Kepada siapapun kita mengirim email,tentu harapannya mendapat tanggapan yang jelas sehingga komunikasi yang dibangun berjalan dengan lancar. Untuk itu ada strategi khusus yang bisa kamu praktikkan pada saat meramu email agar siapapun penerimanya termasuk para high level yang super duper sibuk akan tertarik membaca dan langsung membalas email kamu. Ini cara-cara yang bisa kamu coba.

1. Minta jawaban secepatnya lewat subject line.

Penambahan kata "RESPONSE NEEDED" pada subject line yang menyatakan bahwakamu membutuhkan balasan secepatnya akan memberi semacam urgensi bagi si penerima.

2. Ulangi beberapa kali penulisan nama penerima email.

Hasil riset mengenai brain activation oleh Copyblogger mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang menyenangkan ketika seseorang melihat namanya tertera di email atau surat. Hal itu dikarenakan, nama merupakan identitas dan dengan mengulanginya beberapa kali di dalam email, seseorang seperti mendapat pengakuan.Kamu bisa memosisikannya di dalam subject email, greeting, dan penutup email. Contohnya seperti di bawah ini.

"[RESPONSE NEEDED] Sewa Ruang Event Tanpa Bayar!"

"Dear Chandra, menyambung perbincangan mengenai pemesanan ruang event ..." dan

"Terima kasih Chandra"

3. Tulis email yang tak terlalu panjang.

Orang akan malas membaca rentetan kalimat yang terlalu panjang. Setelah salam, sebaiknya langsung jelaskan apa maksud dari emailkamu. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh platform email marketing, Boomerang, jumlah kata yang pas untuk email adalah antara 50-125 kata. Lebih dari itu kemungkinan untuk orang membalasnya akan semakin berkurang.

4. Sisipkan kata sifat yang memperkuat pesanmu.

Positif maupun negatif, kata sifat yang kamu sisipkan di tengah-tengah kalimat dapat membangun emosi yang diinginkan. Namun, tetap perhatikan kesopanan dalam penyusunan kalimatnya terutama bila email yang akan kamu kirimkan berisi kritik atau keluhan. Contohnya seperti berikut ini.

"Saya kecewa dengan pelayanan di toko Anda, karena pegembalian barang yang saya beli ditunda. Tolong segera tindak lanjuti masalah ini."

5. Humor bukan hal terlarang.

Bisa jadi kamu sudah 2 kali mengirim email kepada seseorang, namun belum juga mendapat kabar balasan. Ada baiknya bila kamu mengirim satu kali lagi email yang dibumbui dengan sedikit humor. Tak mustahil bila kali ini ia justru akan membalasnya. Misalnya seperti ini.

"Hai Chandra,

Berkaitan dengan pemesanan ruang event saya kirimkan 2 minggu lalu, sampai saat ini saya belum mendapat konfirmasi dari Bapak Chandra.

Poin berapa di bawah ini yang menjadi alasan Anda?

1. Anda tidak jadi menyewa ruang event tapi tidak enak untuk berterus terang

2. Anda terlalu sibuk untuk menghubungi saya

3. Anda tertarik untuk memesan hanya saja tidak suka dengan ruang event yang kami pilihkan

Mohon beri kabar secepatnya karena kami segan terus memenuhi inbox email Anda :)"

Nah, cara-cara tersebut bisa coba kamu terapkan jikaemail pentingmu tak segera mendapatkan jawaban.Good luck!