabrek produknya.

Namun, selain penggunaan berbagai macam skincare, kamu bisa menemukan rahasia kulit sehat dan cantik ala aktris Korea dengan cara lebih mudah dan praktis, lho. Dalam sebuah program acara kecantikan televisi di Korea, Suzy memaparkan bahwa dirinya mendapatkan kulit wajah sehat dengan menerapkan cleansing method 4-2-4 yang sudah terkenal di Korea maupun Jepang.

Cleansing method 4-2-4 merupakan teknik membersihkan wajah dalam 3 tahap yang membutuhkan waktu 4 menit untuk membersihkan wajah menggunakan oil/milk cleanser, 2 menit membersihkan wajah dengan facial wash dan 4 menit terakhir digunakan untuk membasuh muka dengan air hangat dan dingin.

Menurut pakar kecantikan, metode ini bagus diterapkan untuk berbagai jenis kulit karena dapat merangsang kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Jadi, penasaran bagaimana menerapkan cleansing method ala Suzy? Yuk simak langkahnya.

1. Penggunaan cleansing oil selama 4 menit

Bae Suzy blak-blakan, ungkap rahasia kecantikan kulitnya

foto: dermstore.com


Jika kalian sering menggunakan double cleansing dalam perawatan kulit kamu, pasti nggak asing lagi dengan penggunaan produk pembersih untuk mengangkat kotoran dan debu di wajah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah usapkan pembersih wajah berbahan dasar oil ke seluruh wajah sambil dipijat selama 4 menit. Pemilihan produk berbasis minyak (cleansing oil) diketahui lebih mudah membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Namun, jika sulit menemukan produk cleansing oil, kamu juga bisa menggantinya dengan cleansing milk yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa juga aplikasikan dengan lembut pada bagian makeup yang waterproof agar semua terangkat dan terakhir usap dengan kapas.

2. Penggunaan facial foam selama 2 menit

Bae Suzy blak-blakan, ungkap rahasia kecantikan kulitnya

foto: lelong.com

Membersihkan wajah dengan cleansing oil saja belum cukup lho. Langkah selanjutnya dalam metode 4-2-4 adalah membersihkan wajah dengan facial foam untuk mengangkat sisa kotoran dan menyingkirkan minyak berlebih di wajah.

Kamu bisa menggunakan facial wash berbahan dasar apapun yang sesuai dengan kondisi wajah kamu. Caranya, tuang produk pada telapak tangan lalu usapkan dengan gerakan melingkar pada wajah selama 2 menit. Tidak perlu diusap dengan kasar, lakukan secara lembut ke seluruh bagian muka, ya Ladies.


3. Bilas wajah selama 4 menit

Bae Suzy blak-blakan, ungkap rahasia kecantikan kulitnya

foto: nakita.id

Setelah penggunaan facial foam, bilas wajah menggunakan air hangat dan dingin secara bergantian. Air hangat dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan membuka pori untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran.

Lakukan tahap ini dengan membawa air hangat pada telapak tangan, lalu basuh pada wajah sambil di tepuk-tepuk secara berulang selama 2 menit lamanya. Terakhir, bilas kembali wajah menggunakan air dingin selama 2 menit yang berguna untuk menutup kembali pori-pori dan memberikan efek segar di wajah.

Setelah semua tahap cleansing method 4-2-4 selesai, kamu bisa melanjutkan skincare routine kalian seperti biasa dengan menambahkan moisturizer atau serum wajah. Metode ini memang memakan waktu cukup lama bila diaplikasikan pada pagi hari sehingga kamu bisa lakukan di malam hari dan cukup aplikasikan 4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, tertarik untuk mencoba teknik ala Suzy ini?