Pada dasarnya penyebab rasa pahit atau asam di mulut adalah akibat naiknya asam lambung atau efek samping penggunaan obat-obatan. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Mulut terasa pahit memang memberikan efek yang tidak nyaman dan dapat menurunkan selera makan. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa pahit atau asam di mulut.

Berikut ini beberapa cara ampuh untuk mengatasi mulut pahit.

1.Jagakebersihan mulut.

Salah satu penyebab mulut terasa pahit adalah kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, yakni cukup dengan sikat gigi dua kali sehari secara rutin. Selain itu, bersihkan sela-sela gigi (flossing) setiap hari.

2.Membersihkan lidah.

Membersihkan lidah merupakan hal yang sering kali diabaikan. Padahal, lidah merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri, serta dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Selain itu, bakteri yang berkumpul di lidah dapat menyebabkan bau mulut hingga dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut.

3.Perbanyakminum air putih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mulut pahit basanya disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung. Hal ini dapat diatasi dengan perbanyak minum air putih. Sebab, air putih dapat mengurangi kadar asam lambung dan membuang racun yang ada di mulut kamu.

4.Makanbuah jeruk.

Selain air putih, mengonsumsi buah jeruk atau air perasan lemon juga dapat membantu menghilangkan rasa pahit di mulutmu. Cara ini dinilai sangat ampuh oleh kebanyakan orang, sebab dapat membuat mulut terasa lebih segar. Pasalnya, rasa asam yang tajam pada buah jeruk juga dapat membantu menstimulasi indera perasa kamu.

5.Kunyahpermen karet.

Mengunyah permen karet juga merupakan cara yang cukup efektif dalam menghilangkan rasa pahit di mulut. Namun, sebaiknya kamu mengunyah permen karet yang bebas gula agar tidak merusak kesehatan gigi.

6.Kumur dengan baking soda.

Baking soda atau soda kue juga dapat membantu menetralkan rasa pahit atau asam di mulut kamu. Bahkan, National Cancer Institute juga merekomendasikan untuk berkumur dengan air larutan baking soda jika mulut kamu kerap terasa pahit. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1/4 sdt baking soda dan 1/2 sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, bilas mulut kamu dengan air bersih.