×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penggunaan tak tepat, 8 item rumahan ini bisa berbahaya bagi kesehatan

0

Duh

Penggunaan tak tepat, 8 item rumahan ini bisa berbahaya bagi kesehatan

Untuk meminimalisir bahayanya, patuhi petunjuk penggunaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

08 / 05 / 2020 11:10

Pemutih mungkin merupakan salah satu item rumahan berbahaya yang paling kita kenal. Tetapi, ternyata selain itu ada banyak item rumahan lain yang dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan. Benda-benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa jadi terbukti tidak sehat bagi tubuh.

Berikut ini adalah daftar produk rumah tangga yang dapat menjadi tidak sehat dan berbahaya jika digunakan dengan tidak benar.

1. Aluminium foil.

Aluminium Foil

Barang rumah tangga yang praktis ini bisa memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan karena partikel aluminium dapat ditransfer melalui makanan. Menurut sebuah penelitian, ketika memasak makanan dengan dibungkus aluminium foil, kamu kemungkinan bisa mengonsumsi tawas dengan kadae yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Efek kesehatan dari makan terlalu banyak tawas dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit Crohn. Efek menggunakan aluminium foil dengan salah dapat membuat hidup tidak nyaman dengan menyebabkan flareup pada kondisi yang sudah ada.

Loading...

2. Panci anti lengket.

Panci Anti Lengket

Di luar keuntungan yang diberikan dalam hal menghemat waktu saat membersihkan, panci anti lengket dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius jika penggunaannya tidak tepat. Benda ini dilapisi bahan kimia polyfluoroalkyl (PFC) sehingga dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan.

Penelitian telah menemukan bahwa PFC dapat masuk ke dalam makanan dari panci anti lengket serta dari kemasan makanan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 98% populasi AS secara mengejutkan memiliki kandungan PFC dalam darahnya saat diuji.

3. Pengering dan pembersih oven.

Pembersih Oven

Karena pengering dan pembersih oven dirancang untuk menghilangkan debu serta penyumbatan, mereka bisa berbahaya bagi kesehatan jika salah digunakan. Pembersih oven mengandung alkali korosif yang berarti dapat menyebabkan luka bakar, masalah pernapasan, dan lebih banyak lagi jika terhirup atau tumpah pada kulit.

Pembersih saluran air juga memiliki risiko kesehatan jika terhirup, tertelan, terkena mata dan dapat menyebabkan keracunan. Ini karena benda tersebut mengandung Sulfur Trioxide dan Sulfuric Acid, bahan-bahan yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka patuhi petunjuk penggunaannya dengan benar untuk meminimalisir tingkat bahayanya.

4. Wadah penyimpanan plastik.

Wadah Plastik

Wadah penyimpanan plastik berguna untuk membawa bekal ketika sedang bepergian. Namun wadah itu juga bisa memasukkan bahan kimia jahat ke dalam makanan jika kamu menggunakan microwave untuk memanaskannya. Bahan kimia ini disebut BPA dan itu berasal dari konsumsi plastik, seperti kotak penyimpanan dan botol. Memanaskan kotak plastik dalam microwave dapat berarti kamu akan mengonsumsi makan lebih banyak BPA, yang berdampak pada kondisi kesehatan yang serius seperti kanker, infertilitas, diabetes, dan obesitas.

5. Pengharum ruangan.

Pengharum Ruangan

Kita semua pasti menyukai pengharum ruangan yang memiliki dampak baik untuk meningkatkan kenyamanan di rumah, entah itu untuk menutupi bau tidak sedap ataupun  untuk menyegarkan rumah. Namun menurut beberapa penelitian, semprotan satu ini ternyata juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Satu studi mengatakan bahwa pengharum ruangan yang dipakai berlebihan dapat memengaruhi perkembangan reproduksi, dan yang lain menyiratkan bahwa benda itu dapat menyebabkan migrain serta masalah pernapasan.

6. Kamper.

Kamper

Kapur barus atau kamper sangat praktis untuk menjaga pakaian tetap segar dan terlindung dari serangga. Namun di sisi lain, kamper juga bisa menyebabkan masalah kesehatan karena mengandung naftalena yang menguap dan memberi kapur barus aroma. Senyawa itu dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah jika terhirup secara berlebihan. Menghirup kapur barus secara berlebihan dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti katarak dan komplikasi hati.

7. Baterai.

Baterai

Baterai adalah sesuatu yang pasti dimiliki dan butuhkan, tetapi baterai juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika digunakan secara tidak benar. Ini karena banyak baterai yang dibuat dengan asam sulfat yang berbahaya bagi kulit jika bocor.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa baterai lithium-ion yang digunakan di ponsel bisa sangat berbahaya jika rusak. Ini karena mereka dapat melepaskan gas fluoride beracun yang berbahaya bagi kesehatan, terutama jika baterai terbakar.

8. Pemutih.

Pemutih

Hampir setiap rumah memiliki pemutih, bahan kimia yang menjamin rumahmu bersih. Bahaya pemutih pun terkenal karena dapat menyebabkan luka bakar, kebutaan, dan masalah pernapasan. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa masalah kesehatan yang disebabkan saat menggunakannya dengan tidak benar biasanya terkait dengan gejala asma. Ketika digunakan untuk membersihkan, mencampur pemutih dengan produk pembersih lainnya bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan asap dan gas berbahaya seperti gas klor.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red