Pada tanggal 23 Januari 2018 lalu, album mendiang Jonghyun SHINee diluncurkan oleh SM Entertainment. Album Bertitle Poet | Artist ini merupakan album terakhir Jonghyun yang belum sempat dirilis setelah meninggalnya pada 19 Desember silam.

Menurut perwakilan manajemen tempat ia bernaung, album ini diharapkan dapat mengobati kesedihan fans dan berharap fans akan tetap mengenang ia sebagai musisi yang hebat.

Lagu mendiang Jonghyun dicekal gara-gara masalah ini, warganet ngamuk

Banyak fans yang senang atas peluncuran album terakhir mendiang Jonghyun, namun mirisnya lagu "Rewind" dicekal oleh KBS TV.

Rewind sendiri merupakan salah satu dari 11 lagu yang ada pada album tersebut. Tentu aksi salah satu stasiun terbesar di Korea Selatan itu banjir hujatan dari kalangan fans.

Usut punya usut, ternyata yang membuat lagu Rewind dicekal ialah liriknya mengandung bahasa Jepang. Lirik yang bermasalah itu berbunyi, "?? ? ?? ??????(??????." Arti dari lirik itu adalah "Satu, dua, tiga. Satu kali lagi." Bahkan warganet menganggap aksi tersebut adalah bentuk rasis.

"Kenapa mereka (pihak KBS) mempermasalahkan hal ini ketika lagu ini pun tidak akan dipromosikan? Biarkanlah lagu ini dan urusi saja masalah kalian," ujar salah seorang warganet.

"Aku ingat banget dulu lagu Crayon Pop juga dicekal karena ada lirik jepang 'pika pika' di dalamnya. Bahkan itu bukanlah sebuah kata. Itu hanyalah ekspresi onomatopoeia," tukas warganet lain.

"(Tindakan KBS) itu rasis. Bagaimana bisa mereka menerima semua lirik bahasa Inggris yang sering digunakan oleh lagu-lagu K-pop... Aku sudah lelah dengan hal-hal semacam ini," komentar yang lainnya.

Selain isu diatas, penjualan album Poet | Artist ini akan diberikan kepada ibu mendiang Jonghyun serta diberikan kepada lembaga atau yayasan bagi orang yang kurang mampu.