×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Patut dikunjungi, ini 5 pantai paling indah dan populer di Bantul

0

Jalan-Jalan

Patut dikunjungi, ini 5 pantai paling indah dan populer di Bantul

Keindahan pantai laut selatan di Jogja memang nampak begitu eksotis, seperti halnya ditawarkan oleh pantai di Bantul.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Burhan Sanjaya

30 / 01 / 2020 13:30

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi yang memiliki cukup banyak objek wisata alam. Berbagai jenis wisata ada di sana seperti air terjun, hutan pinus, sungai, goa hingga pantai-pantai di Jogja pun sudah terkenal sejak dulu kala dan memiliki panorama epic bagi para traveler seluruh Indonesia. Ada dua kabupaten di Yogyakarta menyumbang wisata pantai yang kece, yakni Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul.

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten tak pernah sepi peminat wisatawan selain Kabupaten Gunungkidul. Lantaran tempat wisata di Bantul itu cukup banyak, terutama pantai Bantul yang juga terkenal eksotis. Dari sekian banyak pantai tersebut paling legend apa lagi kalau bukan Pantai Parangtritis.

Nah pada kesempatan ini akana dibahas beberapa wisata pantai di Bantul yang paling populer.

1. Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis

Loading...

Pantai Parangtritis merupakan pantai paling di populer di Yogyakarta yang berada di Kabupaten Bantul. Pantai legend ini memiliki ciri khas seperti pantai selatan lainnya, yakni mempunyai ombak besar. Mungkin itulah penyebab utama para wisatawan dilarang berenang di sana.

Walaupun demikian, terdapat banyak kesenangan di sini, seperti berburu keindahan sunrise dan juga fenomena sunset. Selain itu kegiatan seperti menunggang kuda dan menaiki kendaraan ATV sembari menyusuri bibir pantai merupakan kegiatan menyenangkan loh.

Meski Pantai Parangtritis itu begitu erat kaitannya dengan keberadaan Nyi Roro Kidul, namun tetap saja wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara begitu berminat menikmati panorama Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo.

Pantai Parangkusumo

Pas di samping Pantai Parangtritis terdapat pantai tak kalah indah, yakni Pantai Parangkusumo. Panorama yang ditawarkan oleh pantai Yogyakarta ini begitu nampak indah dengan adanya gulungan ombak besar dan air laut terlihat biru eksotis.

Di lokasi wisata pantai juga kerap kali dilakukan berbagai ritual khusus khas Bantul. Justru hal tersebut semakin membuat Pantai Parangkusumo populer. Seperti ritual berkah laut. Maksud ritualnya yakni para nelayan dan warga sekitar mencari berkah dari laut. Sama halnya wisata pantai Parangtritis, di sini pun juga mempunyai suasana mistis dan dikenal ada salah satu lokasi dijadikan sebagai tempat bertapa para warga.

3. Pantai Goa Cemara.

Patut dikunjungi, ini 5 pantai paling indah dan populer di Bantul

Letak pantai Goa Cemara berada di Dusun Gadingsari, Kecamatan Sradakan, Kabupaten Bantul. Bisa dibilang bahwa pantai Bantul ini cukup unik lantaran sepanjang bibir pantai didominasi oleh pohon cemara. Pohon-pohon cemara tersebut memang disengaja ditanam masyarakat setempat agar menahan tiupan angin laut sehingga memudahkan petani bercocok tanam di sekitar pantai.

Malah justru keberadaan tanaman pohon cemara tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu juga terdapat mercusuar setinggi 40 meter yang boleh dinaiki oleh pengunjung pantai tapi tetap ada pungutan biaya sebesar Rp5 ribu per orang. Di sini kamu juga bisa kok menyusuri pantai menggunakan kendaraan ATV.

4. Pantai Baru.

Patut dikunjungi, ini 5 pantai paling indah dan populer di Bantul

Seperti halnya pantai-pantai selatan Bantul lainnya, di Pantai Baru pun juga terkesan mistis yaitu sejarah Pantai Baru mengandung mistis belum seluruhnya terungkap. Kawasan Pantai Baru tak bisa dipisahkan dari keluarga keraton Jogja. Sampai sekarang tak banyak orang tahu mengapa keluarga keraton menjadikan lokasi pantai sebagai tempat pertapaan.

Selain memiliki panorama alam menakjubkan, pun menawarkan kegiatan menarik seperti wisata edukasi. Berada di luas lahan pantai mencapai 4.000 meter, wisatawan bisa menyaksikan beberapa energi terumbu karang yang sedang dikembangkan oleh Pemerintahan Kabupaten Bantul. Seperti kita ketahui usia Bumi sudah melebih jutaan tahun, oleh sebab itu perlu adanya energi baru untuk terus memenuhi kebutuhan manusia.

5. Pantai Depok.

pantai depok liputan6.com/regional/read/3225954/ingin-latihan-atau-pura-pura-prewedding-ke-pantai-depok-saja#

Foto: https://www.liputan6.com/regional/read/3225954/ingin-latihan-atau-pura-pura-prewedding-ke-pantai-depok-saja#

Lokasi pantai tak jauh dari Pantai Parangkusumo, kamu bisa menemukan pantai terindah di Bantul lainnya. Pantai Depok tak cuman menyajikan keindahan alam saja, tapi wisata kuliner di sana pun enak-enak loh.

Berada di kawasan pantai terdapat ikan segar yang selalu menyediakan menu seafood fresh dari tangkapan para nelayan. Wisatawan pun juga bisa membeli berbagai jenis ikan dan makan laut lainnya di pantai ini, lalu dibakar atau dimasak menyesuaikan selera. Posisi warung menghadap laut juga menjadikan daya tarik tersendiri.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red