Jika kita melihat dari kacamata media, kita memang seringkali mendengar bagaimana umat Muslim di Amerika menjadi kaum minoritas di sana. Namun, faktanya di benua yang dijuluki Benua Merah ini terdapat negara yang memiliki umat Islam sebagai mayoritas penduduknya. Apa aja? Yuk simak di bawah ini seperti yang kamikutip dari jurnal pewforum Muslim Population, Rabu (18/7).

1. Suriname

3 Negara di benua Amerika dengan pemeluk agama Islam terbanyak

Agama Islam adalah agama minoritas di benua Amerika. Menurut data Pew Research tentang persentase warga Muslim pada tahun 2010, ditemukan bahwa Suriname memiliki tingkat populasi umat Muslim mencapai 15.2%. Ini membuat Suriname menjadi negara dengan jumlah persentase umat muslim terbanyak di benua Amerika.

Agama Kristen adalah agama dengan pemeluk terbanyak di Suriname. Walaupun Suriname memiliki tingkat persentase umat muslim yang paling tinggi di benua Amerika, agama Islam hanya berada di peringkat ketiga pemeluk terbanyak di Suriname.

Mayoritas umat muslim yang tinggal di Suriname saat ini berasal dari Indonesia. Nenek moyang mereka datang ke Suriname sebagai pekerja dan budak. Maka dari itu agama Islam yang sekarang dianut dan dipraktikkan di Suriname memiliki persamaan dengan yang dipraktikkan di Indonesia.

2. Guyana

3 Negara di benua Amerika dengan pemeluk agama Islam terbanyak

Populasi Guyana yang memeluk agama Islam mencapai 6.4% pada tahun 2010. Seperti Suriname, Islam bukanlah agama dengan pemeluk terbanyak di negaranya.

Para umat muslim Guyana juga memiliki sejarah yang sedikit mirip dengan sejarah umat muslim di Suriname. Islam dibawa oleh para pendatang dari Afrika Barat yang datang ke Guyana sebagai budak.

Setelah Guyana mendapatkan kemerdekaan mereka pada tahun 1966, Guyana mencoba untuk memperkuat hubungan mereka dengan dunia Islam terutama dengan Timur Tengah. Bersama Suriname, Guyana adalah salah satu dari dua negara yang tergabung dalam Organization of Islamic Cooperation. Hasil riset pada tahun 2013 menyatakan bahwa 48% rakyat Guyana yang memeluk agama Islam adalah pemeluk agama yang taat.

3. Trinidad & Tobago

3 Negara di benua Amerika dengan pemeluk agama Islam terbanyak

Pemeluk agama Islam di Trinidad & Tobago mencapai 5.9% dari total jumlah populasi mereka. Mayoritas pemeluk agama Islam di Trinidad & Tobago tinggal di Trinidad sementara sisanya juga dapat ditemukan di Tobago.

Agama Islam datang ke Trinidad & Tobago dibawa oleh para budak dari Afrika di paruh pertama abad ke 19. Kebanyakan umat Muslim di Trinidad & Tobago adalah mualaf dari agama Kristen. Ada beberapa sekolah islam di Trinidad & Tobago.