Mungkin kamu pernah mendengar nama penyakit yang satu ini, atau mungkin kamu salah satu pengidap penyakit unik ini? Mungkin sebagian besar penyakit latah di idap oleh ibu - ibu tapi tidak menutup kemungkinan pada pria atau remaja mengidap penyakit ini. Latah merupakan kondisi dimana seseorang dengan tanpa sadar mengeluarkan kalimat tertentu secara berulang hal ini terjadi karena sang penderita latah sedang kaget atau situasi yang tidak pas dalam dirinya. fakta unik lainnya dari latah ialah penyakit ini hanya ada di daerah asia tenggara saja seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan lainnya.

Para ahli sebut sering latah adalah penyakit psikologis akibat budaya
Pada tahun 1994, dalam pedoman DSM IV, mengakui latah merupakan salah satu penyakit yang terikat dengan budaya dan tidak terikat oleh faktor patologi dalam tubuh. Ini merupakan hal yang menarik di kalangan ahli psikologi barat karena sebagian ahli beranggapan bahwa penyakit mental merupakan akibat dari masalah biologis atau ketidak seimbangan syaraf.


Seperti menurut penelitian Tanner dan Chamberland pada tahun 2001, penyebab utama latah adalah stress. Pengalaman hidup yang membuat stress (seperti meninggalnya suami, stress finansial, dan lain-lain) dapat menjadi faktor pemicu latah. Ada pula yang bermimpi tentang sesuatu yang absurd dan berhubungan dengan konteks seksual (bermimpi tentang penis dan elemen-elemen seksual) yang akhirnya malah menjadi objek latah mereka.

Para ahli sebut sering latah adalah penyakit psikologis akibat budaya

Sementara itu, Osborne (2001) menyatakan bahwa latah merupakan bentuk ekspresi emosional seseorang dalam budaya orang-orang dengan kondisi yang memprihatinkan, seperti kemiskinan atau penindasan. Perempuan dinilai lebih mendalami kondisi ini daripada laki-laki sehingga lebih mudah bagi perempuan untuk latah.

Para ahli sebut sering latah adalah penyakit psikologis akibat budaya

Jika orang - orang di sekitarmu atau mungkin dirimu yang mengalami penyakit latah ini, jangan dibiarkan karena bisa sangat berbahaya bagi dirinya bahkan orang disekitarnya. Jika perlu bawalh ke psikolog atau psikiater agar segera di berikan penanganan khusus kepada penderita.