Dalam beraktivitas sehari-hari, tingkat kreativitas sangat dibutuhkan untuk dapat menunjang kegiatan agar lebih produktif. Tingkat kreativitas seseorang dapat diukur dari cara mereka menyelesaikan masalah, membuat suatu rencana, dan cara mereka bekerja. Biasanya, orang yang menggunakan kreativitas mereka dalam beraktivitas akan terlihat lebih bersemangat, berbanding terbalik dengan mereka yang beraktivitas tanpa menggunakan kerativitas, akan terlihat seperti orang yang bermalas-malasan.

Tingkat kreativitas seseorang dapat dikendalikan oleh orang tersebut, semuanya tergantung niat dan keinginan. Jika kamu salah satu orang yang susah untuk mengeluarkan kreativitas kamu, jangan takut! Ada beberapa hal yang mampu memicu keluarnya tingkat kreativitas seseorang, mau tau apa saja hal itu? Yuk, kita ulas satu per satu!

1. Tidur dengan waktu yang dianjurkan.

5 Hal yang mampu memicu tingkat kreativitas dalam diri

Pada dasarnya, setiap manusia akan tertidur di malam hari minimal 7-8 jam untuk mendapatkan kembali energi di hari esok. Dengan tidur sesuai waktu yang dianjurkan akan menyegarkan kembali tubuh kamu, selain itu, otak juga akan memperkuat ingatan atau yang sering disebut dengan konsolidasi memori otak. Layaknya baterai yang telah diisi kembali, otak kamu siap untuk kembali diisi dengan ide ide baru, dan setelah itu dapat kamu praktekkan saat beraktivitas.

2. Sarapan pagi dengan makanan bergizi.

5 Hal yang mampu memicu tingkat kreativitas dalam diri

Saat perut terasa lapar ketika beraktivitas, efek yang paling sering dirasakan yaitu kemampuan otak yang menurun dan susah untuk berpikir. Hal seperti ini dapat mengganggu tingkat kreativitas seseorang karena pada saat itu yang ada didalam otak hanya pikiran tentang makanan. Ada baiknya ketika sarapan pagi, kamu menyantap telur & roti, atau sayur & buah. Selain kenyang makanan tersebut juga dapat memberi efek yang baik untuk otak.

3. Rutin berolahraga.

5 Hal yang mampu memicu tingkat kreativitas dalam diri

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, rutin berolahraga juga mampu memicu tingkat kreativitas seseorang, loh! Dengan berolahraga, secara alami tubuh akan membersihkan hormon korsitol & hormon stres dari diri kamu. Tidak perlu melakukan olahraga berat, realisasikan hal ini dengan berolahraga ringan seperti bersepeda / jogging dipagi hari, atau disaat bekerja, lakukan stretching dan berjalan dari meja kerja untuk menghilangkan rasa penat.

4. Rajin membaca.

5 Hal yang mampu memicu tingkat kreativitas dalam diri

Dengan membaca, ada banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Ya, buku adalah gudang ilmu, ada banyak ilmuwan yang di dunia ini yang mempunyai hobi membaca buku. Dengan membaca buku, kamu dapat memperluas pengetahuan dan juga bisa menunjang otak kamu untuk membentuk suatu ide, selain itu, dengan membaca buku akan menambah memori diotak kamu yang suatu saat akan berguna untuk menghasilkan kreativitas.

5. Beri waktu pada otak untuk beristirahat.

5 Hal yang mampu memicu tingkat kreativitas dalam diri

Sesuatu yang dipaksakan tidak akan berjalan sempurna, begitu pula dengan kinerja otak manusia. Pada saat mencapai titik tertentu, otak harus diistirahatkan beberapa menit untuk mengisi kembali energi yang telah dibuang. Disaat istirahat itu, lakukanlah hal ringan yang membuat otak tidak terlalu aktif, diselingi juga dengan menyantap buah-buahan untuk membantu mengisi energi yang telah hilang.

Tingkat kreativitas mempunyai peran penting di dalam kehidupan ini. Untuk membuat keseharian kamu lebih produktif, gunakan kreativitas dan rasakan efek yang dihasilkannya.