Ayo kamu tahu gak apa bedanya tawon sama lebah? Nah, jangan sampai salah ya, karena meski keduanya termasuk dalam Hymenoptera tapi tawon punya ciri khusus selain sengat yang sama dimiliki oleh lebah.

Dilansir dari popular science, tawon pada umumnya adalah herbivora, tapi saat masih menjadi larva, tawon ini adalah pemakan daging alias karnivora. Wiih unik ya seperti manusia bisa makan segala jenis makanan.

Nah, ada fakta apa lagi yah seputar tawon ini? Penasaran? Yuk kita simak bersama di bawah ini yah.

1. Tidak menghasilkan madu.

Punya sengat kuat, ini 5 fakta unik tentang tawon

Tawon ini tidak menghasilkan madu, meski mereka memakan material tumbuhan seperti nektar tapi mereka tidak menghasilkan madu. Meski demikian tawon ini punya manfaat buat tanaman besar bagi tanaman sebagai pengendali serangga perusak tanaman seperti belalang, ulat, atau serangga hama lainnya.

2. Badan langsing dan besar.

Punya sengat kuat, ini 5 fakta unik tentang tawon

Ciri khas dari tawon ini adalah pinggang ramping yang menghubungkan thorax dan abdoman. Hal ini membuat tawon dengan mudah untuk menekuk badannya. Beberapa jenis tawon bahkan punya pinggang yang memanjang seperti spesies tawon sarang lumpur. Tawon juga tidak memiliki kerangka dalam, sehingga tubuhnya dilindungi oleh eksoskeleton alias cangkang luar.

3. Hanya betina yang punya sengat.

Punya sengat kuat, ini 5 fakta unik tentang tawon

Sengat sebagai salah satu pertahanan diri tawon hanya dimiliki oleh tawon betina, sedangkan tawon jantan tidak memiliki sengat. Berbeda dengan lebah yang hanya bisa satu kali menyengat, tawon ini bisa berkali-kali menyengat siapa saja yang berniat untuk menggangu.

Beberapa jenis tawon punya sengat sangat panjang hingga melebihi badannya sendiri. Sengat ini selain untuk menyalurkan bisa juga berfungsi untuk menyalurkan telur. Tawon ikneumonmisalnya, dia punya sengat sangat kuat hingga bisa menembus lapisan kulit kayu.

4. Hidup menyendiri.

Punya sengat kuat, ini 5 fakta unik tentang tawon

Hingga saat ini ada sekitar 75.000 spesies tawon yang sudah diketahui oleh manusia. Sebagian besar tawon ini hidup soliter di hampir sepanjang hidupnya. Mereka menjadi parasit dengan menyimpan telur-telurnya di tubuh hewan lain. Tawon soliter ini ada yang berburu hewan lain seperti ulat untuk dilumpuhkan, lalu telur diletakkan di dekatnya agar saat telur menetas sudah ada makanan untuk disantap untuk makanan dari anak-anaknya.

5. Hidup berkoloni.

Punya sengat kuat, ini 5 fakta unik tentang tawon

Selain soliter, tawon juga bisa hidup berkoloni seperti tawon vespa orientalis. Nah, tawon yang hidup dalam koloni ini punya tugas masing-masing seperi mencari makan, membesarkan larva, dan membuat sarang. Namun kasta dalam koloni tawon ini lebih sederhana karena biasanya terdiri dari ratusan tawon pekerja, seekor tawon ratu, dan pejantan pada suatu waktu.

Karena tidak menyimpan makanan tawon yang hidup di 4 musim, akan mati saat musim dingin melanda karena kelaparan dan kedingingan. Namun sejumlah tawon betina akan melakukan hibernasi dan saat musim semi, bagi tawon betina yang selamat akan membangun koloni baru.

Nah, itu tadi 5 fakta unik tentang tawon yah. Sekarang jangan salah lagi yah membedakan antara lebah dan tawon.