×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pulau Kelapa Dua, destinasi yang pas banget buat liburan singkatmu

0

Jalan-Jalan

Pulau Kelapa Dua, destinasi yang pas banget buat liburan singkatmu

Mau berlibur di akhir pekan sambil menikmati keindahan laut? Pulau Kelapa Dua di Kepulauan Seribu ini cocok banget sebagai destinasi wisatamu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

12 / 09 / 2019 10:00

Pulau Kelapa Dua termasuk dalam salah satu pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Letaknya berdekatan dengan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Pulau ini hanya memiliki luas 1,9 hektar dengan jumlah penduduk sebanyak 337 jiwa. Walaupun pulaunya kecil namun banyak keunikan dan aktivitas seru lho di sana. Cocok sebagai destinasi wisata akhir pekan.

Perjalanan untuk sampai ke sana bisa memakan waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam. Dengan menaiki kapal besar dari Muara Angke biasanya kita akan berganti kapal yang lebih kecil di Pulau Pramuka. Kemudian berganti dengan perahu yang lebih kecil lagi di Pulau Kelapa ataupun Pulau Harapan. Kita bisa menyewa homestay atau penginapan di kedua pulau tersebut. Setelah tiba di dermaga, kita akan berjalan sedikit untuk menuju gerbang dengan patung penyu di atasnya. Setelah memasuki gerbang kita akan melihat bangunan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

pulau kelapa dua

Di lokasi ini terdapat gedung kantor karena pulau ini merupakan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah 1 Kepulauan Seribu. Selain itu terdapat mess untuk peneliti, mahasiswa, bahkan pelajar. Di belakang kantor terdapat tempat pelestarian penyu sisik dan penyu hijau serta bibit mangrove. Hampir di sekeliling pulau terdapat mangrove yang tumbuh hasil penanaman dengan sistem rumpun atau berkelompok. Hal ini untuk meningkatkan angka kelulushidupan mangrove di pulau yang cenderung berpasir dan ombak yang cukup besar.

Saat ini sudah cukup banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati suasana alam di pulau kecil ini. Banyak pula yang beranggapan bahwa perlu dilakukan pengembangan wisata di Pulau Kelapa Dua. Kamu tertarik berlibur di sini? Selain bisa berlibur menikmati keindahan alam, kita juga bisa belajar untuk melestarikan lingkungan lho.

Loading...

Nah, kira-kira apa saja hal seru yang bisa kita dapatkan saat liburan bersama teman dan keluarga?

1. Melihat pelestarian penyu yang lucu dan melepas tukik.

pelestarian penyu di pulau kelapa

foto: dok.pribadi

2. Melihat bibit mangrove yang belum ditanam.

bibit mangrove di pulau kelapa dua

foto: dok.pribadi

3. Melihat rumah panggung penduduk yang merupakan keturunan Suku Bugis, sang pelaut ulung.

rumah penduduk kelapa dua

foto: lintaspulauseribu.com

4. Berfoto di tengah hutan mangrove.

mangrove pulau kelapa dua

foto: tirto.id

5. Bermain kayak di laut bersama teman.

bermain kayak

foto: dok.pribadi

6. Makan di Ecoresto Zaenab yang langsung bersentuhan dengan alam.

ecoresto zaenab

foto: jakarta.tribunnews.com





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red