Banyak yang beranggapan kalau menggosok gigi cukup untuk membuang bau mulut, namun semua itu tidak sepenuhnya benar. Bau mulut timbul bukan hanya karena pembusukan makanan yang menempel pada sela-sela gigi, namun penyebab lainnya adalah bekas makanan yang menjadi kotoran dan menempel di lidah yang akhirnya akan menjamur dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Bau mulut tidak dapat dihindari setiap orang, namun dapat dihindari dan dicegah dengan beberapa cara yang sederhana dan mudah sebenarnya.Selain itu bau mulut sangat menggangu untuk orang lain yang mencium baunya, sedangkan untuk kita yang menyadari situasi orang lain yang merasa tidak nyaman dengan bau mulut kita akan merasa malu dan canggung untuk berbicara dan melanjutkan komunikasi dengan baik.

Di dalam semua kondisi tersebut, bau mulut juga dapat membuat image atau gambaran seseorang yang jorok jika memiliki bau mulut yang tidak sedap.

Nah untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan seperti yang telah dijelaskan, ternyata ada lho cara yang sederhana untuk mengatasinya. Apa saja?

Berikut 5 cara sederhana mengatasi bau mulut.

1. MAKAN MAKANAN BERSERAT

Mulut bau meski sudah gosok gigi? Ini 5 cara ampuh membasminya

Makan makanan berserat cukup membantu untuk membersihkan lidah, meski hanya sedikit membantu. Saat kita mengunya sayuran maka akan ada gesekan dari serat sayuran itu sendiri yang dapat mengurangi kotoran yang menempel lidah.

2. MENGGUNAKAN SIKAT GIGI

Mulut bau meski sudah gosok gigi? Ini 5 cara ampuh membasminya

Cara paling umum adalah menggunakan sikat gigi, menggunakan sikat gigi untuk menggosok lidah cukup ampuh untuk mengangkat kotoran di lidah. Namun, banyak juga yang berpendapat untuk tidak menggunakan sikat gigi karena serat atau bagian sikat gigi terlalu kasar sehingga dapat melukai lidah kita. sikat gigi yang tidak dirawat dengan benar juga dianggap cukup banyak menyimpan kuman.

3. MENGGUNAKAN PENGIKIS KOTORAN LIDAH

Mulut bau meski sudah gosok gigi? Ini 5 cara ampuh membasminya

Menggunakan alat ini sangat dianjurkan dan ideal untuk membersihkan lidah, namun untuk kalian yang sering bernafas menggunakan mulut maka saat proses pembersihan bernafaslah menggunakan hidung karena kita dapat tersedak jika bernafas menggunakan mulut.

4. MENGGUNAKAN SENDOK TEH

Mulut bau meski sudah gosok gigi? Ini 5 cara ampuh membasminya

Sendok? Apa bisa? jawabannya iya! karena sendok dapat digunakan untuk mengerok/ mengikis kotoran yang menempel pada lidah kita. Namun, tidak semua sendok bisa digunakan, sendok yang bisa digunakan yaitu yang tidak memiliki permukaan yang tajam karena dapat melukai lidah. sendok juga dapat mengakses bagian yang tidak dapat dijangkau oleh alat pengikis kotoran lidah karena bentuknya dan sendok juga mudah kita jumpai dimana-mana jika suatu saat kita lupa atau tidak membawa alat pembersih lidah. Sendok yang biasa digunakan adalah sendok teh.

5. MENGGUNAKAN OBAT KUMUR MULUT

Mulut bau meski sudah gosok gigi? Ini 5 cara ampuh membasminya

Menggunakan obat kumur cukup membantu dalam pengangkatan kotoran pada lidah dan juga dapat membunuh bakteri serta mencegah jamur berkembang.