×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Orang tua, jadikan anak remaja kalian sahabat

0

Orangtua

Orang tua, jadikan anak remaja kalian sahabat

Foto: Koleksi pribadi

Remaja kerap disalahpahami banyak kalangan, bahkan oleh orang tua. Saatnya mengubah pola relasi dengan menjadikan anak remaja sebagai sahabat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Angga Wijaya

07 / 11 / 2019 11:15

Remaja adalah masa di mana seseorang sedang mencari jati dirinya. Masa remaja adalah fase seseorang sebelum memasuki masa dewasa yang lebih kompleks.

Orang tua kadang menganggap anak remajanya merupakan ancaman karena sering kali apa yang menjadi harapan orang tua berseberangan dengan keinginan remaja. Ingin mencoba mandiri dan memiliki hubungan yang luas secara sosial merupakan tugas perkembangan remaja.

Nena Mawar Sari, Psikolog RSUD Wangaya Denpasar mengatakan, sering kali hal di atas menjadi penyebab pertengkaran dan konflik di dalam keluarga.

"Orang tua memahami karakter anak, terbuka dan membina komunikasi merupakan harapan bagi remaja. Karena remaja sebenarnya sudah siap untuk mengeluarkan pendapat dan mampu bertanggung jawab dengan pilihannya, namun pantauan dan binaan dari orang tua masih selalu dibutuhkan," ujarnya.

Tambah dia, figur-figur idola dan tayangan di televisi menjadi dua sisi hal yang menguntungkan sekaligus bumerang bagi remaja, mengingat mencari jati diri adalah tugas perkembangan remaja.

Loading...

"Tayangan sinetron yang lebih mengutamakan sisi liar remaja dan memamerkan harta bisa menjadi panutan yang buruk bagi jati diri remaja. Media sosial dan berita berita tentang kejahatan seksual diharapkan tidak menjadikan remaja tumbuh dengan mental yang buruk," cetusnya.

Lalu, bagaimana sebaiknya jika para orang tua dihadapkan dengan kondisi ini? Menurut Nena, pendampingan nilai moral dan bekal agama yang baik adalah perisai bagi remaja agar terhindar dari narkoba, kejahatan seksual, dan perilaku mal adaptif lainnya.

"Hindari men-judge atau menghakimi kegiatan remaja yang kurang sesuai dengan kehendak kita, pengarahan dengan komunikasi yang baik akan terasa lebih efektif," pungkasnya.

Hal lain, kata Nena, arahkan remaja dalam kegiatan yang positif berikan apresiasi atas kegiatan mereka karena hal tersebutlah yang dapat mengalihkan kegiatan remaja menjadi lebih positif.

"Selamatkan generasi bangsa karena keutuhan moral bangsa bergantung dari kontribusi orang tua dan lingkungan dalam mendidik dan mengarahkan remaja," pesannya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red