Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai manifestasi prilaku seperti gerakan, mimik wajah, ingatan dan lain sebagainya. Dari ilmu psikologi ini lah kita bisa mempelajari tentang bagaimana prilaku seseorang yang sedang sedih , marah dll.

Selain itu ilmu psikologi sering dimanfaat kan oleh para pesulap, mentalis, hipnotis, dan lainnya untuk keperluan hiburan. Dengan menggunakan persepsi penonton agar terlihat seperti sebuah sihir. Dengan psikologi kamu bisa membuat sebuah permainan yang menyenangkan namun pasti kamu berpikir pasti sulit untuk bermain dengan menerapkan ilmu psikologi sedangkan kamu tidak memiliki ilmu mengenai itu.tapi jangan khawatir kok beberapa permainan yang sangat kental dengan ilmu psikologi yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini. Sangat menyenangkan dan mudah di mainkan

1. Jari Lengket

4 Permainan psikologi yang bisa kamu mainkan bareng temen se-geng
Yang ini bisa dilakukan sendiri, atau dengan orang lain.Pertama, Anda harus menggenggam tangan Anda.Tidak bersama seolah-olah Anda sedang berdoa tetapi saling mengunci jari-jari Anda dan membengkokkannya, seolah-olah Anda akan melakukannya jika Anda memegang tangan seseorang.Anda kemudian meletakkan dua jari telunjuk Anda (jari telunjuk) di tegakkan, buatlah jarak antara jari telunjuk tersebut sehingga mereka tidak bersentuhan sambil menjaga jari yang lain agar tetap rapat.

Biasanya, apa yang akan Anda temukan setelah beberapa detik adalah bahwa jari telunjuk Anda perlahan-lahan akan mulai mendekati satu sama lain sampai akhirnya mereka menyentuh.Ini adalah respons otomatis dan trik ini tidak akan berhasil jika ia menahan pergerwkan jari telunjuknya.Ketika meminta orang lain untuk melakukan ini, Anda dapat berpura-pura untuk mengikat tali tak terlihat di sekitar jari telunjuk mereka sehingga memberi mereka ilusi bahwa Anda melakukannya.Prinsip di balik bagaimana trik ini bekerja adalah gerakan ideomotor (atau ideomotion).

2.Pendulum

4 Permainan psikologi yang bisa kamu mainkan bareng temen se-geng

Trik pikiran sederhana lainnya berdasarkan ideomotion adalah pendulum.Anda dapat membuat bandul dengan mengikat koin atau kunci pada seutas tali.

Trik yqng bisa digunakandengan bandul ialah menjadi alat pendeteksi kebohongan lho. Jika searah jarum jam berarti jawabannya "ya" dan "tidak" untuk berlawanan arah jarum jam dan kemudian menanyakan pertanyaan bandul.Tentu saja, semua gerakan adalah hasil dari ideomotion dan dilakukan tanpa sadar tetapi prinsip yang sama ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengubah pendulum menjadi pendeteksi kebohongan!

Cukup minta teman atau anggota keluarga Anda untuk memegang pendulum dan mengajukan pertanyaan kepada mereka tetapi hanya menjawab dalam pikiran mereka.Jika mereka memegang jawaban itu dalam pikiran mereka, bandul biasanya akan mulai berputar baik searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam berdasarkan jawaban mereka. Dean sebenarnya merekalah yang menggerakan pendulum itu sendiri, mereka hanya tidak menyadarinya. Sebenarnya Alat pendeteksi kebohongan yang asli (mesin polygraph) memiliki cara kerja yang sama dengan pendulum hanya saja polygraph lebih canggih dibandingkan dengan pendulum ini.

3. Mengangkat teman menggunakan jari

4 Permainan psikologi yang bisa kamu mainkan bareng temen se-geng

mungkin kamu pernah memainkan permainan ini. Disini kamu dan teman - temanmu bertugas untuk mengangkat 1 orang yang berbadan besar. Yang menjadi unik dalam permainan ini kamu dan teman - temanmu harus mengangkat dengan 2 jari telunjuk saja. Kedengarannya mustahil dan pasti sangat sulit namun banyak orang membuktikan bahwa hal itu sangat mudah di lakukan.

Sebenarnya ilmu fisika telah menjelaskan bahwa perpindahan dan gerak dapat berubah dengan titik berat. Dengan mengubah titik berat, maka kita dapat meletakkan benda atau menjatuhkannya. Karena orang yang duduk tetap kaku, maka berat badannya dibagikan secara merata pada empat orang yang mengangkat.

Selain itu psikologi juga menjelaskan bahwa permainan ini merupakan permainan yang memanfaatkan kekuatan sugesti.

4. Permainan memilih

4 Permainan psikologi yang bisa kamu mainkan bareng temen se-geng

Dalam permainan ini kamu bertugas memberikan sebuah pertanyaan " jika ada 3 pintu yang perlu kamu lewati dimana masing masing pintu di penuhi dengan hal hal yang berbahaya seperti pintu 1. Berisi ninja yang siap membunuh kamu 2. Berisi singa yang lapar dan belum makan selama 4 hari. 3. Berisi api yang panas memenuhi seluruh ruangan. Jadi ruangan mana yang akan kamu pilih??"

Jawaban yang benar dari pertanyaan ini ialah pintu yang kedua karena jika singa tidak makan 4 hari berarti sang singa sudah mati karena kelaparan. Mungkin permainan ini terlihat sepele namun banyak orang terkecoh dan tidak menyadari jawaban tersebut. Permainan ini penah di praktekkan dalam sebuah acara televisi Amerika yang bernama brain games di national geografic channel.

Dari ke 4 permainan ini mana yang ingin kamu praktekkan ke teman - teman mu??