×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Olahraga ini bisa menurunkan risiko kematian, ini penjelasan ilmiahnya

0

Kesehatan

Olahraga ini bisa menurunkan risiko kematian, ini penjelasan ilmiahnya

Apa saja ya jenis olahraga tersebut?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

kumisrider

12 / 08 / 2018 12:29

Olahraga adalah aktivitas yang terbaik untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali jenis olahraga yang punya berbagai macam manfaat bagi tubuh. Dilansir dari health.com (11/08), menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine, ada 3 jenis olahraga yang dapat dijadikan alternatif menurunkan risiko kematian.

Penelitian ini dilakukan terhadap 80.000 orang dewasa di Inggris dan Skotlandia yang berusia di atas 30 tahun. Mereka ditanya tentang aktivitas fisik yang dilakukan selama empat minggu terakhir. Selain aktivitas fisik berupa pekerjaan rumah dan berjalan, mereka juga ditanya tentang olahraga seperti bulutangkis, tenis, berenang, aerobik, bersepeda, berlari dan jogging, serta sepak bola dan rugbi.

Setelah diikuti selama sembilan tahun, 8.790 orang di antara sampel studi meninggal dunia. 1.909 meninggal dunia karena penyakit jantung dan stroke. Setelah peneliti membandingkan angka kematian objek penelitian dengan perbedaan jenis olahraga yang dilakukan, mereka menemukan sesuatu yang menarik. Berikut kesimpulan dan jenis olahraganya.

1. Bulutangkis dan tenis.

Olahraga ini bisa menurunkan risiko kematian, ini penjelasan ilmiahnya

Loading...

sumber : pixabay.com

Untuk olahraga yang menggunakan raket, orang yang melakukan olahraga raket selama empat minggu terakhir memiliki risiko kematian 47% lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga menggunakan raket. Khusus untuk kematian akibat penyakit jantung dan stroke, mereka yang berolahraga menggunakan raket memiliki angka kematian 56% lebih rendah.

2. Berenang dan aerobik.

Olahraga ini bisa menurunkan risiko kematian, ini penjelasan ilmiahnya

sumber : pixabay.com

Orang yang berenang dan melakukan aerobik juga melihat manfaat yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Hasilnya 27% lebih kecil kemungkinannya meninggal karena berbagai penyakit, dan 41% lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung dan stroke.

3. Sepeda, jogging dan lari.

Olahraga ini bisa menurunkan risiko kematian, ini penjelasan ilmiahnya

sumber : pixabay.com

Penurunan risiko kematian selanjutnya adalah mereka yang melakukan aktivitas fisik berupa bersepeda dan berlari atau jogging. Untuk pelari dan jogging, para peneliti tidak menemukan risiko 43% lebih rendah dari semua penyebab kematian (dan risiko 45% lebih rendah dari kematian karena penyakit kardiovaskular).

Hasil dari penelitian ini hanya sebagai gambaran umum bahwa olahraga yang disebutkan di atas dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit tertentu. Namun, hal lain yang juga menentukan adalah kebiasaan dalam aktivitas sehari–hari.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red