Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral tulang dan disertai dengan rusaknya komponen penyusun tulang sehingga menyebabkan pengeroposan tulang.

Osteoporosis merupakan penyakit yang dijuluki sebagai silent epidemic disease karena menyerang secara diam-diam tanpa adanya tanda-tanda khusus sampai penderita mengalami patah tulang. Namun jangan khawatir, osteoporosis dapat kamu kendalikan sejak awal, khususnya buat kamu yang berusia 8-17 tahun karena pada periode ini pemadatan dan pertumbuhan tulang mencapai 90 persen.

Berikut ini langkah-langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulangmu :

1. Tingkatkan konsumsi kalsium

3 Tips terhindar dari Osteoporosis, penyakit diam-diam menghanyutkan

Kalsium berfungsi untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kalsium dapat membantu meningkatkan kepadatan tulangmu. Brokoli, susu kedelai, bayam, ikan salmon, kismis merupakan contoh makanan yang kaya akan kandungan kalsium.

2. Olahraga teratur

3 Tips terhindar dari Osteoporosis, penyakit diam-diam menghanyutkan

Olahraga teratur dapat menambah dan menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Jalan kaki minimal 15 menit setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Berjemur dibawah sinar matahari

3 Tips terhindar dari Osteoporosis, penyakit diam-diam menghanyutkan

Sinar matahari dari mulai terbit sampai pukul sembilan pagi dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berperan dalam membantu kinerja tulang untuk menyerap kalsium dalam tubuh.