×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Punya banyak manfaat, ini 7 tips agar rajin minum air putih

0

N/A

Punya banyak manfaat, ini 7 tips agar rajin minum air putih

Buat yang tak suka minum air putih karena berbagai alasan, berikut tips agar kamu bisa minum air putih secara teratur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

10 / 10 / 2019 12:26

Banyak yang tidak suka minum air putih dengan berbagai alasan, entah rasanya yang hambar atau karena tidak terbiasa. Minum air putih secara teratur sangat dianjurkan untuk kesehatan juga berpengaruh pada kualitas kulit.

Minum air putih secara teratur punya manfaat seperti menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut, membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran, dan tentunya mencegah dehidrasi. Karena manfaatnya yang banyak, minum air putih menjadi keharusan. Namun banyak juga yang tidak doyan minum air putih dan menggantinya dengan minuman manis.

Lalu bagaimana cara menyiasati agar bisa minum air putih secara teratur walau tidak doyan? Berikut rangkumannya.

1. Tanamkan mindset air putih lebih sehat dan paksakan pada diri sendiri untuk mengganti minuman manis dengan air putih di kala tertentu.

Kalahkanlah rasa enggan kalian dengan mindset bahwa air putih lebih sehat. Dan tak hanya pada badan, kesehatan itu juga memengaruhi pada kecantikan, misal pada tekstur kulit.

Loading...

Nah, ketika mindset sudah terbentuk akan ada dorongan yang kuat untuk mencobanya. Namun kebanyakan orang mungkin berhasil menerapkan hanya beberapa hari lalu kembali ke kebiasaan lama. Kalian perlu memberi paksaan pada diri agar minum air putih menjadi kebiasaan. Tak harus langsung drastis dengan mengganti semua minuman manis yang biasanya dikonsumsi dengan air putih. Kalian bisa mencobanya dengan sederhana seperti minum segelas air putih di pagi hari sebelum beraktivitas. Ciptakanlah kebiasaan itu sampai hampir dua minggu, lambat laun tubuh akan beradaptasi dan menganggap air putih tak seburuk sebelumnya.

2. Minum air sebelum makan.

Selain memberi rasa segar pada mulut, minum air putih sebelum makan bisa memangkas asupan kalori dan memberikan rasa lebih cepat kenyang.

3. Air putih dingin untuk kalian yang terbiasa minum minuman es manis.

Punya banyak manfaat, ini 7 tips agar rajin minum air putih

Gambar: pinterest.com

Untuk kalian yang sudah sangat terbiasa minum manis dingin lalu berganti ke air putih dengan suhu ruang tentu rasanya tidak enak. Kalian bisa menyiasatinya dengan membuat air putih itu dingin. Walau rasa hambarnya masih terasa, namun rasa segarnya tak kalah saat kalian minum es manis.

4. Minum air putih untuk mengganjal rasa lapar yang tiba-tiba muncul.

Semisal setelah BAB terkadang akan muncul rasa lapar walau sebelumnya sudah makan, dan itu mendorong untuk ngemil. Daripada ngemil ada baiknya kalian ganti saja dengan minum air putih. Segelas air putih setelah BAB bisa mengurangi atau terkadang menghilangkan rasa lapar setelah BAB.

5. Menyiapkan air putih saat makan yang pedas.

Saat kepedasan kita akan terdorong untuk minum agar rasa peda di lidah menghilang. Daripada kalian minum es manis, cobalah minum air putih. Walau sebenarnya lebih efektif yang manis-manis untuk menghilangkan rasa peda, kepedasan akan membuat kalian banyak minum air putih secara tidak sadar.

6. Taruh segelas air putih di meja dekat tempat tidur.

Biasakanlah minum air putih itu entah 1 jam sebelum tidur agar ada waktu untuk buang air kecil sebelum tidur. Sediaan air putih di meja dekat kasur juga dapat diminum setelah bangun tidur.

7. Tambahkan "perasa" jika benar-benar tidak bisa menoleransi rasa hambar air putih.

Punya banyak manfaat, ini 7 tips agar rajin minum air putih

Gambar: Unbound Wellness

Perasa di sini yaitu irisan buah segar. Daripada menambahkan sirup atau gula yang memberi rasa manis, irisan buah tentu lebih sehat dan memberi rasa asam agak manis yang segar pada air putih kalian. Air putih jenis ini juga disebut dengan infused water.

Kalian hanya perlu menambahkan irisan buah segar (jeruk, stroberi, lemon, kiwi, semangka), rempah (basil, mint, lavender, jahe), atau sayuran (mentimun, seledri). Untuk pilihan buahnya terserah kalian, lalu diamkan beberapa jam sebelum diminum dan masukkan ke kulkas untuk rasa yang lebih segar. Memang rasa buahnya tidak terlalu terasa, namun vitaminnya tetap larut pada air dan meninggalkan rasa asam dan manis buah pada air tersebut.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red