Nasi Gandul adalah masakan khas kota Pati, seperti kuah gulai atau mirip dengan semur yang penyajiannya juga khas yaitu disajikan di atas piring yang dialasi dengan daun pisang dengan sudu atau suru dalam bahasa jawa yaitu sendok dari daun pisang, itulah yang konon menjadikannya disebut nasi gandul (unik dan lucu ya namanya).

Selain itu dahulu kala penjualnya bukan menetap di warung melainkan berjualan keliling dengan memakai pikulan, seiring waktu demi kepraktisan lambat laun penjual nasi gandul menetap dengan mendirikan warung dan sudu pun diganti dengan sendok stainles.

Sajian nasi khas ini enak lho, disantap hangat dipadukan sambal kecap yang pedas, dan jika kita makan di warung khusus nasi gandul ini kita juga bisa memilih lauk pendamping yang selalu ada alias lauk utama yaitu tempe goreng garit yang garing dan renyah. Selain itu ada juga iso, babat, empal daging, dan bacem telur yang penyajiannya dipotong-potong dengan gunting, pokoknya yummy deh.

Nah agar anda tidak penasaran dengan rasa nasi gandul yang khas banget ini, saya akan berbagi resep, dan anda bisa mencoba untuk membuat sendiri di rumah ya.

Bahan-bahan

-500 gram daging sapi bisa daging mulus atau sedikit berlemak atau tetelan juga boleh

-2 lembar daun salam

-2 cm lengkuas

-2 batang serai ambil putihnya dimemarkan

-5 sendok makan kecap manis

-1 sendok teh garam

-1/2 sendok teh gula merah

-1.700 ml santan dari satu butir kelapa

-Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

-10 bawang merah

-5 bawang putih

-1/2 sendok teh jintan

-1/2 sendok teh ketumbar (sangrai lebih enak)

-1/2 sendok teh merica

-1/4 sendok teh pala (bubuk)

-4 butir kemiri

-2 cm kencur

-2 buah kluwak

Jika menginginkan sedikit pedas bisa ditambah 5 buah cabe merah yang sudah dikukus atau rebus, dihaluskan juga, atau jika ingin praktis bisa dengan menggunakan cabe bubuk.

Cara mengolah

Panaskan minyak kemudian tumis semua bumbu ditambah daun salam lengkuas dan serai sampai harum, kemudian masukkan daging aduk hingga berubah warna. Setelah itu masukkan santan, gula dan garam, masak sampai matang. Sajikan dengan nasi putih hangat dengan taburan bawang goreng akan lebih nikmat.

Selamat mencoba.