×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

0

Life

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Berikut motif batik paling terkenal yang biasanya kerap dimodifikasi dalam berbagai model busana

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mang_boy

04 / 10 / 2018 21:12

Peringatan Hari Batik Nasional diperingati hari Selasa lalu. Sejarahnya pada tanggal tersebut, tepatnya sembilan tahun yang lalu batik Indonesia di sahkan oleh UNESCO (sebuah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa dunia) sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya dan Lisan dan Non-bendawi. Jadi negara lain tidak bisa mengklaim batik sebagai warisan budaya milik negara mereka.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional , ada baiknya jika kita mengetahui motif Batik yang terkenal di Indonesia. Seperti penulis kutip dari tirto Jumat (5/10),  berikut motif batik paling terkenal yang biasanya kerap dimodifikasi dalam berbagai model busana.

1. Motif Parang

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Batik ini sudah ada sejak zaman Keraton Mataram Kartasuro (Solo). Parang sendiri memiliki arti pisau atau pedang, yang memiliki pola miring atau diagonal.
Beberapa jenis motif batik Parang ini diantaranya, Parang Rusak, Parang Barong, Parang Kusumo, Parang Kecil, Parang Slobog dan Parang Klitik. Motif-motif ini, ternyata pada zaman dahulu tidak semua motif boleh dipakai oleh semua orang. Seperti Parang Rusak yang konon hanya boleh dikenakan penguasa dan ksatria.  Dan Parang Barong yang hanya boleh digunakan oleh raja pada acara-acara tertentu saja.

Loading...

2. Motif Kawung

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Batik ini berasal dari Jawa Tengah dan Solo. Kawung memiliki pola dasar lingkaran yang saling memotong, menggambarkan buah dari pohon Aren, yang sudah dikenal di Jawa sejak abad ke 13 ini memang memiliki desain lama. Motif batik Kawung juga dapat diartikan sebagai bunga teratai dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Bunga teratai adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

3. Motif Batik Pring Sedapur

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Batik ini merupakan batik daerah Magetan yang berasal dari desa lereng Gunung Lawu yang banyak pohon bambu. Tepatnya ada di dusun Papringan, desa Sidomukti, kecamatan Plaosan. Pring sendiri memiliki arti pohon bambu, dan Pring Sedapur berarti Serumpun pohon bambu. Dimana batik ini memiliki makna, tanaman bambu yang biasa hidup bergerombol, membentuk satu kekuatan. Yang dapat diartikan juga sebagai manusia yang jika bersatu akan menjadi kuat, dan jika diurai menjadi tali yang sangat erat.

4. Motif Sogan

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Merupakan jenis batik klasik di Indonesia yang tradisional. Dominasi warna batik Sogan ini memiliki warna gelap seperti hitam dan coklat. Batik ini memiliki nama Sogan karena pada awalnya proses pewarnaan kain batik ini menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon Soga. Dan batik ini adalah jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa yaitu Ngayogyakarta Hadiningrat (Yogya) dan Surakarta Hadiningrat (Solo).

5. Motif Batik Tujuh Rupa

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Motif ini berasal dari Pekalongan. Batik ini memiliki nuansa kental dengan kekayaan alam. Batik ini memiliki gambar motif hewan dan tumbuhan. Motif-motif ini diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis China. Hal ini dikarenakan Pekalongan dulunya yang merupakan tempat transit para pedagang dari banyak negara. Sehingga terjadi percampuran budaya ini membuat batik ini menjadi khas, khususnya motif Jlamprang, motif Buketan, motif Terang Bulan, motif Semen, motif Pisan Bali, dan motif Lung-lungan.

6. Motif Mega Mendung

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Motif ini berasal dari Cirebon. Batik ini merupakan sebuah hasil asimilasi budaya antara penduduk Cirebon dan masyarakat China.Motif batik ini memiliki corak menyerupai awan dengan warna yang menggambarkan nuansa mendung.  Motif ini dibuat pada dasarnya berupa garis-garis lengkung yang membentuk gambar awan yang menggumpal. Batik ini didominasi dengan wana biru, putih dan abu-abu.

7. Motif Sekar Jagad

Motif-motif batik yang paling terkenal di Indonesia

Batik ini berasal dari Solo dan Yogyakarta. Motif ini berasal dari kata ‘Kar Jagad’ yang diambil dari bahasa Jawa, Kar berarti peta, Jagad artinya dunia, sehingga motif ini melambangkan keragaman seluruh dunia. Arti lainnya ada ‘Sekar’ yang berarti bunga dan ‘Jagad’ yang berarti dunia. Ini menggambarkan bahwa Batik Sekar Jagad ini memiliki makna keindahan dan keanekaragaman bunga di seluruh Dunia. Polanya sendiri mirip dengan gambar peta dengan warna bervariasi. Motifnya sendiri baik dalam guratan klasik maupun modern memiliki ornamen utama berupa pulau-pulau yang menyatu dan beraneka ragam dan warnanya pun berbeda-beda.

Nah sobat brilio, itulah beberapa motif batik yang terkenal di Indonesia. Bagus - bagus kan, tidak kalah jauh dari baju bermerek lainya. J

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red