Rambut rontok memang tidak mengenal usia. Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalaminyadan kinibahkananak-anak remaja juga ternyata rentan mengalami kerontokan rambut. Hal ini bisa saja menjadi sebuah tanda kalau ada sesuatu yang sedang terjadi.

Memang benar kalau pria rentan mengalami rambut rontok daripada wanita. Tapi penipisan rambut dan rambut rontok juga umum pada wanita, dan tidak sedikit yang demoralisasi. Alasannya bisa dari yang sederhana seperti kekurangan vitamin hingga yang lebih rumit, seperti kondisi kesehatan dasar.

Rambut rontok pada masa remaja bisa berarti seseorang mungkin sakit atau hanya tidak makan dengan benar. Beberapa obat atau pengobatan medis (seperti kemoterapi) juga bisa menyebabkan rambut rontok. Bahkan seseorang bisa rontok rambutnya kalau mereka suka gonta-ganti gaya rambut (seperti kepang)yang kini sering dilakukan remaja.

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Rambut rontok pada remaja bisa juga dikarenakan stress. Sering kali, rambut rontok saat remaja itu bersifat sementara. Dengan kerontokan rambut yang sementara, rambut biasanya akan tumbuh kembali setelah masalah yang menyebabkannya diobati. Rambut itu terdiri dari semacam protein yang disebut sebagai keratin.

Satu helai rambut memiliki batang rambut (bagian yang terlihat), akar dibawah kulit, dan folikel. Folikel ini adalah di mana warna pigmen rambut, atau melanin, dihasilkan. Kebanyakan orang rambutnya rontok sekitar 50 sampai 100 helai rambut per hari. Rambut-rambut ini diganti dengan rambut yang tumbuh kembali dari folikel yang sama di kepalamu.

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Jumlah kerontokan rambut itu benar-benar normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kalau rambutmu rontok lebih dari itu, berarti, mungkin memang ada hal yang salah. Kalau kamu mengalami rambut rontok dan tidak tahu apa penyebabnya, kamu bisa langsung berkonsultasipada doktermu. Seorang dokter bisa memastikan kenapa rambutmu iturontok dan mereka bisa memberi saran pengobatan yang tepat, kalau memang diperlukan.

Nah, kamu bisa simak di bawah ini, ada beberapa penyebab penyebab rambut rontok parah pada remaja, check this out!

1. Obat-obatan medis

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Terkadang resep obat dokter memiliki efek samping yang bisa menyebabkan rambut rontok parah pada remaja. Hal ini termasuk obat-obatan anti-tiroid, terapi hormon (seperti pil KB), anti-convulsant (untuk epilepsi), anti-koagulasi, beta-blocker, dan banyak lagi. Obat-obatan ini cenderung menyebabkan telogen effluvium, perontokan rambut secara bertahap yang terjadi ketika banyak rambut yang tiba-tiba bergeser dari fase bertumbuh (dikenal sebagai anagen) ke fase istirahat (dikenal sebagai telogen), dan kemudian rontok ketika rambut baru mulai tumbuh.

2. Penyakit atau kondisi medis

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Kondisi endokrin (hormonal), seperti diabetes yang tidak terkontrol atau penyakit tiroid, bisa mengganggu produksi rambut menyebabkan rambut rontok. Orang dengan lupus juga bisa mengalami rambut rontok. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam gejala ovarium polikistik bisa menyebabkan rambut rontok pada remaja wanita dan juga wanita dewasa.

3. Alopecia areata

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Penyakit kulit ini menyebabkan rambut rontok pada kulit kepala dan terkadang ditempat lain dibagian tubuh. Sekitar 1 dari 50 orang mendapatkan tipe alopecia ini pada titik tertentu dalam hidup. Peneliti berpikir kalau alopecia areata adalah gangguan automun dan folikel rambut itu dirusak oleh sistem imun orang itu sendiri. Alopecia areata biasanya mulai sebagai satu atau lebih petak bulat di kulit kepala.Ini bisa membesar. Dalam sedikit kasus, orang akan kehilangan seluruh rambutnya. Baik pria maupun wanita bisa mengalami ini, dan sering kali dimulai dalam balita. Rambutnya biasanya tumbuh kembali dalam waktu setahun, tapi tidak selalu. Terkadang orang dengan alopecia areata kehilangan rambut mereka lagi.

4. Perawatan dan mengatur gaya rambut

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Perawatan yang menggunakan bahan kimia, seperti warna rambut, pemutih, dan meluruskan bisa menyebabkan kerusakan rambut yang membuat rambut patah atau rontok sementara (rambut rontok parah pada remaja ). Hal yang sama bisa terjadi ketika menggunakan terlalu banyak panas pada rambutmu (seperti menggunakan setrika panas atau pengering rambut panas). Tipe kebotakan lain yang datang dari pengaturan gaya rambut bisa permanen: Menggayakan rambutmu yang menarik rambut terlalu ketat bisa menyebabkan sesuatu yang disebut sebagai alopecia traksi. Alopecia traksi bisa memberikan kerusakan permanen pada folikel rambut kalau kamu menggunakan gaya rambut yang menarik rambutmu dalam waktu yang lama. Kalau kamu membuat gaya rambut dan terasa sakit, minta stylist nya mengulanginya supaya tidak sakit. Rasa sakit itu tanda terlalu banyak tarikan pada rambut.

5. Nutrisi buruk

Penyebab rambut rontok parah pada remaja, termasuk salah atur gaya

Tidak makan makanan sehat yang cukup bisa membuat rambut rontok, inilah mengapa beberapa orang dengan gangguan makan seperti anorexia dan bulimia kehilangan rambut mereka. Tubuh tidak mendapatkan protein, vitamin, dan mineral yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rambut. Beberapa orang yang vegetarian juga bisa mengalami rontok kalau mereka tidak mendapat cukup protein dari sumber non-daging. Dan beberapa atlet memiliki risiko lebih tinggi mengalami rambut rontok karena mereka cenderung membentuk ketidakseimbangan zat besihingga anemia.